Wahana Tornado yang menjadi bagian dari Dunia Fantasi (Dufan). (Sumber gambar: Taman Impian Jaya Ancol)

Viral Wahana Tornado di Dufan Macet, Begini Klarifikasi Manajemen Ancol

01 January 2023   |   13:34 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Wahana Tornado di Dunia Fantasi (Dufan), Taman Impian Jaya Ancol kemarin viral di media sosial karena mengalami gangguan saat beroperasi. Permainan yang memacu adrenalin tersebut tiba-tiba terhenti dalam posisi miring di ketinggian, saat para pengunjung sedang menaikinya.

Sempat membuat pengunjung panik, Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. A Riyadi Eko Nugroho menyampaikan bahwa peristiwa tersebut benar terjadi. “Kejadian tersebut terjadi pada 24 Desember 2022 sekitar jam 16.20 WIB,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (1/1/2023).

Dia menjelaskan sistem pada wahana tersebut menghentikan permainan ketika sensor memonitor mengalami gangguan teknis saat operasional. Dengan demikian, hal tersebut mengaktifkan sistem pengamanan wahana.

Baca juga: Taman Rekreasi Jadi Pilihan Wisata Pada Libur Nataru 2023

Kendati demikian, Eko menyebut peristiwa ini tidak berlangsung lama. Petugas kemudian melakukan reset dan mengembalikan wahana ke posisi awal untuk melakukan evakuasi terhadap semua pengunjung.

“Evakuasi berlangsung sekitar 5 menit hingga pengunjung turun dari wahana seluruhnya dan semua pengunjung selamat tanpa cidera apapun,” jelasnya.

Setelah semua pengunjung diturunkan dari Tornado, Eko menjelaskan bahwa petugas kemudian melakukan pengecekan kepada wahana secara menyeluruh. Pada pukul 17.00 WIB, wahana tersebut pun beroperasi kembali dengan baik hingga hari ini.

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan tersebut dan memastikan keselamatan pengunjung merupakan prioritas yang utama,” tegas Eko.

Tornado diketahui menjadi salah satu wahana paling atraktif di Dufan karena tidak hanya menegangkan tapi juga menghibur. Wahana ini merupakan kelas paling canggih dari jenis permainan Top Spin yang ada di dunia, sebab kedua lengan utamanya bisa bergerak secara bebas. 

Wahana Tornado diketahui beroperasi sejak 2007 di Dufan dan menjadi favorit pengunjung yang datang ke tempat wisata taman hiburan itu. Permainan yang memutar atau menggulingkan pengunjungnya di atas udara ini diimpor dari Italia dengan kapasitas sebesar 40 orang.

Sebelumnya, Tornado juga sempat mengalami macet pada 22 Juli 2011. Wahana itu mendadak berhenti di ketinggian 4-5 meter di atas permukaan tanah.

Sempat membuat kaget dan panik, pengunjung pun yang berjumlah 15 orang akhirnya berhasil dievakuasi dalam waktu 30 menit. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Resep Bumbu Ayam Bakar Untuk Sajian Hangat Kumpul Keluarga

BERIKUTNYA

Intip 5 Fakta Unik Masjid Al Jabbar yang Jadi Ikon Baru di Jawa Barat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: