Poster serial 1899 (Sumber gambar: Netflix)

Serial Netflix 1899 Batal Lanjut ke Musim Dua

03 January 2023   |   11:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Meski dinanti penggemarnya, serial 1899 tidak akan berlanjut ke musim kedua. Kabar tersebut diumumkan oleh sutradara sekaligus kreator, Baran bo Odar, melalui unggahan di Instagram resminya. Pernyataan pembatalan penayangan itu juga ditandatangani oleh rekan kerja Odar, ko-kreator Jantje Freise.

"Dengan berat hati kami harus sampaikan bahwa 1899 tidak akan dilanjutkan," tulis Odar melalui akun Instagram @baranboodar, dikutip Selasa (2/1/2023).

Baca juga: 7 Rekomendasi Film & Serial Netflix Januari 2023, Ada JUNG_E & The '90s Show

Sutradara asal Jerman itu juga menyampaikan bahwa sebenarnya pihaknya merasa antusias untuk melanjutkan sekaligus menyelesaikan kisah serial 1899 hingga bagian 2 dan 3, seperti yang telah dilakukannya pada serial Dark (2017).

"Tapi terkadang beberapa hal tidak terjadi sesuai rencana kita. Itulah hidup," ujar pria yang juga menggarap film The Silence itu.
 

Dalam pernyataannya, Odar menuliskan kabar pembatalan ini mungkin saja mengecewakan jutaan penggemar serial 1899 di dunia. Oleh karena itu, dia pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak dan penggemar yang telah mendukung perjalanan serial 1899.

"Kami mencintai kalian. Tidak akan pernah lupa," tulisnya.

Mengangkat genre drama fiksi ilmiah, 1899 pertama kali rilis di Netflix pada 17 November 2022. Serial ini disutradarai oleh Baran bo Odar, dengan naskah yang ditulis oleh Jantje Friese, Dario Madrona López Gallego, Emma Ko, Jerome Bucchan-Nelson, Juliana Lima Dehne dan Emil Nygaard Albertsen.

Menurut laporan Netflix, dalam empat hari, serial 1899 berhasil mengumpulkan sekitar 79,27 juta jam penayangan secara global. Serial ini dibuat sebagai proyek lanjutan serial Dark yang sukses tayang di Netflix pada 2017 lalu sebanyak 3 musim, yang dibuat oleh duo kreator Odar dan Friese.
 

Tayang sebanyak 8 episode, serial ini mengangkat jalan cerita pada tahun 1899, ketika sekelompok imigran gelap dari Eropa akan melakukan perjalanan ke Kota New York dengan sebuah kapal bernama Kerberos.

Kapal tersebut sebagian besar diisi oleh orang-orang Eropa yang memiliki tujuan dan harapan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik di benua baru yakni Amerika. Di tengah proses perjalanannya, sang kapten mesti memutar rutenya untuk mendekati lokasi Prometheus.

Akan tetapi, keputusan tersebut justru menjadi mimpi buruk, ketika seluruh penumpang kapal serta sang kapten mesti terombang-ambing di lautan lepas.

Kondisi makin sulit usai terungkapnya beberapa jaringan rahasia, serta sifat dan karakter dari masing-masing pelancong yang mendiami kapal Kerberos. Hingga kapal tersebut dinyatakan hilang selama berbulan-bulan lamanya.

Menariknya, serial film ini berkutat di area Segitiga Bermuda, dengan berbagai fenomena beserta teka-teki misterius yang mesti dipecahkan oleh seluruh rombongan imigran tersebut.

Serial ini dibintangi oleh Emily Beecham, Aneurin Bernard, Andreas Pietschmann, Miguel Bernardeau, Maciej Musial, Anton Lesser, Lucas Lynggaard Tønnesen, Rosalie Craig, Clara Rosager, Maria Erwolter, Yann Gael, Mathilde Olivier, José Pimentão, Isabella Wei, Gaby Wong, Jonas Blok, Fflyn Edwards, Alexandre Willaume hingga Martin Greis-Rosenthal.

Dalam situs IMDb, serial 1899 berhasil mendapat skor 8 dari 10. Serial ini juga telah memperoleh ulasan yang sebagian besar positif, baik dari segi pemeranan, penyutradaraan, sinematografi, hingga kualitas akting. Namun tak sedikit kritikus juga yang menilai bahwa serial ini memiliki tempo lambat.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Uji Adrenalin Berselancar di Pulau Panaitan, Salah Satu Ombak Terbaik di Dunia!

BERIKUTNYA

Setlist Lagu Konser Sheila On 7, Siap Nyanyi Bareng Sheila Gank 28 Januari 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: