Ilustrasi mengatur rencana diet untuk hidup sehat. (Sumber gambar : Freepik/Rawpixel)

Wujudkan Resolusi Tahun Baru, Yuk Simak Tip Diet Sehat Ini

01 January 2023   |   17:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Hidup sehat menjadi resolusi banyak orang dalam menyambut tahun baru. Menurunkan berat badan dengan makan yang lebih sehat, menghindari junk food dan minuman kekinian menjadi beberapa upaya yang bisa dilakukan guna mencapai harapan atau target tersebut.

Memang tidak ada yang instan. Semua butuh proses termasuk mengubah gaya hidup tidak sehat menjadi lebih sehat. Tidak ada diet ketat atau metode kebugaran yang membawa perubahan dalam selaman. Kendati demikian, berikut tips diet yang bisa kamu coba untuk membawa perubahan positif dalam gaya hidup pada 2023.

Baca jugaJangan Asal, Kenali Ciri-ciri Diet yang Tidak Sehat pada Remaja


1. Makan Sayuran atau Buah Lokal

Para ahli gizi selalu merekomendasikan untuk mengonsumsi sebanyak mungkin buah dan sayuran lokal. Tidak perlu merogoh kocek mahal untuk membeli buah atau sayur impor. Manfaatkan buah atau sayur yang tersedia di wilayah kamu, yang umumnya dijual dengan harga lebih terjangkau.

Ingat, sayuran dan buah apapun jenisnya memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Ahli Gizi Masyarakat dr. Tan Shot Yen mengatakan dengan makan sayuran, bisa mencegah diabetes karena serat mengatur metabolisme lemak dan penyerapan gula ke dalam darah.

Sayur juga menghidupkan jasad renik dalam usus besar (probiotik) yang membantu mengatur berat badan dan kekebalan tubuh. Seratnya yang tinggi, lamban dicerna oleh tubuh sehingga rasa lapar tidak mudah muncul. “Bisa mencegah penuaan dini, kanker, dan penyakit degeneratif,” ujarnya seperti dikutip Hypeabis.id dari laman Instagram dr. Tan, Minggu (1/1/2023). 


2. Konsumsi Makanan Segar

Genhype juga perlu menghindari makanan basi atau yang sudah disimpan dalam semalam. Buatlah makanan untuk sekali makan saja, sesuaikan dengan porsi masing-masing. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan nutrisi lebih banyak, enzim yang kaya, dan menghindari toksin atau zat beracun.

Oleh karena itu, sebaiknya buat masakan sendiri di rumah dan minimalisir membeli atau memesan makanan dari luar. Dengan cara ini, kamu juga bisa mengontrol gula, garam, dan lemak di dalam masakan agar bisa hidup lebih sehat. 


3. Kunyah Lebih Banyak & Berhenti Sebelum Kenyang

Mengunyah makanan dengan benar adalah kebiasaan penting yang sering diabaikan. Hal ini tidak hanya akan mengurangi beban perut, tetapi memastikan bahwa tubuh mendapatkan jumlah nutrisi yang maksimal dari makanan tersebut. Kunyahlah makanan sebanyak 32 kali sebelum ditelan. Menelan makanan tanpa mengunyah dengan benar dapat menyebabkan penambahan berat badan dan sejumlah masalah perut.  

Selain itu tip diet agar sehat dan bugar yakni berhenti sebelum kenyang. Setidaknya 80 persen ketika kamu merasa sudah cukup mengisi energi dari rasa lapar. Ini dapat membantu kamu menghempaskan rasa malas dan membuat proses pencernaan lebih lancar, serta menjaga berat badan. 


4. Hidrasi yang Cukup

Menjaga diri tetap terhidrasi adalah tip diet penting lainnya yang perlu diperhatikan. Setiap sistem dalam tubuh kita membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik. Mereka membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel dalam tubuh, melumasi persendian, dan membantu mengatur suhu tubuh. 

Minum banyak air sangat penting untuk kesehatan yang baik, tapi banyak orang tidak cukup mengonsumsinya. Asupan air harian yang disarankan adalah delapan gelas, tetapi banyak orang hanya minum satu atau dua gelas. Ini dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan masalah kesehatan lainnya.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa hidrasi tidak hanya berarti minum air putih saja. Kamu juga dapat memasukkan berbagai jenis cairan dalam diet harian seperti jus buah segar, jus sayuran, air kelapa, hingga limun.


5. Batasi Gula & Garam

Cobalah untuk mengurangi konsumsi gula dan garam. Saat memasak gunakan separuh jumlah garam meja dan ganti setengahnya dengan garam Himalaya atau garam hitam. Jangan menghilangkan garam meja sepenuhnya dari diet kamu karena dapat menyebabkan kekurangan yodium dalam tubuh. 

Sementara itu, alih-alih gula putih, kamu bisa menggunakan madu sebagai pengganti yang lebih sehat. Hindari pula makanan manis dan minuman olahan yang kadar gulanya cukup tinggi. Dengan demikian, kamu bisa hidup lebih sehat dan menghindari risiko diabetes.

Baca jugaRagam Pola Diet Sehat Idol K-Pop, Mana yang Jadi Pilihanmu?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Intip 5 Fakta Unik Masjid Al Jabbar yang Jadi Ikon Baru di Jawa Barat

BERIKUTNYA

Destinasi Liburan Tahun Baru Instagramable Gratis di Jakarta,  Bus Wisata hingga Sky Deck

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: