aalat musik Cello merupakan singkatan dari bahasa Italia violoncello, yang berarti violono kecil. (sumber gambar Unsplash/─░smail korkmaz)

5 Tip Bermain Cello Otodidak agar Cepat Mahir untuk Pemula 

02 January 2023   |   19:03 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Belajar alat musik dawai memang membutuhkan keterampilan khusus. Terlebih instrumen cello atau selo yang cara memainkannya dengan digesek menggunakan bow pada senar, sehingga menghasilkan nada yang pas. Ya, tidak seperti alat musik lain, bermain cello membutuhkan ketekunan khusus.

Cello merupakan singkatan dari bahasa Italia violoncello, yang berarti violono kecil. Jenis alat musik ini merupakan instrumen kuno yang hampir mirip dengan bas modern, tapi ukurannya lebih kecil. Selain itu, cello juga tergabung dalam alat musik gesek lainnya seperti biola.

Pada umumnya, kerangka dan bahan alat musik cello terbuat dari kayu yang solid. Akan tetapi tak jarang juga ada bagian lain dari cello yang terbuat dari logam atau baja. Sementara itu, dawai pada cello biasanya terbuat dari nilon atau bahan sintetis lain yang telah dilapisi dengan logam.

Dihimpun Hypeabis.id dari berbagai sumber berikut adalah lima tip dasar bermain cello secara otodidak untuk pemula. Cara-cara ini bisa kalian terapkan di rumah untuk kemudian mempelajarinya lebih lanjut di tempat les musik.

Baca juga6 Tip Belajar Biola Secara Otodidak, Konsisten Berlatih & Gabung Komunitas


1. Kenali Bagian-Bagian Cello

Sebelum belajar bermain cello, ada baiknya Genhype mengenal terlebih dulu bagian-bagian instrumen tersebut beserta fungsinya. Sebab hal ini akan membuat kalian lebih mengetahui alat musik itu dan memudahkan untuk memperbaikinya jika rusak. 

Adapun, bagian alat musik cello terdiri dari kepala, badan, dan kaki. Sedangkan bagian penggesek cello terdiri dari kayu penggesek dan hairbow yang berfungsi sebagai medium untuk membunyikan cello. Sementara itu, dawai selo terdiri dari empat bagian yakni, senar A(1), D(2), G(3), dan C(4).
 

2. Posisikan Tubuh dengan Baik

Posisi tubuh yang baik saat memainkan cello adalah badan tegak dan tidak boleh membungkuk, sehingga akan membuat kalian nyaman. Selain itu, posisi kaki juga harus terbuka dan diregangkan, lalu jepit badan cello dengan kaki. Adapun jarak antara paha dan betis hingga membentuk sudut 90 derajat.

Selain itu, dalam bermain alat musik ini juga dianjurkan untuk memenuhi syarat fisik yang harus diperhatikan, yakni tangan dan jari. Ukuran jari tidak boleh terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sementara itu, untuk posisi tangan harus dapat meraih jari tangan kiri dan mempu memegang bow dengan baik. 
 

3. Perhatikan Posisi Tangan Saat Memegang Bow

Memperhatikan posisi tangan saat memegang bow juga patut jadi perhatian khusus agar kalian tidak cepat pegal. Posisi yang tepat adalah menekan bagian belakang di pangkal bow yang bernama nut atau frog. Sedangkan, posisi jari tengah, jari manis, dan kelingking berada di depan. Di mana kelingking berfungsi sebagai penahan frog, dan bagian stik ditahan oleh jari telunjuk.
 

4. Konsisten Berlatih Fingering

Senam jari atau fingering juga sangat dianjurkan sebelum kalian memainkan cello atau sekedar membunyikannya. Fingering juga berfungsi untuk melenturkan jari-jari kalian ketika bermain selo. Untuk menyiasatinya Genhype bisa menggunakan nada-nada dasar DO-RE-MI-FA-SO-LA-SI-DO secara berulang-ulang dengan tempo lambat hingga cepat. 
 

5. Berlatih Komposisi Dasar 

Setelah kalian bisa menguasai tata cara bermain cello, cobalah juga untuk mempraktekkannya secara langsung dengan memainkan komposisi-komposisi dasar sebagai bentuk latihan awal. Selain itu, konsistensi latihan, mulai dari jadwal pemanasan, latihan inti, serta refleksi juga penting dilakukan.

Praktik melihat langsung pertunjukan orang bermain cello dan belajar langsung pada ahlinya juga akan semakin membuat kalian mahir memainkan alat musik tersebut. Jadi, selamat mencoba Genhype.

Baca jugaMengenal Alat Musik Kalimba, Cara Memainkan & Manfaatnya untuk Tubuh

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Album OMG NewJeans Laris Manis, Tembus 800.000 Preorder

BERIKUTNYA

Cek Harga Tiket EXO-SC Back to Back Fancon in Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: