Wedhangan Q (Dok. Instagram wedhangan.q)

Wedhangan Q Angkat Jamu Jadi Minuman Kekinian

28 September 2021   |   14:49 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Rempah dan rimpang khas Indonesia menjadi incaran negara-negara Eropa di era penjelajahan Dunia Baru. Kunyit, kayu manis, jahe, pala, cengkih, lada, menjadi primadona perdagangan di Venesia pada waktu itu. Secara ilmiah kemudian terbukti bahwa rempah dan rimpang tidak hanya memiliki kesan eksotis, mewah, mistis, bahkan erotis tetapi ternyata mengandung khasiat yang luar biasa untuk tubuh manusia. 

Pada masa pandemi ini, kebiasaan minum jamu ini dianggap mampu meningkatkan ketahanan tubuh. Kesadaran untuk mencegah daripada mengobati ternyata mampu membawa kita kembali merujuk ke kearifan budaya minum jamu yang acap tersingkirkan oleh kemudahan dan kepraktisan beragam minuman kekinian.

Puri Lestari yang memulai bisnis Wedhangan Q mengatakan berdasarkan inspirasi sejarah, budaya, dan kearifan lokal itulah Wedhangan Q membuka dapur/outlet fisik dimana pelanggan bisa menikmati ramuan dan hidangan khas rempah dan rimpang khas Nusantara. 

Jamu boleh dianggap jadul, namun pengalaman eksplorasi rasa autentik Indonesia akan terus berkembang mengikuti zaman.

Berawal dari mbok jamu yang berjualan di sekitaran sekolah, Wedhangan Q kini menghadirkan jamu dalam bentuk botol atau kemasan Ready to Drink (RTD). Mbok jamu yang biasanya berjualan di sekolah lalu difasilitasi untuk membuka kanal penjualan secara digital. 

"Ketika akhirnya mbok jamu memutuskan untuk pulang kampung akibat situasi PPKM yang berkepanjangan, saya dan kru tetap meramu dan meracik jamu untuk memenuhi permintaan pelanggan," ujarnya melalui siaran pers.

Dapur Wedhangan Q menawarkan produk makanan dan minuman racikan berbahan dasar rempah dan rimpang, diantaranya yang menjadi andalan adalah Es Kunyit Asem Nanas, Es Gula Asem Pedas, Kunyit Latte, Teh Talua, Spaghetti Opor Terong dan Tempe Unyu, Open Toast Tempe Asinan, dan Nasi Sate Lilit. 

Kisaran harga untuk minuman sebesar Rp15.000 - Rp40.000, sementara untuk makanan sebesar Rp35.000 - Rp75.000.

Bertempat di jalan Kemang Timur 41E, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Dapur Wedhangan Q adalah sebuah upaya mengangkat produk-produk jamu kemasan siap minum di kalangan masyarakat.

"Harapannya Dapur Wedhangan Q dapat menawarkan pengalaman baru yang memperkaya wawasan kita dalam mengapresiasi jamu dan rasa khas rempah dan rimpang Nusantara dalam bentuk makanan dan minuman," ujar Puri.

Tidak semata merayu melali rasa di lidah, tetapi juga melalui beragam sensasi visual, ambience, dan wangi harum ramuan rempah dan rimpang yang menyeruak dari Dapur Wedhangan Q, tambahnya.

Dapur Wedhangan Q juga sudah menerima tamu dine-in dengan reservasi grup kecil, maksimal delapan orang, untuk memenuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Wow, TikTok Punya 1 Miliar Pengguna Aktif Bulanan

BERIKUTNYA

Beruang Kutub Tertua di Amerika Utara Mati pada Usia 36 Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: