Vivienne Westwood meninggal dunia pada usia 81 tahun (Sumber gambar: Instagram/Viviennewestwood)

Industri Mode Berduka, Desainer Vivienne Westwood Meninggal Dunia

30 December 2022   |   11:02 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka datang dari dunia fesyen global. Desainer Vivienne Westwood yang mempopulerkan fesyen punk meninggal dunia usia 81 tahun pada 29 Desember 2022. Kepergian Westwood membawa kesedihan bagi industri mode internasional karena harus kembali kehilangan salah satu insan terbaiknya.

Kabar duka tentang kepergian Westwood diumumkan lewat keterangan resmi di laman Instagram miliknya. Belum diketahui penyebab wafatnya perancang asal Inggris tersebut. Dalam keterangan resmi yang dipublikasikan, tidak dijelaskan penyebab kepergian Westwood.

Namun, disampaikan bahwa Westwood pergi dengan tenang dan dikelilingi keluarga yang sangat menyayanginya di kediamannya sendiri. “Vivienne Westwood meninggal hari ini dengan damai dan dikelilingi oleh keluarganya, di Clapham, London Selatan,” demikian informasi yang tercantum dalam keterangan resmi tersebut.

Baca jugaDesainer Virgil Abloh Meninggal Dunia karena Kanker
 


Westwood telah menjalani kehidupan yang luar biasa. Sampai akhir hayatnya, dirinya tetap melakukan hal-hal yang sesuai dengan passion-nya. Dalam unggahan resminya, Westwood diketahui terus melakukan hal-hal yang disukainya hingga saat-saat terakhir. Dari mendesain, mengerjakan karya seninya, menulis buku, dan mengubah dunianya menjadi lebih baik.

Konsistensi yang ditunjukkan oleh Westwood tak hanya membuat namanya harum. Dia juga telah memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan mode dunia. Inovasi dan pengaruhnya selama 60 tahun terakhir sangat besar. Pengaruhnya tidak akan berhenti setelah dirinya tiada. Torehan dan karya dari Westwood akan terus abadi dan berlanjut ke masa depan.

“Dunia membutuhkan orang-orang seperti Westwood untuk membuat perubahan yang lebih baik,” imbuhnya.

Kepergian Westwood membuka duka yang mendalam bagi orang terdekatnya, termasuk para selebritas. Penyanyi Victoria Beckham mengaku begitu sedih saat mendengar kabar duka dari Westwood. Bagi Victoria, Westwood adalah sosok perancang busana sekaligus aktivis legendaris. Dia memberikan doa terbaiknya untuk mendiang dan keluarganya.

“Saya sangat sedih mengetahui meninggalnya perancang dan aktivis legendaris Vivienne Westwood. Doa saya bersama keluarganya yang sedang sangat berduka,” tulis Victoria dalam Instagram Stories miliknya.

Super model senior Helena Christensen juga mengucapkan duka yang mendalam atas kepergian Westwood. Baginya, Westwood adalah sosok yang luar biasa dan punya totalitas tinggi. Tidak mengherankan jika kemudian banyak orang terinspirasi dengan apa yang dilakukan oleh Westwood. Dia juga menganggap Westwood patut dijadikan sebagai ikon.

“Dia adalah seorang revolusioner sejati, seniman sejati, aktivitis, inspirasi, dan ikon,” tulisnya.

Sementara itu, rekan sesama desainer, Pam Hogg mengatakan kepergian Westwood adalah berita yang menghancurkan hatinya hari ini. Perancang busana asal Skotlandia itu merasa begitu kehilangan dengan kepergian Westwood. Bagi Pam Hogg, Westwood adalah individu yang fenomenal, inspirasi yang luar biasa, dan seseorang yang benar-benar keren. Dunia mode benar-benar kehilangan sosoknya.

Perempuan yang dijuluki Godmother of Punk kini telah tiada. Namun, karya-karya yang sudah dilakukannya dan gagasan-gagasan magisnya akan tetap hidup dan menjadi inspirasi banyak orang.

Baca jugaKaleidoskop: Gemerlap Permata & Mutiara, Intip Karya Fesyen Desainer Indonesia yang Mendunia Sepanjang 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Film yang Asyik Ditonton pada Malam Tahun Baru

BERIKUTNYA

Jangan Khawatir, LRT Sumsel Tambah 10 Perjalanan saat Malam Tahun Baru 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: