Ilustrasi perayaan tahun baru. (Sumber gambar Unsplash/ Ameer Basheer)

Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara, Mengecat pintu hingga Bunyikan Lonceng

18 December 2022   |   08:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Perayaan tahun baru di banyak negara umumnya dilakukan dengan pesta kembang api serta bebunyian terompet tepat pada pukul 00.00 sebagai tanda dimulainya tanggal  1 Januari. Momen ini biasanya juga berlangsung sangat meriah dengan berbagai kegiatan khas .

Kendati begitu, di beberapa negara di dunia ternyata juga dilakukan perayaan malam tahun baru dengan cara-cara unik. Bahkan, bagi sebagian orang mungkin terkesan aneh dan konyol. Nah, bagi yang penasaran, berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber perayaan unik tersebut.

Baca jugaPenting, 7 Pesan Dokter agar Sehat Bugar Saat Libur Natal & Tahun Baru
 

1. Bakar Orang-Orangan Sawah, Ekuador

Negara di Amerika selatan yang berbatasan langsung dengan Kolombia ini memiliki tradisi unik perayaan tahun baru, yakni dengan membakar orang-orangan sawah. Pada malam tahun baru seluruh warganya termasuk para pejabat pemerintah akan mengarak orang-orangan sawah ke alun-alun lalu membakarnya di sana.

Selain membakar orang-orangan sawah, tradsisi yang dikenal dengan nama ano viejo (tahun tua) ini juga membakar foto-foto yang diambil di 12 bulan sebelumnya. Hal itu diyakini dapat membersihkan kenangan buruk yang mereka alami pada tahun tersebut.


2. Melempar Piring ke Tembok, Denmark 

Tepat pada saat perayaan tahun baru, masyarakat di Denmark juga memiliki tradisi unik dengan memecahkan barang pecah belah, termasuk piring kaca  dengan melemparnya ke tembok. Sebab, diyakini pecahan piring tersebut bisa membawa keberuntungan.

Adapun, barang pecah belah yang dilemparkan ke jalanan atau sisi tembok tempat tinggal adalah yang sudah tidak terpakai. Semakin tinggi tumpukan pecahan kaca di tempat tersebut, dipercaya semakin banyak memberikan keberuntungan di tahun yang akan datang.


3. Membunyikan Lonceng 108 Kali, Jepang

Di Negeri Matahari Terbit juga terdapat perayaan unik pada malam tahun baru yang bernama Jaya No Kane. Yaitu, dipukulnya lonceng di dalam kuil hingga 108 kali yang dalam kepercayaan Budhis  dianggap mewakili bentuk nafsu duniawi atau pikiran kotor manusia.

Tak hanya itu, di Jepang juga terdapat tradisi unik lain jelang perayaan tahun baru,termasuk Oosoji atau aksi bersih-bersih rumah, Kadomatsu atau membuat hiasan dari pohon pinus di depan pintu, serta Kagamimochi, tradisi membuat dua kue mochi dengan jeruk.


4. Menyelam ke Danau Beku, Siberia

Bagi masyarakat Siberia, ada salah satu tradisi unik yang dilakukan tiap tahun baru, yakni menyelam ke dalam danau Baikal yang beku. Momen adu nyali itu biasanya dilakukan sambil menanam pohon tahun baru yang dinamakan Yolka.

Kendati begitu, tradisi ini hanya dilakukan oleh para penyelam profesional. Penanaman pohon sendiri sebagai sebuah lambang untuk permulaan awal tahun yang diharap lebih baik ke depannya. Adapun, tantangan melompat ke danau beku hanyalah untuk memeriahkan perayaan akhir tahun.


5. Mengecat Pintu Rumah, China

Pada hari-hari menjelang tahun baru, masyarakat di China akan mengecat pintu rumah dengan warna merah. Tak hanya itu, biasanya mereka juga membuat hiasan dari pita berwarna sama untuk ditempatkan di jendela dan pintu.

Warna merah bagi masyarakat China memang  memiliki arti khusus yang kerap diasosiasikan dengan api. Selain itu warna tersebut juga melambangkan keberuntungan. Oleh karena itu dengan mengecat pintu rumah dengan warna itu, mereka berharap keberuntungan akan menghampiri  serta membawa kebahagiaan.

Baca juga5 Negara Ini Punya Tradisi Unik dalam Perayaan Tahun Baru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Jaga Keamanan Pelancong Saat Libur Natal & Tahun Baru, Ribuan Petugas Keamanan Disiagakan

BERIKUTNYA

Kaleidoskop 2022: Kilas Balik Drakor 2022, Alur Cerita Beragam yang Unik & Penuh Intrik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: