Ilustrasi peretasan (Sumber gambar: Freepik)

Cara Mudah Mengembalikan Akun YouTube yang Diretas

29 December 2022   |   19:08 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, peretasan akun YouTube belakangan makin marak terjadi. Beberapa selebritas dan Youtuber Indonesia sudahada yang  menjadi korbannya. Youtuber Tanah Air mesti lebih berhati-hati agar akun miliknya aman dari aksi peretasan yangs angat merugikan tersebut.

Kasus peretasan terbaru terjadi pada akun YouTube Raditya Dika. Radit, sapaan akrabnya, mengumumkan saluran YouTube miliknya diretas dalam unggahan Instagram Story miliknya.

Hingga hari ini, akun YouTube Raditya Dika belum kembali. Namun, Radit mengabarkan bahwa dirinya sudah saling berkomunikasi dengan tim YouTube melalui e-mail. Proses pemulihan akun kini sedang berlangsung. “Doakan saja cepat balik,” tulis Radit di Instagram Story.

Kasus peretasan terhadap Youtuber Indonesia tidak kali ini saja terjadi. Sebelumnya, Youtuber Arief Muhammad dan Denny Sumargo juga sempat mengalami hal serupa.
 

Langkah-Langkah Mengembalikan Akun YouTube


Fenomena peretasan makin sering terjadi. YouTuber perlu meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pengamanan lebih terhadap akun miliknya sendiri.

Pemilik akun juga mesti mengetahui setiap perubahan kecil yang terjadi pada akun YouTube-nya. Bisa jadi, itu adalah tanda bahwa akun YouTube-mu sudah diretas.

Ciri paling sederhana bahwa akun YouTube diretas adalah adanya perubahan yang tidak dikehendaki. Perubahan bisa meliputi perbedaan gambar profil, deskripsi, setelan email, asosiasi AdSense, atau pesan yang dikirim.
 

Ilustrasi peretasan (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi peretasan (Sumber gambar: Freepik)


Jika mengetahui perubahan tersebut lebih dini, pemilik akun  bisa melakukan langkah pencegahan lebih cepat. Misalnya, dengan langsung mengganti kata sandi YouTube dan menerapkan verifikasi 2 langkah.

Sebab, bukan tidak mungkin peretas akan melakukan hal yang lebih jauh. Misalnya, peretas mengunggah video yang seolah-olah berasal dari akun YouTube kamu. Jika video tersebut tidak sesuai dengan ketentuan YouTube, pihak YouTube bisa langsung mengirim hukuman atau teguran pada akun milikmu. Tentu hal ini akan merugikan pemilik akun.

Namun, bagaimana jika pemilik sama sekali tidak bisa masuk ke akun YouTube? Tenang, masih ada cara lain. Guna mendapatkan bantuan untuk login kembali ke akun Google, Genhype dapat mengikuti langkah-langkah untuk memulihkan akun Google atau Gmail di https://support.google.com/youtube/answer/76187?hl=id

Genhype akan ditanyai beberapa pertanyaan untuk mengonfirmasi bahwa akun yang diretas adalah benar-benar milik kamu. Oleh karena itu, kamu perlu menjawab pertanyaan tersebut dengan benar sesuai data diri sewaktu awal mendaftar.

Baca juga: 487 Juta Data Pengguna WhatsApp Bocor dan dijual Peretas

Jawablah pertanyaan sebanyak mungkin. Kemudian, kamu juga disarankan menggunakan perangkat dan lokasi yang biasa digunakan.

Jika langkah konfirmasi sudah selesai, kamu akan diminta untuk mereset sandi. Pilihlah sandi yang kuat dan belum pernah digunakan di akun tersebut sebelumnya.
 

Cara Melindungi Akun


Jika akun YouTube sudah kembali, segera melakukan langkah-langkah pengamanan agar akun YouTube lebih aman. Caranya, kamu bisa membuka akun Google, kemudian klik keamanan di panel navigasi bagian kiri.

Di bagian “log in ke Google”, tambahkan opsi pemulihan agar ketika akun diretas, proses pengembalian akun bisa lebih mudah.

Setelah itu, kamu bisa mengaktifkan verifikasi 2 langkah untuk menambahkan lapisan keamanan lain ke akun kamu. Jika menggunakan G-mail, perika setelan filter dan penerusan. Pastikan email kamu tidak diteruskan ke alamat email yang salah.

Baca juga: Apa Itu Backdoor, Istilah Populer dalam Bidang Peretasan?

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Anak Tidak Betah di Rumah? Ini yang Perlu Dilakukan

BERIKUTNYA

Tak Hanya Alam, Wisata Kuliner Juga Diminati Saat Libur Nataru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: