Kegiatan melancong di dalam atau luar negeri memang semakin dimudahkan dengan adanya kemajuan teknologi. Sumber gambar (unsplash/Clay Banks)

7 Aplikasi Wajib Punya untuk Memudahkan Traveling

27 December 2022   |   12:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Seiring waktu, berwisata atau traveling kini bukan hanya menjadi kegiatan pengusir penat tapi telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup. Mayoritas anak-anak muda pun lebih memilih menghabiskan waktunya untuk melancong pada saat liburan alih-alih belanja baju atau barang branded lainnya. 

Kegiatan melancong di dalam atau luar negeri memang semakin dimudahkan dengan adanya kemajuan teknologi. Kian canggihnya internet dan ponsel pintar, otomatis  membuat para traveler dapat mengakses informasi di penjuru dunia dalam genggaman tangan.

Kiwari, berbagai aplikasi juga telah dibuat pengembang untuk memudahkan para traveler. Mulai dari petunjuk arah, pemesanan tiket, hingga penerjemah bahasa. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah aplikasi yang wajib dimiliki para pelancong di dalam ponsel mereka.

Baca jugaTren Traveling 2022, Destinasi Terpopuler & Akomodasi Terfavorit Masyarakat Indonesia
 

1. Foodspotting

Bagi para traveler yang suka melancong sambil berburu kudapan lokal, aplikasi pertama yang wajib diunduh adalah Foodspotting. Pasalnya, aplikasi ini bisa membantu Genhype untuk menemukkan berbagai kuliner khas destinasi tujuan wisata kalian.

Kamu juga tidak perlu takut akan dibawa ke restoran mahal. Sebab Foodspotting juga memberimu rekomendasi berbagai kedai milik masyarakat lokal. Mulai dari toko roti, bistro, hingga dapur saji makanan khas setempat yang tentunya bakal memperkaya citarasa lidah kalian. 
 

2. Skyscanner

Aplikasi wajib lainnya yang patut diinstal dalam ponsel adalah Skyscanner. Peranti lunak ini membantu untuk mengumpulkan rute, jadwal, dan tarif penerbangan dari berbagai maskapai di seluruh dunia. Tak hanya itu, Skyscanner juga menampilkan tarif berbagai situs booking, sehingga dapat memudahkan kalian untuk membandingkan harga. 

Skyscanner biasanya dimanfaatkan untuk melihat daftar penerbangan internasional. Adapun, bagi penerbangan domestik, traveler juga bisa menggunakan aplikasi lain, seperti Traveloka, Pegipegi, Booking, hingga Google Flight untuk mendapatkan fitur serupa.  
 

3. Waze

Suka ngetrip sambil membawa kendaraan pribadi? Maka aplikasi Waze juga penting untuk diunduh dalam ponsel kalian karena akan memberimu informasi rute terbaik. Mulai dari tingkat kemacetan, kecelakaan, hingga rute tercepat yang dapat ditempuh untuk segera sampai di tempat tujuan.

Kelebihan Waze dibandingkan aplikasi lainnya adalah kamu bisa mendapatkan informasi dari sesama pengguna secara real time. Selain itu aplikasi ini juga menampilkan informasi lalu lintas yang lebih lengkap dan dapat digunakan secara offline.
 

4. Google Trips

Aplikasi ini dapat berfungsi sebagai sebuah folder yang berisi catatan-catatan rencana perjalananmu. Selain itu, di peranti lunak Google Trips kalian juga bisa mengumpulkan semua informasi perjalanan dari Gmail dan mengaturnya secara otomatis. 

Genhype juga tak perlu bingung saat tiba di negara baru, tapi tidak punya wifi hotspot atau sinyal. Sebab aplikasi ini tetap bisa memberi kamu saran destinasi wisata apa saja yang bisa dituju meski smartphone kamu dalam keadaan tanpa internet atau offline. 
 

5. PackPoint

Aplikasi ini dapat membantu untuk memberi gambaran mengenai barang bawaan secara virtual. Tinggal masukkan nama kota, berapa lama durasinya, dan tujuan kalian pergi baik dinas atau liburan, maka aplikasi akan menyusun barang-barang yang semestinya dibawa untuk melancong.

Selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan kamu rekomendasi mengenai kondisi iklim destinasi yang akan dituju, sehingga kamu bisa melakukan persiapan lebih matang. Tak hanya itu, kamu pun akan direkomendasikan mengenai berbagai kegiatan yang bisa dilakukan saat tiba di lokasi tujuan.
 

6. Easy Currency Converter

Persiapan keuangan menjadi hal yang paling penting saat melancong. Untuk itulah kamu perlu mengetahui kurs mata uang negara setempat sebelum tiba di sana. Oleh karena itu pentingnya juga menginstal aplikasi Easy Currency Converter untuk melihat nilai tukar mata uang.

Keunggulan aplikasi ini adalah kamu dapat melihat nilai tukar lebih dari 180 mata uang yang ada di dunia. Konversi nilai tukar mata uang dalam aplikasi ini juga akan tetap akurat selama kamu terhubung dengan internet. Jadi, ucapkan selamat tinggal untuk aplikasi kalkulator di ponsel kalian.
 

7. World Lens Translator

Bahasa kadang menjadi kendala saat traveling ke negara lain. Terlebih jika negara tujuan kalian tidak menggunakan huruf alfabet latin dalam percakapan atau papan petunjuk mereka sehari-hari. Tapi jangan cemas ya sebab kamu bisa menginstal World Lens Translator yang membantumu mengatasi itu semua.

Caranya pun cukup mudah, kamu tinggal mengarahkan kamera ponsel ke arah bahasa asing yang tertulis, maka secara otomatis aplikasi ini akan menerjemahkan ke dalam bahasa yang kamu mengerti. Jadi kamu tetap bisa berkomunikasi dengan orang asing dengan mudah.

Baca juga3 Pilihan Destinasi Wisata Luar Negeri Saat Pergantian Tahun, Cek Biayanya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Perjalanan Istimewa Seniman Muda M. Salman Farisyi

BERIKUTNYA

5 Kiat Membuat Rumah Tetap Hangat Saat Musim Hujan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: