Teaser debut BABYMONSTER. (Sumber gambar: YG Entertainment)

5 Fakta BABYMONSTER, Girl Group Baru Besutan YG Entertainment

03 January 2023   |   18:03 WIB

Like
Agensi YG Entertainment akan segera mendebutkan grup baru. Jika dua tahun sebelumnya boy group TREASURE debut, maka BABYMONSTER menjadi girl group baru yang akan debut setelah BLACKPINK yang terjun ke industri musik K-pop pada 2016.

BABYMONSTER resmi dikenalkan ke publik melalui video teaser yang rilis pada Minggu (1/1/2023). Dalam video teaser berdurasi satu menit 35 detik dengan musik hip-hop old school, sejumlah artis yang berada di dalam naungan YGE dan produser eksekutif Yang Hyun-suk mengenalkan girl group tersebut dalam beberapa cuplikan wawancara.

Yuk intip fakta menarik dari BABYMONSTER yang akan menjadi girl group pertama yang debut setelah kurang lebih tujuh tahun pasca kehadiran BLACKPINK.

Baca juga: Ha-ram Member Pertama BABYMONSTER, Netizen Sebut Suaranya Mirip Rose BLACKPINK
 
 


1. Girlgroup khas YG

Pada awal teaser, BABYMONSTER ditunjukkan dengan tampilan tujuh orang anggota yang tengah berlatih di ruangan tari milik YGE. Produser eksekutif YG, Yang Hyun-suk, mendeskripsikan grup ini sebagai bayi yang memiliki genetika khas agensi YG.

Sejumlah artis mengatakan bahwa kemampuan ketujuh anggota cukup menarik dari aspek penampilan, ekspresi wajah, dan gestur tubuh. Bahkan Lee Chan-hyuk AKMU mengklaim bahwa talenta para anggota BABYMONSTER cukup sulit ditemukan dalam industri hiburan Korea Selatan.

"Ini adalah grup pertama yang kami umumkan di gedung baru. Kami akhirnya mengenalkan BABYMONSTER kepada dunia," tambah Yang Hyun-suk.
 

2. Berawal dari grup pra-debut

BABYMONSTER awalnya beberapa kali disebut sebagai grup pra-debut untuk para perempuan yang akan debut di YGE. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Yang Hyun-suk tentang ketahanan dan harmonisasi dari ketujuh anggota yang sudah diuji selama beberapa tahun.

Lisa BLACKPINK mengatakan bahwa ketujuh anggota mampu untuk kompak saat tampil. Sementara itu, Yang Hyun-suk menambahkan bahwa mereka telah melewati masa-masa evaluasi bulanan selama empat tahun terakhir dan berharap BABYMONSTER bisa menjadi para bintang yang mengguncang dunia.
 

3. Lisensi nama sudah ada sejak 2019

Nama BABYMONSTERS sebenarnya sudah banyak disebutkan setidaknya sejak pra-debut dari BLACKPINK. Awalnya, nama ini merupakan salah satu opsi sebelum BLACKPINK diresmikan sebagai nama resmi untuk grup yang terdiri dari Jennie, Jisoo, Rose, dan Lisa. 

Pernyataan ini diperkuat dengan jawaban Jisoo melalui wawancara dengan OSEN pada 2016, di mana dia menyebutkan bahwa BABYMONSTER bersama dengan PinkPunk dan Magnum merupakan pilihan nama debut mereka. Namun, nama ini tidak dipilih dan pilihan final jatuh kepada BLACKPINK.

Kabar ini kemudian berlanjut pada 2019 dengan laporan Allkpop yang menunjukkan bahwa YGE diduga telah mendaftarkan lisensi atau hak cipta atas nama BABYMONSTERS. Tak hanya nama tersebut, nama BAEMON dalam bahasa Inggris dan Korea turut didaftarkan sebagai kependekan dari Baby Monster pada Januari 2020. 
 

4. Beberapa kali direncanakan akan debut

YGE telah beberapa kali merencanakan debut BABYMONSTER sejak tiga tahun terakhir, di mana tanda-tanda ini diawali dengan pengenalan dua trainee bernama Jane Wang dan Vicky Wei dalam acara Idol Producer 3 pada 2020. Kedua trainee ini memiliki cantuman BABYMONSTER dalam deskripsi profil mereka, meski status keduanya sebagai trainee saat ini tidak diketahui.

Rencana debut mulai tersiar pada September 2020 dengan adanya laporan internal YG Plus yang menyebutkan BABYMONSTER siap debut ditambah dengan laporan keuangan dari Hana Financial menyebutkan grup tersebut akan debut pada 2021. YGE memperkuat rencana ini dalam laporan keuangan terbarunya pada Februari 2021.

Namun, rencana debut ini kerap kali tertunda dengan tanggal debut awal yang kemudian diperjelas ke paruh kedua 2021 (per Mei 2021), kuartal keempat 2021 (per Agustus 2021), dan 2022 (per Desember 2021). Bahkan, rencana debut pada 2022 diketahui akan dilakukan pada Agustus meski bocoran ini tidak terjadi.
 

5. Punya tujuh anggota

Rincian mengenai ketujuh anggota BABYMONSTER masih belum disampaikan YGE, tapi partisipasi sebagian di antaranya sudah mulai tampak. Salah satunya adalah suara misterius dalam musik IYAH milik WINNER, di mana Yoon menyebutkan bahwa suara-suara ini berasal dari para anggota TREASURE dan trainee calon anggota girl group baru YGE.

Sejumlah nama yang muncul di kalangan penggemar trainee pra-debut dan warganet, tapi belum dikonfirmasi oleh YGE) adalah sebagai berikut:
  • Rora (kelahiran 2004) asal Korea Selatan.
  • Prita atau Pharita (kelahiran 2005) asal Thailand.
  • Asa (nama asli Sakamoto Asa) dari Jepang.
  • Haram (nama asli Shi Ha-ram) dari Korea Selatan.
  • Ahyeon (kelahiran 2007) yang dikenal sebagai mantan trainee JYPE dan siswi Hanlim Multi Arts School.
  • Dain (kelahiran 2008) yang dikenal sebagai mantan anggota girl group anak-anak U.SSO Girl.
  • Chikita (kelahiran 2009) dari Thailand.

Baca juga: Intip Chiquita, Member Ketiga BABYMONSTER yang Usianya Baru 13 Tahun

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Prospek Bisnis Alat Musik Bekas, Ini Alasan Gitar Seken Diincar Banyak Orang

BERIKUTNYA

5 Kiat Menabung bagi Pelajar yang Suka Traveling, Simak Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: