Avatar 2 (Sumber gambar: Twitter.com/avatar)

Avatar 2 Cuan Rp13,7 Triliun Setelah Tayang 10 Hari, Mejeng di Top 5 Box Office 2022

26 December 2022   |   20:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Avatar: The Way of Water atau Avatar 2 sukses mencatat box office sejak tayang 16 Desember 2022. Film karya sutradara James Cameron tersebut berhasil mengalahkan banyak film Hollywood meski baru tayang selama 10 hari. Mengisahkan tentang kelanjutan perjuangan Jake Sully dan keluarga, sekuel Avatar tersebut membawa tema kehidupan bawah air yang menakjubkan.

Jake Sully harus memimpin keluarganya segera pergi dari klan Hutan karena diincar oleh bangsa langit. Dengan perjalanan yang panjang, akhirnya Jake Sully beserta anak dan istrinya berpindah ke sebuah klan laut yang dihuni bangsa Na’Vi. Di sana mereka belajar dan beradaptasi hidup di bawah laut untuk menepi dari kejaran bangsa langit.

Flm berdurasi lebih dari 3 jam tersebut menggelontorkan anggaran hingga US$250 juta atau setara Rp3,9 triliun. James Cameron membawa banyak idealismenya dalam film yang poenuh filosofi dengan visualisasi mewah tersebut. Mengambil jeda 13 tahun dari film pertamanya, Avatar 2 sudah berhasil duduk sbegaai film ke-5 terlaris sepanjang 2022.

Dilansir dari Box Office Mojo, Avatar 2 berhasil mengalahkan penjualan film superhero Marvel yang cukup dinantikan tahun ini yaitu Black Panther: Wakanda Forever. Avatar 2 melewati rekor tersebut dengan total penjualan tiket global mencapai US$881 juta atau setara Rp13,7 Triliun per 26 Desember 2022.

Padahal, Avatar 2 belum tayang lebih dari dua minggu di bioskop seluruh dunia. Namun rekor tersebut berhasil mematahkan capaian Black Panther: Wakanda Forever dengan selisih hingga US$80 juta atau sekitar Rp1,2 Triliun. Avatar 2 berhasil duduk di bawah film Doctor Strage in the Multiverse of Madness dan Minions: The Rise of Gru yang bertengger di posisi ke-3 dan ke-4 box office.
Avatar 2 masih harus berjuang mengalahkan film yang paling banyak ditonton di tahun ini. Terlebih, film dengan CGI epic ini masih jauh dari rekor film paling laris sepanjang tahun yang masih dipegang oleh Top Gun: Maverick dengan capaian US$1,4 miliar. Hingga hari ini, hanya ada satu film lainnya yang mencatat raihan box office lebih dari US$1 miliar selain Top Gun: Maverick. Film tersebut adalah Jurassic World: Dominion yang sukses mengukuhkan posisi kedua film terlaris di 2022.

Meski demikian, mimpi James Cameron untuk mencapai US$1 miliar dan bersaing dengan box office Natal bukanlah hal yang tak mungkin. Hal ini mengingat Avatar 2 ditargetkan masih akan tayang sebaagi tontonan keluarga jelang momen Natal dan Tahun baru. Sejauh ini, China masih menjadi negara penyumbang box office terbesar untuk Avatar 2 dengan total pendapatan kotor US$56,7 juta atau sekitar Rp886 miliar. Disusul dengan Korea Selatan, India, Meksiko, Inggris, Jerman, dan Prancis yang turut menjadi penyumbang laris manisnya film Avatar 2.


 

SEBELUMNYA

Jelang Tahun Baru, Cek Panduan Membuat Resolusi Keuangan Awal Tahun

BERIKUTNYA

Coiling, Tindakan Intensif Cegah Pecahnya Pembuluh Darah Otak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: