Masjid yang berada di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat ini juga memiliki beragam fungsi, termasuk sebagai ruang publik. (Sumber gambar: Pemprov Jabar)

Intip 5 Fakta Unik Masjid Al Jabbar yang Jadi Ikon Baru di Jawa Barat

01 January 2023   |   14:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Masjid jami Al Jabbar baru-baru ini ramai diperbincangkan warganet usai diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Hal ini disebabkan tempat ibadah umat Muslim itu memiliki desain arsitektur unik dan interior yang memanjakan mata orang-orang yang datang. 

Tidak hanya itu, selain menjadi tempat ibadah, masjid yang berada di wilayah Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat ini juga memiliki beragam fungsi sebagai ruang publik. Tidak terkecuali menjadi destinasi wisata religi dan edukasi sejarah agama Islam di dunia.

"Ada taman yang menceritakan 25 Rasul dan Nabi dalam sejarah Islam. Ada tulangnya ikan paus, (kisah) Nabi Yunus. Ada juga perahu-perahuan Nabi Nuh," kata Ridwan Kamil dikutip dari laman Pemprov Jabar.

Namun, selain sebagai wisata religi dan edukasi, ternyata Masjid Al Jabbar masih menyimpan sederet fakta-fakta unik lainnya loh. Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, yuk simak uraiannya dalam ulasan berikut.

Baca juga5 Fakta Menarik Masjid Sheikh Zayed Solo, Mirip Grand Mosque di Abu Dhabi
 

1. Mampu Tampung 30 Ribu Jamaah

(sumber gambar: Pemprov Jabar)

(sumber gambar: Pemprov Jabar)

Masjid yang dibangun di atas lahan seluas sekitar 25 hektare ini punya daya tampung yang cukup besar, dengan kapasitas sekitar 30.000 orang. Lebih rinci, kapasitas 10.000 orang dapat ditampung di bagian dalam masjid atau indoor dan 20.000 orang untuk area plaza. 

Selain itu, di area bagian bawah masjid yang menghabiskan dana sekitar Rp1 triliun ini juga terdapat juga museum digital yang berisi materi perjalanan peradaban Islam di Indonesia, khususnya Jawa Barat. 
 

2. Ramah Lansia & Disabilitas

(Sumber gambar: Pemprov Jabar)

(Sumber gambar: Pemprov Jabar)

Masjid Al Jabbar juga didesain ramah untuk lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas. Hal ini tercermin dari adanya akses ramp atau jalur miring/landai dan dua lift yang memadai untuk pengguna kursi roda, serta ruang wudu dan toilet khusus yang dapat digunakan oleh difabel.

Selain itu, disediakan juga petugas dari masjid yang akan membantu mendorong kursi roda, bahkan menyediakan kursi roda bagi lansia yang ingin menikmati perpustakaan yang berada di bagian paling belakang masjid. 
 

3. Tidak Memiliki Kubah & Tiang Tengah

(sumber gambar: Pemprov Jabar)

(sumber gambar: Pemprov Jabar)

Keunikan lain dari Masjid Al Jabbar adalah tidak memiliki kubah dan tiang tengah sebagaimana umumnya masjid-masjid lain yang ada di Indonesia. Bagian atas masjid juga dibuat menggunakan kaca, yang berfungsi untuk menyerap cahaya matahari agar lebih hemat energi.

Sementara itu, dari segi arsitektur, masjid tersebut juga didesain sebagai infrastruktur banguan anti banjir yang disebut sejalan dengan upaya penanganan banjir di kawasan timur Kota Bandung, khususnya wilayah Gedebage. 
 

4. Dijuluki Masjid Terapung

Masjid Al Jabbar juga terlihat seolah terapung di atas air saat dilihat dari kejauhan, karena memang dikelilingi oleh danau buatan. Danau tersebut juga dibuat bukan hanya sebagai tambahan nilai estetika semata, melainkan sebagai retensi penyerap air yang datang dari arah utara menuju selatan kawasan Kota Bandung.
 

5. Punya 27 Pintu Unik 

Fakta menarik lainnya dari masjid yang pembangunanya sempat tertunda akibat pagebluk itu juga memiliki 27 pintu yang menyimbolkan total wilayah kabupaten dan kota. Adapun, simbol tersebut diejawantahkan dalam pintu-pintu melalui desain batik dari setiap Kota dan Kabupaten di Jawa Barat.

Baca jugaSejarah & Fakta Unik Masjid Istiqlal, Simbol Toleransi di Jakarta 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Viral Wahana Tornado di Dufan Macet, Begini Klarifikasi Manajemen Ancol

BERIKUTNYA

Wujudkan Resolusi Tahun Baru, Yuk Simak Tip Diet Sehat Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: