Ilustrasi ponsel tahan air (dok: Sony Mobile)

Cek Ketahanan Air Ponsel Android Kalian Pakai Aplikasi Ini

08 July 2021   |   09:36 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Beberapa ponsel Android terbaru, terutama yang menyandang gelar flagship atau ponsel unggulan biasanya menyelipkan embel-embel tahan air. Embel-embel itu tentu saja diikuti oleh sertifikasi seperti IP67/IP68 yang menandakan kekuatan dari sebuah ponsel di kedalaman dan kurun waktu tertentu.

Walaupun demikian, masih ada saja pengguna yang ragu dengan sertifikasi tersebut dan mencoba beberapa metode untuk mengetahui seberapa tahan ponsel mereka ketika terkena atau berada di dalam air. 

Jika kalian adalah salah satu diantaranya, tak ada salahnya untuk mengunduh aplikasi Water Resistance Tester yang tersedia di Google Play Store. Jangan khawatir, aplikasi ini dapat diunduh secara cuma-cuma alias gratis dengan tampilan iklan di bagian bawahnya.

Cara menggunakannya terbilang mudah, setelah diunduh, kalian tinggal  ikuti petunjuk untuk menekan layar dengan kuat, dan Anda akan mendapatkan nilai lulus/gagal dengan cepat. Sederhana dan praktis, seperti tampilan antarmukanya (user interface) yang dirancang mudah digunakan dan dimengerti oleh pengguna awam sekalipun.

Mengutip The Verge pada Kamis (8/7/2021), pengembang Water Resistance Tester, Ray Wang mengatakan bahwa dia membuat aplikasi itu untuk membantu orang memeriksa status penyegelan kedap air perangkat mereka dengan mudah .

Karena tidak dapat dipungkiri jika ketahanan ponsel atau perangkat elektronik lainnya terhadap air akan terus berkurang seiring berjalannya waktu. Selain itu, beberapa ponsel setelah diperbaiki, sekalipun oleh teknisi resmi ketahanan terhadap air berkurang atau malah hilang sama sekali.
 
Tampilan aplikasi Water Resistance Tester (dok: Google PlayStore)


Water Resistence Tester pada dasarnya bukanlah hal baru. Karena beberapa pengembang aplikasi sudah pernah mengembangkan aplikasi serupa dengan metode pengujian yang berbeda.

Namun, aplikasi-aplikasi itu kemungkinan besar sudah tidak bisa berfungsi dengan baik di ponsel Android keluaran terbaru. Hal itu terlihat dari ulasan pengguna yang nampak di Google PlayStore.

Tentunya, itu bukan hal yang aneh karena teknologi kedap air yang digunakan oleh ponsel saat ini sudah jauh berbeda dengan ponsel keluaran beberapa tahun lalu.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Sutradara Parasite Jadi Orang Korea Pertama yang Buka Festival Film Cannes

BERIKUTNYA

Hati-Hati Gaes Film Black Widow Dicatut Namanya untuk Tindak Kejahatan Siber

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: