Selain waspada terhadap genangan banjir, musim hujan biasanya juga membuat temperatur udara menjadi dingin. Sumber gambar (Unsplash/Paige Cody)

5 Kiat Membuat Rumah Tetap Hangat Saat Musim Hujan

27 December 2022   |   14:05 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Musim hujan telah tiba di penjuru Tanah Air. Bahkan sejumlah provinsi berpotensi mengalami cuaca ekstrem yang akan terjadi pada akhir tahun hingga awal tahun depan. Hal tersebut perlu menjadi perhatian dan diwaspadai masyarakat, mengingat periodenya yang masih cukup lama. 

Selain waspada terhadap genangan banjir, musim hujan biasanya juga membuat temperatur udara menjadi dingin, bahkan saat berada di dalam ruangan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut puncak musim hujan diprediksi berlangsung pada Desember 2022 dan Januari 2023.

Temperatur udara yang dingin tentu akan membuat penghuni rumah tidak nyaman dan leluasa dalam mengerjakan berbagai aktivitas. Akan tetapi tenang saja, karena kalian bisa mencoba beberapa tip yang dirangkum dari berbagai sumber, agar rumah kalian tetap hangat selama musim hujan berlangsung. 

Baca juga5 Ide Desain Tangga Industrial Kekinian, Cocok untuk Rumah Minimalis


1. Pasang Tirai yang Lebih Tebal

Saat musim hujan tiba Genhype harus tetap menjaga suhu ruangan hunian agar tetap hangat. Caranya adalah saat pagi sampai siang matahari sedang bersinar, manfaatkan sebaik-baiknya dengan membuka jendela dan tirai lebar-lebar untuk memasukkan panas matahari ke dalam rumah.

Namun, setelah mendung terlihat dan hujan akan segera turun segera tutup jendela memakai tirai yang lebih tebal dengan rapat. Dengan cara ini kalian dapat menjebak udara hangat tetap berada di dalam rumah, sehingga kita tidak lagi kedinginan meski telah turun hujan. 
 

2. Tutup Ventilasi Udara

Menutup ventilasi udara juga penting dilakukan saat musim hujan tiba agar ruangan di dalam rumah tetap terasa hangat. Beberapa ventilasi yang sebaiknya ditutup agar hunian tetap hangat adalah jalusi jendela dan ventilasi udara di kamar mandi.

Selain itu, kamu juga bisa mematikan exhaust fan yang biasanya digunakan saat musim kemarau tiba. Dengan cara-cara tersebut otomatis rumah tetap nyaman tanpa udara dingin. Selain itu, langkah ini mengurangi percikan air hujan yang masuk ke dalam ruangan. 


3. Gelar Karpet di Lantai

Cara mudah lainnya agar rumah tetap hangat saat musim hujan adalah dengan menggelar karpet di lantai. Usahakan juga untuk menggunakan karpet dengan bulu tebal yang dapat membantu penyerapan panas lebih cepat, sehingga membuat badan, terutama kaki kalian agar tidak menyentuh lantai secara langsung.
 

4. Tambahkan Penghangat Ruangan

Menambahkan penghangat ruangan portabel juga bisa dijadikan alternatif saat hawa dingin sudah mulai membuat badan menggigil. Untuk memastikan penghangat  berfungsi lebih maksimal kamu harus memperhatikan penempatannya agar tidak ada objek yang menghalangi dan bisa menyerap panas.

Salah satu caranya adalah dengan tidak memasang pemanas ruangan tepat berada di depan sofa. Karena dengan cara ini sofa kalian bakal menyerap panas secara dominan sehingga hawa panas tidak terdistribusi dengan merata. Jadi usahakan memasang penghangat ruangan di lokasi strategis.
 

5. Buka Oven Pemanas

Saat musim hujan tiba dan kebetulan kalian sedang memanggang roti dalam oven kamu juga bisa memanfaatkannya setelah selesai digunakan dengan membukanya hingga dingin. Sebab hawa panas oven akan menyebar dan membuat ruangan jadi lebih hangat.

Adapun, bagi yang masih menggunakan tungku api, kalian juga bisa berdiang di depannya agar kondisi tubuh tetap hangat. Selain itu, beberapa cara lain uang bisa digunakan adalah mematikan kipas angin, menaikan suhu ruangan AC, hingga menggunakan jaket tebal agar lebih leluasa saat beraktivitas.

Baca jugaDi Rumah Saja? Ini Ide Kegiatan untuk Mengisi Waktu Liburan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

7 Aplikasi Wajib Punya untuk Memudahkan Traveling

BERIKUTNYA

BRIN Proyeksikan Jabodetabek Diterjang Hujan & Badai Ekstrem

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: