Ilustrasi (dok. Pexels)

Kulit Gelap di Sekitar Kuku, Hati-hati Gejala Kanker

22 September 2021   |   20:53 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kanker saat ini menjadi penyakit paling mematikan yang merenggut banyak nyawa di seluruh dunia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kerap kali penderitanya tidak mengetahui mengidap penyakit ini hingga akhirnya timbul gejala yang berat. Padahal jika dideteksi lebih awal, harapan hidup mereka bisa  lebih besar.

Kanker memang menyerang beberapa bagian tubuh, salah satunya kulit. Melanoma adalah salah satu jenis kanker kulit paling mematikan, karena tumbuhnya paling cepat diantara jenis lainnya. 

Tanda-tanda paling umum dari kondisi ini biasanya terjadi pada permukaan kulit, berupa tahi lalat atau luka. Namun, American Academy of Dermatology (AAD). menyebut ada beberapa gejala yang timbul pada kuku sebagai peringatan dini jika kamu mengalami kanker jenis ini.

“Melanoma dapat berkembang di bawah dan di sekitar kuku jari tangan dan kaki. Ini sering muncul di ibu jari atau jempol kaki,” tulis AAD dikutip dari Express UK, Rabu (22/9/2021). 

Tanda-tanda melanoma dan di sekitar kuku termasuk garis coklat atau hitam di bawah kuku, benjolan atau nodul di bawah kuku, kulit lebih gelap di sekitar kuku, kuku yang terangkat dan menjauh dari dasar kuku, atau robekan di bawah kuku dan tengah kuku.

“Melanoma menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia dan sangat dapat diobati jika terdeteksi dini,” sebut lembaga itu.

Perubahan lain pada kulit jika mengalami kanker ini seperti ruam, lesung pipi atau kemerahan. Pendarahan, ulserasi, dan kulit yang sangat gatal juga memerlukan perhatian medis yang mendesak.

Meskipun tanda-tanda ini akan muncul di mana saja, yang paling umum muncul di punggung pada pria dan di kaki pada wanita.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ikonik di Festival Mooncake, Ini 4 Varian Kue Bulan yang Populer

BERIKUTNYA

5 Tips Membangun Privasi dalam Hubungan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: