Pertandingan antara Kamboja dan Filipina dimenangkan oleh Kamboja (Sumber gambar: tangkapan layar laman IG @affmitsubishielectriccup)

Piala AFF 2022: Thailand & Kamboja Raih Poin Penuh, Ini Posisi Sementara Indonesia di Grup A

21 December 2022   |   11:34 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional Thailand dan Kamboja berhasil meraih poin penuh setelah masing-masing mengalahkan lawannya, yakni Brunei Darussalam dan Filipina, Selasa (20/12/2022). Thailand mampu unggul dengan skor meyakinkan, sementara Kamboja menang tipis.

Tim nasional Kamboja berhasil menaklukan tim nasional Filipina dengan skor 3 – 2 dalam pertandingan pertama Piala AFF 2022 yang berlangsung di Morodok Techno National Stadium, Kamboja.

Baca juga: Kiprah Perjalanan Timnas Indonesia di Ajang Piala AFF: Juara Tanpa Mahkota

Gol Kamboja ke gawang Filipina terjadi melalui Reung Bunheing pada menit ke-16 dan 59 dan Orn Chanpolin pada menit ke-20. Sementara dua gol Filipina ke gawang Kamboja melalui Kenshiro Daniels pada menit ke-41 dan 56.

Statistik pertandingan menunjukkan bahwa kedua tim memiliki kekuatan yang tidak jauh berbeda. Dari sisi penguasaan bola, Kamboja tercatat memiliki 47 persen, 16 tembakan, dan tujuh tembakan ke arah gawang.

Sementara itu, Filipina memiliki penguasaan bola sebesar 53 persen, 17 tembakan, dan tujuh tembakan mengarah ke gawang. Kemenangan atas Filipina ini membuat Kamboja berada di posisi kedua Grup A setelah kalah selisih gol dari Thailand yang berhasil mengalahkan Brunei Darussalam pada hari yang sama.

Tim nasional Thailand tercatat menang meyakinkan atas tim nasional Brunei Darussalam dengan skor 5 – 0. Di pertandingan yang berlangsung di Stadion KLFA itu, tim nasional Thailand mendominasi jalannya pertandingan.

Penguasaan bola Thailand dalam 90 menit pertandingan mencapai 80 persen dengan 33 tembakan dan 16 tembakan mengarah ke gawang. Sementara penguasaan bola Brunei Darussalam hanya sebesar 20 persen dengan 2 tembakan dan 2 tembakan mengarah ke gawang.

Lima gol tim nasional Thailand ke gawang Brunei Darussalam tercipta melalui Bordin Phala pada menit ke-19, Teerasl Dangda pada menit ke-44, Peeradon Chamiratsamee pada menit ke-91 dan 93, dan gol bunuh diri pemain Brunei Darussalam, yakni Awangku Yura Indera Putera bin Pengiran yunus pada menit ke-88.

Kemenangan atas Brunei Darussalam membuat Thailand menempati posisi pertama Grup A untuk sementara dengan poin 3. Poin yang dimiliki Thailand sama dengan poin yang dimiliki oleh tim nasional Kamboja.

Sementara itu, Filipina dan Brunei Darussalam untuk sementara menghuni posisi 4 dan 5 di babak kualifikasi Grup A dengan poin 0. Filipina memiliki selisih gol -1 sementara Brunei Darussalam -5.

Tim nasional Indonesia yang belum melakoni pertandingan berada di posisi ketiga untuk sementara. Tim Garuda akan melakoni pertandingan perdana Piala AFF pada Jumat, 23 Desember 2022 di Stadion Gelora Utama Bung Karno.

Indonesia akan menjamu tim nasional Kamboja yang telah lebih dahulu mengantongi poin 3 karena berhasil menang melawan Filipina.


Grup B

Sementara itu, pada hari ini, Rabu, 21 Desember 2022, tim nasional Myanmar akan berhadapan dengan Malaysia pada pukl 17.00 WIB di Stadion Thuwuna, Myanmar. Kemudian, Laos akan menjami Vietnam pada pukul 19.30 WIB di New Laos National Stadium, Laos.

Kedua pertandingan ini adalah pertandingan awal babak kualifikasi Grup B. Tim nasional yang berada di grup ini adalah Myanmar, Malaysia, Laos, Vietnam, dan Singapura.

Baca juga: Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Minus Elkan Baggot & Sandy Walsh

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

KA Wisata Mak Itam Kembali Beroperasi, Cek Sejarah Singkatnya Kereta Ini

BERIKUTNYA

15 Kalimat Ucapan Hari Ibu 22 Desember 2022, Cocok untuk Caption Instagram

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: