Minyak zaitun memiliki manfaat yang baik untuk tubuh (dok. Pexels)

Penelitian Terbaru, Minyak Zaitun Kurangi Risiko Alzheimer hingga Kanker

12 January 2022   |   15:08 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Minyak zaitun atau olive oil sudah lama dikenal memiliki manfaat mengontrol tekanan darah hingga menurunkan kadar kolesterol. Namun penelitian terbaru menyebut mengonsumsi minyak alami ini dapat menurunkan ancaman penyakit Alzheimer, masalah jantung, dan sebagian besar kanker.

Para peneliti di Harvard TH Chan School of Public Health mempelajari program kesehatan dan penurunan berat badan dari 60.582 wanita dan 31.801 pria di Amerika Serikat dari 1990 hingga 2018.

Selama 28 tahun penelitian, mereka yang mengaku mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun setiap hari memiliki risiko 19 persen lebih rendah dari semua penyebab kematian, dan 19 persen lebih rendah risiko penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang hampir tidak pernah mengonsumsinya.

Penelitian yang terbit di Journal of American College of Cardiology ini juga menyebut mereka yang mengonsumsi minyak zaitun setiap hari juga mengurangi risiko kematian akibat penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson sebesar 29 persen.

(Baca juga: Riset Temukan Ada Banyak Ibu Mengalami Mom Shaming)

Para peneliti juga menemukan penggunaan minyak zaitun terkait dengan risiko kematian 17 persen lebih rendah dari sebagian besar kanker dan 18 persen lebih rendah risiko kematian akibat penyakit pernapasan.

“Hubungan dengan ancaman penyakit neurodegeneratif yang lebih rendah seperti penyakit Alzheimer adalah penemuan baru,” ujar Dr. Susanna Larsson, ahli epidemiologi di Universitas Uppsala di Swedia, dikutip dari USA Today, Rabu (12/1/2022). 

Para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi satu sendok teh minyak zaitun setiap hari dikaitkan dengan penurunan 12 persen semua penyebab kematian.

Penulis studi Marta Guasch-Ferré, seorang ilmuwan analisis dalam divisi diet di Harvard TH Chan School of Public Health, menyarankan agar mengonsumsi minyak zaitun 3-4 sendok makan setiap hari. Minyak tersebut bisa dipakai untuk memanggang, dressing salad, bahkan untuk menggoreng.

Kendati demikian, hidup sehat tidak hanya mengonsumsi minyak zaitun. Kata Guasch-Ferré  kita jug perlu memperhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan nabati termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lemak sehat, kacang-kacangan, asupan protein sedang yang sehat seperti telur, ikan, dan unggas.

Selain itu, kurangi konsumsi daging olahan, berbagai makanan olahan, minuman manis dan makanan penutup. “Faktor gaya hidup lainnya seperti tidak merokok dan aktivitas fisik juga memainkan peran penting,” sebutnya.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Mau Coba Kemitraan Tentang Kita Cokelat? Ini Perhitungan Usahanya

BERIKUTNYA

Trailer dan Poster Film Death on the Nile Dirilis, Tayang 11 Februari di Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: