Film Veronica disebut berdasarkan kisah nyata dari kasus Vallecas 1991. (Sumber gambar: Apache Films)

Fakta Film Veronica yang Diklaim Sebagai Film Horor Terseram

04 January 2023   |   10:10 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film bergenre horor kerap menjadi salah satu dari banyak pilihan bagi para pencinta film dunia. Jalan ceritanya yang menegangkan dan menakutkan mampu memberikan sensasi tersendiri. Di antara banyak film horor, salah satu yang terkenal adalah Veronica.

Film garapan sutradara Paco Plaza yang rilis pada 2017 tersebut diklaim sebagai film horor paling seram, dan bercerita tentang seorang gadis remaja yang dikepung oleh kekuatan supranatural jahat setelah bermain papan Ouija dengan teman sekelas di Madrid pada 1991.

Berdasarkan sinopsis film, gadis remaja itu bernama Veronica, dan baru saja kehilangan sosok ayah karena meniggal dunia. Dia harus merawat ketiga saudara kandungnya lantaran sang ibu bekerja sepanjang hari di sebuah bar untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Baca juga: Daftar Film Indonesia Tayang Januari 2023, Horor Mendominasi

Veronica yang tengah berduka memutuskan untuk bermain Ouija dengan dua teman sekelasnya, yakni Rosa dan Diana. Memanfaatkan gerhana matahari total yang sedang terjadi, ketiga gadis remaja itu mencoba berkomunikasi dengan arwah anggota keluarga yang baru saja meninggal.

Alih-alih keluarga, makhluk gaib yang dipanggil adalah makhluk gaib yang menjadi ancaman. Tidak hanya itu, makhluk tak kasat mata itu juga mengikutinya sampai ke dalam rumah dan mengancam ketiga saudaranya.Bagi kalian yang hendak menonton kembali film ini, berikut fakta-fakta tentang film Veronica.


1. Raih Sejumlah Penghargaan

Film yang diperankan oleh Sandra Escacena, Bruna Gonzales, Claudia Placer, dan sebagainya itu tercatat telah memenangkan 5 penghargaan, yakni Cinema Writers Circle Awards, Spanyol pada 2018 untuk kategori Best Editing dan Best New Actress.

Kemudian, memenangkan penghargaan di ajang Goya Awards pada 2018 untuk kategori Best Sound; Special Award di ajang Turia Awards pada 2018; dan memenangkan Best New Actress di ajang Turia Awards 2018.

Film ini juga masuk dalam sejumlah nominasi seperti Cineuphoria Awards (2019); Fangoria Chainsaw Awards (2019); Feroz Awards, ES (2018); Spanish Actors Union (2018), The Platino Awards for Iberoamerican Cinema (2018); dan sebagainya.


2. Rating Rendah

Meskipun diklaim sebagai film paling seram, nyatanya rata-rata rating film Vernoica tidak lah tinggi. Di laman IMDb, dengan durasi 1 jam 45 menit ini hanya memiliki rata-rata penilaian 6,2 dari 10 dengan total sekitar 42.688 pengguna akun IMDb.

Jonathan Holland dari The Hollywood Reporter memberikan ulasan negatif terhadap film tersebut dan menulis, "Kengerian yang sebenarnya di Veronica bukanlah dalam visual CGI, atau dalam sinematografi panik Pablo Rosso, atau dalam pengeboman aural dari efek suara dan musik; melainkan dalam hubungan antara anak". Secara keseluruhan, dia meringkas ulasan filmnya dengan "Thick on chills, thin on psychology."

Tak lama setelah rilis Verónica di Netflix, sejumlah kritikus dan penonton kebanyakan percaya bahwa Verónica adalah film paling menakutkan.


3. Papan Ouija

Papan Ouija adalah papan yang digunakan oleh Veronica di dalam film saat berupaya berkomunikasi dengan sang ayah yang telah meninggal. Papan ini, dikutip guides.loc.gov, lahir pada 1886 di Chestertown, Maryland dan diberi nama Ouija pada 1890 di Baltimore, tempat pertama kali papan itu diproduksi.

Pada 1890, Elijah Bond dan Charles Kenner disebut mulai membuat papan Ouija di Baltimore setelah dilaporkan melakukan pemanggilan arwah dengan Helen Peters. Pada 1891, William Fuld membeli hak atas permainan tersebut dan mencatat patennya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Hari Braille Sedunia, Ini Sosok Penemu Huruf Braille

BERIKUTNYA

Cara Membersihkan Tumbler & Gelas Corkcicle, Botol Minum Sultan!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: