Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang (Sumber: indonesiavirtualtour.com)

Rekomendasi Wisata Antimaintsream Untuk Liburan Akhir Tahun

21 December 2022   |   20:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Enggak terasa tahun 2022 akan berakhir ya Genhype. Ada banyak piihan kegiatan seru untuk menghabiskan libur akhir tahun, mulai dari berkunjung ke rumah ibadah, berwisata kuliner, bermain ke pantai, atau sekadar jalan-jalan ke tempat-tempat baru, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Memang pada tahun ini industri pariwisata mulai menggeliat dan tren bepergian masyarakat ke berbagai penjuru daerah di Indonesia juga meningkat. Kementerian Perhubungan bahkan memprediksi 16,35 persen penduduk Indonesia atau lebih dari 44 juta orang akan melakukan perjalanan selama masa Natal 2022 dan tahun baru 2023 atau biasa disebut Nataru.

Baca juga: 5 Destinasi Kota Wisata Perbukitan, Cocok untuk Glamping bareng Keluarga di Liburan Nataru

Saat menyambut hari libur Nataru ini ada banyak hal yang harus kalian persiapkan, salah satunya memilih destinasi yang ingin dituju. Bagi kalian yang berjiwa petualang, libur Nataru dapat menjadi ajang untuk berkelana ke destinasi unik dan anti-mainstream untuk mencoba pengalaman baru dan berbeda.

Nah, bagi yang ingin mencoba hal baru, berikut rekomendasi destinasi wisata anti-mainstream yang bisa jadi pilihan untuk memeriahkan liburan akhir tahun.


1. Pelabuhan North Quay, Surabaya

Surabaya sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia menyimpan segudang tempat wisata yang menawarkan hiburan seru bagi keluarga. Salah satunya adalah Pelabuhan North Quay, pelabuhan termegah di Indonesia yang merupakan tempat berlabuh kapal pesiar mewah dari berbagai penjuru dunia.

Di pelabuhan ini, kamu dapat menikmati dan mengabadikan keindahan sunset dengan suguhan pemandangan Selat Madura, Jembatan Suramadu, dan aktivitas kapal di pelabuhan Tanjung Perak sembari menyantap hidangan nikmat di food court yang tersedia.


2. Maha Vihara Maitreya Cemara Asri, Medan

Dihias dengan ornamen khas Tiongkok yang memberikan pemandangan unik, Maha Vihara Maitreya Cemara Asri diklaim sebagai candi Budha non-bersejarah terbesar di Indonesia. Vihara ini terletak di sebelah danau kecil yang asri dengan banyak pepohonan di sekitarnya, kamu dapat melihat burung bangau di danau tersebut saat berkunjung.

Pada sore hari, di boulevard perumahan Cemara Asri, sebagai lokasi Vihara ini, terdapat banyak restoran yang menyuguhkan menu ikan laut dan menu khas Tiongkok. Vihara ini juga dilengkapi dengan tiga balai ciamik yang bisa menampung lebih dari 1,500 orang di setiap balainya. Selain itu, terdapat juga Taman Avalokitesvara, taman bermain anak, dan toko souvenir.


3. Kawasan Wisata Kuliner Pantai Padang, Padang

Selain kulinernya yang tak tertandingi, kota Padang juga kaya akan destinasi wisata yang tidak kalah seru. Seperti Kawasan Wisata Kuliner yang terletak di pinggir Pantai Padang. Letaknya yang berada di sepanjang tepi pantai, memungkinkan kamu dan keluarga atau sahabat untuk menyantap kuliner lezat khas Padang sembari menikmati angin laut dan keindahan dari pantai kebanggaan masyarakat Padang ini.

Makanan yang tersedia unik dan bervariasi, mulai dari Karupuak Leak, Pisang Kapik, Langkitang Cucuik, Pensi, Bakso Bakar, Jagung Bakar, sampai Kelapa Muda.


4. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang

Kota yang kaya akan warisan budaya dari nenek moyang ini menawarkan banyak destinasi wisata yang tak hanya seru, namun juga dapat menambah wawasan sejarah-mu seperti Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Bangunan yang berdiri sejak tahun 1820-an ini menampilkan sejarah kota Palembang mulai dari masa kerajaan Sriwijaya sampai Kesultanan Palembang.

Museum ini awalnya merupakan keraton milik kesultanan Palembang bernama Keraton Kuto Kecik atau Keraton Kuto Lamo, kemudian berubah menjadi kediaman Residen Belanda. Sesuai dengan namanya, museum ini lebih banyak menampilkan benda-benda peninggalan Kesultanan Palembang seperti, berbagai jenis koleksi tekstil, senjata, pakaian tradisional, kerajinan, koleksi mata uang, hingga berbagai macam prasasti.


5. Taman Kota Cantik, Palangkaraya

Palangkaraya, atau yang sering disebut kota Cantik oleh masyarakat setempat, menawarkan berbagai macam destinasi wisata ciamik yang bisa dinikmati bersama keluarga dan kerabat. Contohnya, Taman Kota Cantik Palangkaraya yang berfungsi sebagai paru-paru kota dan pusat rekreasi bagi masyarakat setempat.

Dibalut dengan pepohonan rindang dengan bunga warna-warni menjadi sajian menawan yang bisa menyegarkan mata, tempat ini juga menyenangkan dan sangat sesuai untuk anak karena banyak wahana permainan seru. Taman ini juga menggelar pasar malam secara rutin yang menambah suasana semarak dari taman Kota Palangkaraya.

Cut Nany, Head of Integrated Communication RedDoorz Indonesia mengatakan tren wisata ‘local not global’ yang kian meningkat di tahun 2022, pihaknya ingin menyorot keindahan pariwisata Indonesia yang tidak kalah indah dengan destinasi mancanegara.

“Kami mengajak para wisatawan untuk berlibur ke seluruh penjuru untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan saat bepergian,” ujarnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Rekomendasi Kegiatan yang Memorable untuk Merayakan Hari Ibu

BERIKUTNYA

Jangan Ketinggalan, BTS: Yet to Come in Cinema Bisa Ditonton di Bioskop Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: