Ilustrasi liburan (Sumber gambar: Pexels/Thorste Tecnoman)

Di Rumah Saja? Ini Ide Kegiatan untuk Mengisi Waktu Liburan

26 December 2022   |   06:54 WIB

Akhir tahun biasanya identik dengan waktu liburan. Namun, tidak semua orang bisa berlibur ke luar kota atau luar negeri karena berbagai sebab. Walaupun tetap di dalam kota atau di rumah saja, kita  bisa menikmati liburan yang menyenangkan dengan melakukan berbagai kegiatan.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan  untuk mengisi waktu liburan kendati tetap di dalam kota. Berlibur di dalam kota lebih fleksibel dan bisa dilakukan lebih santai tanpa harus terburu-buru, serta bujet lebih ekonomis. Kalian bisa melakukan kegiatan liburan sendiri, bersama teman-teman, ataupun dengan keluarga. Bagi kalian tidak berlibur ke luar kota atau hanya di rumah, berikut berbagai ide kegiatan untuk mengisi waktu selama waktu liburan yang dihimpun oleh Hypeabis.

Baca jugaBiar Enggak Terlalu Boros, Yuk Hitung Dulu Bujet Liburan Akhir Tahun
 

Staycation

Staycation kini kian menjadi tren untuk mengisi waktu liburan. Kalian bisa menginap di hotel yang menjadi incaran saat liburan. Pertimbangkan bujet yang disediakan untuk memilih tipe hotel dan berapa lama durasi menginap. Pilihlah hotel yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap sesuai dengan kegiatan yang ingin kalian lakukan.

Misalnya, bagi yang ingin berenang, pastikan hotel memiliki kolam renang yang memadai, bagi yang ingin nge-gym juga tanyakan fasilitas di pusat olahraganya. Bila membawa anak-anak, bisa ditanyakan apakah hotel memiliki kegiatan khusus untuk anak. Kini banyak hotel memiliki kegiatan khusus untuk menyambut momen-momen spesial yang bisa diikuti oleh tamu yang menginap.
 

Berburu Kuliner Lokal

Mungkin di tempat kalian ada beberapa tempat makan baru yang belum sempat didatangi karena kesibukan bekerja. Waktu yang senggang saat liburan bisa dimanfaatkan untuk mencoba kuliner baru atau tempat makan lain yang belum sempat didatangi.

Atau kalian ingin menjelajah kuliner unik di pasar tradisional atau pasar modern. Kadang-kadang, kita bisa menemukan berbagai makanan unik di pasar yang tidak kita temukan di restoran atau di mal. Tentunya harganya jauh lebih murah jika kita berlanja di pasar.
 

Berkumpul Bersama Keluarga

Waktu liburan bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga. (Sumber gambar: Pexels/Fauxels)

Waktu liburan bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga. (Sumber gambar: Pexels/Fauxels)

Pada malam tahun baru, atau saat-saat tertentu, berkumpul bersama keluarga besar merupakan kegiatan yang menyenangkan. Mungkin kita jarang berkumpul dengan saudara dan kerabat, momen liburan merupakan saat yang tepat untuk berkumpul bersama. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat berkumpul bersama, seperti barbeque, makan bersama, menyanyi , atau bahkan membuat kuiz atau permainan dengan hadiah yang unik untuk keluarga tercinta.  
 

Berwisata di Dalam Kota

Saat liburan juga menjadi waktu yang tepat untuk mengeksplor lingkungan kota kalian. Mungkin ada tempat-tempat wisata baru yang dibuka, atau tempat yang belum sempat dikunjungi. Kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum untuk menuju tempat wisata. Atau sekadar berkeliling kota dengan transportasi umum seperti bus kota, kereta komuter bisa juga untuk dicoba.
 

Menonton film

Waktu akhir tahun biasanya diputar film yang bertema liburan. Kalian bisa menonton film atau drakor kesayangan. Bagi yang ingin menikmati suasana di luar, menonton film yang sedang diputar di gedung bioskop juga bisa menjadi pilihan. Akhir tahun biasanya juga banyak rilis film-film baru.


Mengerjakan hobi

Waktu libur juga bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan hobi atau menyelesaikan pekerjaan di rumah yang belum terselesaikan. Seperti mungkin ada beberapa pekerjaan handicraft yang perlu diselesaikan. Bagi penyuka tanaman bisa menata ulang taman atau berburu tanaman idaman yang belum dimiliki. Bagi pehobi membaca, bisa menyelesaikan bacaan atau novel yang belum selesai dibaca. Mencoba resep masakan terbaru juga bisa dilakukan saat liburan.
 
Baca juga: 6 Cara Menyiapkan Liburan ke Luar Negeri, Biar Kantong Enggak Jebol

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

5 Film Populer Macaulay Culkin, dari Home Alone hingga My Girl

BERIKUTNYA

Upaya Pencegahan Kanker Serviks Sejak Dini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: