Wendy Red Velvet. (Dok. SM Entertainment)

Wendy Red Velvet Jadi Anggota Baru, Ini Alasan SNL Korea Dikecam Fans

07 July 2021   |   19:04 WIB

Kabar mengenai Wendy dari girl group Red Velvet sebagai salah satu anggota baru dari acara variety yang di-reboot Saturday Night Live (SNL) Korea memicu banyak protes dan kecaman dari ReVeluv (sebutan untuk penggemar Red Velvet).

Kecaman ini sebenarnya enggak asing di kalangan penggemar K-pop, terutama mereka yang beberapa kali melihat penampilan idola favorit mereka ke acara yang tayang di stasiun televisi kabel tvN tersebut. Ini disebabkan karena reputasi acara adaptasi Amerika Serikat itu yang buruk karena sejumlah kontroversi.

SNL Korea sendiri merupakan acara televisi yang hadir sejak tahun 2011 dan ditutup pada 2017. Berjalan selama sembilan musim, acara ini dianggap kurang baik bagi sebagian masyarakat dan penggemar karena memberikan citra buruk dengan melalui kontroversi di sekitar para pemain tetapnya.

Salah satu yang populer adalah pelecehan seksual yang dilakukan beberapa anggota tetap SNL Korea terhadap host atau tamu yang hadir di acara tersebut. Kejadian ini sempat heboh pada tahun 2016 dengan melibatkan komedian Lee Se-young dan beberapa staf lainnya dengan korban dari tiga boy group yaitu B1A4, INFINITE, dan Block B.

Hal ini terungkap melalui sebuah video yang diunggah di media sosial SNL Korea yang berjudul Di-balik-layar 'SNL Korea' B1A4. Video tersebut menunjukkan kejadian di balik layar dari para personil B1A4 yang kemudian berakhir buruk dengan salah seorang staf perempuan menyentuh daerah alat kelamin seluruh anggotanya secara tiba-tiba dan langsung kabur setelah melakukannya.

Alhasil, para penggemar dari tiga grup tersebut melakukan protes melalui media sosial hingga tagar Kekerasan Seksual SNL meroket ketika video perlakuan yang diterima INFINITE dan Block B dibocorkan oleh warganet.
Meroketnya kasus ini kemudian berimbas pada adanya penyelidikan resmi dari kepolisian dan penghapusan konten yang menunjukkan perilaku tidak menyenangkan tersebut. Akhirnya, pihak kru SNL Korea merilis permintaan maaf resmi meski kasusnya tidak dilanjutkan ke tahapan pidana.

Selain itu, SNL Korea juga pernah tersandung beberapa kasus lain seperti membuat candaan yang rasis dengan menghina seorang penyintas kanker payudara karena dianggap merendahkan kondisi kritis dari kanker yang dialami penyintas tersebut.

Kejadian di masa lalu inilah yang memicu munculnya protes dari kalangan penggemar Red Velvet hingga muncul tagar #WENDY_OUT_SNL dan FREE WENDY di media sosial yang menyerukan Wendy untuk keluar dari jajaran anggota baru sekaligus memprotes SM Entertainment selaku agensi yang menaunginya. 

Ini diperkuat dengan dua alasan: anggapan dari warganet bahwa SNL Korea memiliki penilaian tontonan yang rendah dan reputasi yang anjlok setelah berbagai kontroversi yang menyelimutinya beberapa tahun lalu serta dampak dari acara SNL Korea yang dianggap bermasalah dan berpengaruh bagi penilaian publik terhadap Wendy.

SNL Korea sebelumnya dikabarkan akan kembali pada tahun ini sejak pengumumannya pada 17 Februari 2021. Acara variety yang menghadirkan berbagai sketsa dan stand up comedy ini digarap oleh perusahaan produksi ASTORY bersama dengan NBCUniversal selaku pemegang hak dari format Saturday Night Live.

Laporan ini juga mengungkapkan bahwa beberapa anggota tetap dari SNL Korea pada musim-musim sebelumnya akan kembali, misalnya Shin Dong-yup. SNL Korea akan tayang pada paruh kedua di tahun ini dengan jadwal dan penayangan yang belum diberitakan.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Momen Seru ITZY Sapa Penggemar Indonesia & Obrolin Make Up

BERIKUTNYA

Cenayangnya BTS, Ini 7 Prediksi Suga yang Jadi Kenyataan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: