Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pelajar yang ingin traveling (Sumber gambar: Unsplash/Simon English).

5 Kiat Menabung bagi Pelajar yang Suka Traveling, Simak Yuk!

03 January 2023   |   20:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Berwisata alias traveling kini sudah galib dilakukan masyarakat. Tak hanya menjadi aktivitas penghilang penat, pelesiran juga sudah menjadi gaya hidup yang digemari anak-anak muda. Akan tetapi, tidak dimungkiri jika kendala utama kegiatan tersebut adalah biaya, terlebih bagi yang masih belum memiliki penghasilan.

Direktur dan perencana keuangan OneShildt Financial Planning, Budi Raharjo, mengatakan, traveling sah-sah saja dilakukan oleh pelajar jika kebutuhan dasar dan prioritas sudah terpenuhi. Sebab, di situlah pentingnya bagi mereka dalam menjaga diri dari godaan perilaku konsumtif.

"Artinya, pelajar juga perlu melihat kapasitas kemampuan untuk melakukan traveling. Jika kapasitas memang dimiliki, maka boleh dilakukan. Namun, jika kapasitas keuangan terbatas atau tidak ada, sebaiknya keinginan ini ditunda [dengan menabung] hingga kapasitas keuangan memadai," kata Budi Raharjo pada Hypeabis.id

Baca juga5 Tips Solo Traveling agar Lebih Aman dan Hemat Budget

Selain itu, tujuan utama traveling adalah untuk penyegaran kembali (refreshment) dari rutinitas, sehingga para pelajar bisa memilih destinasi wisata terjangkau sesuai kebutuhan mereka, alih-alih memaksakan kehendak yang akhirnya malah menambah masalah keuangan.

"Sebab memperbaiki kondisi keuangan yang sudah bermasalah akan lebih sulit dibandingkan menjaga kondisi keuangan tetap solid dan sehat," paparnya.

Nah, bagi Genhype yang masih duduk di bangku sekolah tapi memiliki keinginan untuk traveling, berikut Hypeabis.id rangkum beberapa tip jitu agar impian kalian untuk pelesiran bisa terwujud.
 

1. Matangkan Rencana & Konsisten Menabung 

Kiat jitu yang bisa dilakukan agar impian kalian bisa terwujud tentu saja adalah dengan mematangkan rencana dan menyisihkan uang saku untuk ditabung. Pada awal-awal, mungkin memang terlihat berat karena pemasukan kalian hanya bersumber dari pemberian orang tua, tapi jika dijalani dengan konsisten hal itu akan menjadi ringan.

Nominal yang kalian tabung juga tidak perlu besar. Genhype cukup menyisihkan Rp5.000 sampai Rp10.000 setiap harinya untuk dimasukkan ke dalam celengan dan dibuka nanti menjelang kalian berangkat traveling ke destinasi wisata tujuan. tentu tidak ada yang lupa pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit kan.

"Dana untuk traveling bisa dikumpulkan secara bertahap dari waktu ke waktu dengan menabung. Tapi, jangan sampai menggunakan dana untuk kebutuhan yang lebih utama seperti uang yang ditabung untuk membayar uang spp, dan yang lain," papar Budi Raharjo.
 

2. Cicil Kebutuhan Traveling

Untuk lebih meringankan beban sebelum waktu berwisata tiba, Genhype juga bisa mencicil terlebih dahulu barang-barang atau kebutuhan yang diperlukan untuk kegiatan melancong yang sudah masuk bucket list. Beberapa di antaranya, kalian bisa mencicil pembelian ransel, baju, sepatu, dan barang-barang lain yang dibutuhkan.

Selain itu, kamu juga bisa mengumpulkan dana tiket serta memesan tempat penginapan dalam jauh hari sebelum kegiatan traveling dilakukan. Pasalnya beberapa penyedia layanan tiket online biasanya memberi diskon murah pada momen-momen tertentu yang bisa dimanfaatkan oleh kalian.
 

3. Sisihan Uang Koin

Bagi sebagian orang, uang koin cenderung disepelekan karena hanya memiliki nominal kecil. Akan tetapi kamu harus melihat hal tersebut dari perspektif lain. Sebab, jika dikumpulkan dengan baik nominal uang tersebut juga bisa menjadi biaya tambahan untuk berbagai kebutuhan traveling kalian.

Jadi, jangan malu untuk mengumpulkan uang receh hasil kembalian belanja ke dalam celengan khusus agar bisa dimanfaatkan kemudian hari. Adapun, ketika uang sudah terkumpul cukup banyak, kalian juga bisa menukarnya ke minimarket atau pompa bensin untuk dimasukkan ke rekening bank.
 

4. Hemat & Buat Skala Prioritas

Selama proses menabung, Kamu juga harus menekan kebutuhan-kebutuhan yang tidak penting dengan membuat skala prioritas. Hindari juga kegiatan nongkrong terlalu sering agar membuat finansial keuanganmu tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, untuk menghemat pengeluaran, jangan ragu juga untuk membawa bekal makanan dari rumah saat masuk ke sekolah. Cara ini juga bisa menjadi tip ampuh untuk menekan arus kas agar lebih terjaga serta membantu kalian mencanangkan gaya hidup yang lebih hemat di masa depan.
 

5. Memaksimalkan Fasilitas Pelajar & Tidak Memaksakan Diri

Kamu juga bisa memaksimalkan berbagai fasilitas yang diberikan khusus untuk pelajar, seperti fasilitas Wifi hingga bus sekolah gratis yang disediakan pemerintah setempat bagi pelajar di Indonesia. Otomatis uang saku kalian bisa dialokasikan untuk berbagai kebutuhan yang dapat mempercepat kegiatan traveling. Namun, yang terpenting adalah tidak memaksakan diri untuk tetap traveling jika dana belum terkumpul.

"Pada masa kini, pelajar memiliki banyak akses untuk memenuhi kebutuhan. Baik itu dengan menabung, berinvestasi bahkan berutang bisa dengan mudah dilakukan. Jadi, jangan gegabah dalam membuat keputusan keuangan, karena jika salah dan memaksakan diri dapat berujung penyesalan," kata Budi Raharjo.

Baca juga7 Aplikasi Wajib Punya untuk Memudahkan Traveling

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Fakta BABYMONSTER, Girl Group Baru Besutan YG Entertainment

BERIKUTNYA

Tips Tertidur Pulas ala Militer, Tertarik Mencoba?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: