Ilustrasi bunga lawang (Sumber gambar: Freepik)

Bisa Obati Flu Hingga Infeksi Jamur, Ini 4 Manfaat Bunga Lawang Bagi Kesehatan

05 January 2023   |   17:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Bunga lawang selama ini dikenal sebagai rempah-rempah yang mampu menyedapkan makanan. Namun, tanaman dengan nama ilmiah Illicium verum ini juga memiliki beragam khasiat yang bisa membantu menyehatkan kondisi badan.

Rempah berwarna cokelat cukup mudah dikenali karena bentuknya yang khas. Bunga lawang memiliki bentuk seperti bintang yang terdiri dari delapan ruas. Tiap ruasnya biasanya ada biji kecil berwarna cokelat.

Baca jugaMengenal Rempah Kayu Manis Kualitas Terbaik Asal Indonesia

Bunga lawang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan karena memiliki sejumlah senyawa bioaktif, seperti polifenol dan flavonoid. Selain itu, kandungan linalool, quercetin, anethole, asam shikimat, asam galat, dan limonene juga sangat bermanfaat bagi tubuh.
 

Ilustrasi bunga lawang (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi bunga lawang (Sumber gambar: Freepik)


Oleh karena itu, rempah yang memiliki bau khas ini juga mulai dimanfaatkan untuk membantu menjaga kesehatan seseorang. Berikut beberapa manfaat bunga lawang yang baik untuk kesehatan:
 

1. Obati Flu

Permintaan bunga lawang terus meningkat saat musim flu tiba, seperti dikutip dari Healthline. Kandungan asam shikimat di dalamnya membuat bunga lawang memiliki kemampuan antivirus yang kuat. Kandungan tersebut merupakan salah satu bahan aktif utama pada pengobatan influenza yang populer.

Jadi, bunga lawang bisa membantu tubuh manusia meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Dengan demiian, tubuh akan terlindungi dari berbagai serangan kesehatan, termasuk flu.
 

2. Anti Jamur

Bunga lawang juga memiliki kandungan yang kaya dengan flavonoid anethole. Kandungan tersebut dapat menghambat pertumbuhan jamur. Hal ini membuat bunga lawang bisa jadi alternatif menyembuhkan infeksi akibat jamur. Selain itu, kandungan terpene linalool juga dapat menekan biofilm dan pembentukan dinding sel jamur menular pada manusia.


3. Antibakteri

Ekstrak bunga lawang memiliki efektivitas yang hampir sama dengan antibiotik, seperti dikutip dari Healthline. Hal itu membuat bunga lawang dapat menjadi salah satu alternatif pengembangan baru dalam pembuatan obat antibiotik pada masa depan.

Ekstrak bunga lawang juga efektif mengurangi pertumbuhan E.Coli. Namun, perlu ada penelitian lenih lanjut untuk memahami manfaat dari bunga lawang dalam mendukung kesehatan manusia. Sebab, penelitian ini baru sebatas pada hewan dan tabung reaksi.
 

4. Perbaiki Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi di bunga lawang membuat rempah ini memiliki manfaat yang baik bagi sistem pencernaan. Dalam dunia medis, serat memang sudah dikenal lama mampu mengatasi perut kembung, sembelit, kram, dan masalah pencernaan lain.
 

Kenali Sumber Bunga Lawang Sebelum Dikonsumsi

Walau memiliki banyak manfaat, ada beberapa risiko yang mengintai akibat mengonsumsi rempah-rempah ini. Hal utama yang harus diperhatikan ialah terkait dengan asal bunga lawang ditanam.

Menurut Healthline,  bunga lawang dari China dan Jepang berbeda. Bunga lawang dari China umumnya aman dikonsumsi, sedangkan yang dari Jepang tidak dapat dikonsumsi.

Sebab, bunga lawang dari Jepang mengandung neurotoksin yang kuat dan dapat membuat efek buruk bagi kesehatan.  Adapun bunga lawang dari China cenderung aman dikonsumsi meski masih bisa menimbulkan reaksi alergi bagi yang tidak terbiasa.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Mengenal The Big Four, Kantor Akuntan Publik di Dunia

BERIKUTNYA

Tips Merintis Bisnis Tanaman Hias, Ubah Hobi Menjadi Cuan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: