Ilustrasi kuliner sambut tahun baru. (Sumber gambar : Freepik)

Daftar Kuliner Khas Tahun Baru di Berbagai Negara yang Bawa Keberuntungan

27 December 2022   |   12:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

3. Acar Ikan Herring, beberapa negara Eropa

Ikan merupakan simbol kesuburan, umur panjang, dan karunia atau keberuntungan. Oleh karena itu, ikan menjadi makanan khas tahun baru yang populer khususnya bagi keturunan di wilayah Eropa seperti Skandinavia, Jerman, dan Polandia. Di tempat tersebut termasuk beberapa negara Eropa Utara, warganya menyajikan acara ikan Herring sebagai tradisi tahun baru sejak abad pertengahan. 

Selain itu, di beberapa negara bagian Amerika Serikat seperti Minnesota, Wisconsin, dan Iowa, yang memiliki populasi besar Norwegia juga membua kuliner khas tahun baru yang mirip. Biasanya acar ikan tersebut disajikan dengan makanan ringan tradisional lainnya seperti bakso dan pate, yang melambangkan karunia. 
 

4. Tteokguk, Korea Selatan

Sup tradisional yang disebut tteokguk menjadi sajian penting untuk merayakan tahun baru di Negeri Ginseng . Dengan mengonsumsi makanan tersebut, orang Korea Selatan tidak menganggap diri mereka setahun lebih tua. 

Tteokguk adalah sup panas yang terbuat dari kaldu, kue beras, dan campuran daging serta sayuran. Biasanya bagian atas sup diberi telur, daun bawang, dan rumput laut panggang. Selain membantu warga Korea Selatan merayakan bertambahnya usia pada malam tahun baru, tteokguk dianggap membawa keberuntungan. 


5. 12 Buah Anggur, Spanyol

Banyak orang menyesap sampanye untuk menyambut tahun baru, tetapi di Spanyol dan di beberapa bagian Amerika Latin, mereka memilih memakan 12 butir buah anggur. Tradisi makan 12 anggur pada tengah malam dimulai pada 1880an sebagai cara untuk menyalin tradisi Prancis yang memiliki anggur dan champagne pada hari terakhir di penghujung tahun. 

Kebiasaan ini akhirnya diadopsi oleh Madrileños atau penduduk Madrid, yang kala itu melakukan perjalanan ke Puerta del Sol untuk melihat lonceng berputar pada akhir tahun. Namun demikian, dengan cara yang ironis atau mengejek, mereka memilih makan anggur seperti kelas atas. 

Kebiasaan itu menjadi tradisi hingga saat ini. Bahkan di Spanyol tersedia paket kemasan yang berisi 12 anggur unggul dan sudah dikupas. Di beberapa kelompok masyarakat, terkadang buah anggur harus dimakan 12 detik pertama pada tahun baru untuk menyambut 12 bulan keberuntungan.

Baca jugaPenting, 7 Pesan Dokter agar Sehat Bugar Saat Libur Natal & Tahun Baru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Cek 5 Lokasi Event Malam Tahun Baru di Bali, Ada NIKI Hingga Sheila On 7

BERIKUTNYA

Film Autobiography Siap Tayang di Bioskop 19 Januari 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: