Ilustrasi wanita yang melakukan solo traveling. (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)

Ladies, Intip 7 Tip Solo Traveling yang Aman & Menyenangkan

02 January 2023   |   09:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

4. Jangan bawa barang mewah dan uang tunai terlalu banyak

Bawa uang seperlunya di dalam dompet. Setelah menyusun anggaran, sesuaikan uang tunai dengan kebutuhan budget yang telah kamu buat. Taruh uang di dalam dompet, dan masukkan ke dalam tas selempang kecil atau tas pinggang yang selalu melekat di tubuh kamu. Taruh pula dokumen perjalan penting seperti paspor maupun tiket transportasi perjalanan. 

Selain itu, sebaiknya jangan gunakan perhiasan mencolok. Cukup jam tangan saja sebagai pengingat waktu. Sebagai solusi, kamu bisa menggunakan cincin kawin untuk mengantisipasi risiko catcallling atau pelecehan di jalan yang biasa terjadi di lokasi wisata. 


5. Bawa obat-obatan pribadi

Ini penting terutama jika kamu memiliki komorbid agar kondisi tubuh kamu tetap prima. Siapkan juga beberapa obat pendukung seperti minyak angin, koyo, obat anti mual, obat demam, hingga vitamin. 


6. Catat nomor penting dan beritahu perjalanan

Simpan kontak penting dari kota atau destinasi yang akan kamu kunjungi. Mulai dari nomor telepon penginapan, pihak kepolisian, dan rumah sakit. Catat alamatnya juga ya. 

Kamu juga bisa mencatat nomor agen travel jika menggunakannya. Jangan lupakan nomor orang-orang terdekat. Saat solo traveling, ada baiknya kamu berkenalan dengan wisatawan lain yang melakukan perjalanan serupa agar bisa saling melindungi.

Sebagai bentuk antisipasi, beri tahu orang tua, pasangan, atau sahabat tentang rencana perjalanan secara terperinci. Sering-sering pula menghubungi mereka. Manfaatkan pula aplikasi pelacakan sebagai antisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Memanfaatkan postingan di media sosial juga tidak ada salahnya, lho.


7. Tetap santai dan berbaur

Nikmati perjalanan wisata kamu. Jangan bersikap seperti orang yang baru pertama kali solo traveling. Sebisa mungkin berbaur dengan penduduk setempat. Berbincanglah santai dan bersenda gurau dengan mereka. Kenal dengan penduduk setempat bisa menghindari kamu dari kejahatan seperti pelecehan atau penipuan. 

“Di banyak budaya, orang yang lebih tua dihormati, dan ketika Anda terhubung dengan mereka, mereka akan melindungi Anda. Mempelajari beberapa kata percakapan, salam, terima kasih, dan keadaan darurat sangat membantu dalam hal ini,” ujar Martha Mukaiwa, travel yang sudah menjelajahi Thailand, Malaysia, Ghana, Indonesia, Jerman, Perancis, dan Italia.

Jadi bagaimana Genhype, sudah siap untuk solo traveling


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

Rekor Head to Head Indonesia vs Filipina di Piala AFF, Skuad Garuda Dominasi Kemenangan

BERIKUTNYA

Liburan Anti Mainstream, Jelajahi 5 Spot Wisata Sungai Ini Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: