Skincare (Sumber gambar: Freepik)

Survei: Mayoritas Wanita Indonesia Memakai 4 Jenis Skincare Rutin

21 December 2022   |   14:35 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Wanita Indonesia dikenal senang berbelanja skincare. Saat ini, sudah ada banyak sekali jenis dan merek skincare yang dijual di pasaran. Masing-masing memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan kulit tiap orang. 

Genhype pernah melihat wanita yang sampai memiliki tas sendiri untuk mewadahi sejumlah skincare miliknya? Ya, memang sebanyak itu konsumsi produk skincare bagi wanita Indonesia. Jumlahnya, bahkan diketahui terus meningkat dibandingkan dengan beberapa waktu lalu. 

Dalam survei ZAP Beauty Index 2023, diketahui ada satu produk tambahan yang kini jadi skincare rutin wanita. Survei yang dilakukan oleh ZAP Clinic dan Markplus itu dilakukan pada Oktober hingga November 2022 dengan melibatkan lebih dari 9.000 wanita dari berbagai daerah di Indonesia. 

Baca jugaBerbagai Manfaat Skincare, Gen Z Lebih Menyukai Produk dengan Efek Mencerahkan
 

skincare (Sumber gambar: Freepik)

skincare (Sumber gambar: Freepik)

Hasilnya menunjukkan bahwa pada 2021, rata-rata wanita Indonesia hanya menggunakan 3 produk skincare. Namun, fakta menariknya, tahun ini terdapat peningkatan penggunaan jumlah produk skincare menjadi minimal 4 jenis. Keempat produk itu sudah termasuk untuk pemakaian pada pagi, siang, dan malam hari serta dipakai secara rutin. 

Jika dibedah lebih dalam lagi, setidaknya ada dua kelompok besar skincare yang dicari wanita Indonesia yakni skincare rutin untuk pagi-siang dan malam. Untuk skincare yang digunakan pada pagi-siang, sebanyak 90,1 persen wanita Indonesia rutin menggunakan facial wash; 87,3 persen rutin menggunakan sunscreen, dan 75,0 persen rutin menggunakan moisturizer.

Di nomor keempat, ada toner yang rutin digunakan oleh 66,5 persen wanita Indonesia; lalu serum sebanyak 62,9 persen; micellar water 33,3 persen; essence 16,1 persen, face mist 13,5 persen, milk cleanser 8,5 persen, dan sheet mask 7,3 persen.

Untuk skincare yang digunakan pada malam hari, sebanyak 87,2 persen wanita Indonesia mayoritas masih menggunakan facial wash sebagai rangkaian skincare rutin mereka. Berikutnya adalah serum dengan 75,9 persen dan toner 70,0 persen. Di nomor keempat, ada moisturizer dengan perolehan 68,9 persen, micellar water 55,6 persen, sheet mask 24,7 persen, essence 21,6 persen, milk cleanser 13,5 persen, dan rinse off mask 9,5 persen.
 

wanita dan skincare (Sumber gambar: Freepik)

wanita dan skincare (Sumber gambar: Freepik)

Nah, berkaitan dengan skincare rutin, saat ini wanita Indonesia juga mulai menggunakan produk suplemen tambahan untuk perawatan kulit dan rambut. Jadi,mereka tidak hanya melakukan perawatan dari luar saja, tetapi juga membantunya dari dalam.

Lebih rinci, terdapat 18,8 persen wanita Indonesia yang sudah meminum suplemen untuk merawat kulit dan rambutnya sebagai tambahan perawatan kecantikannya. Sayangnya, sebanyak 81,0 persen masih belum meminum suplemen untuk tambahan perawatan kulit dan rambut.

Selain itu, 19,0 persen wanita Indonesia yang sudah rutin melakukan treatment kulit ke klinik, masih merasa perlu mengonsumsi suplemen untuk merawat kulit mereka. Meskipun baru sedikit wanita Indonesia yang meminum suplemen, kesadaran merawat kecantikan dari dalam diprediksi akan meningkat ke depannya.

Baca juga4 Urutan Memakai Skincare untuk Kulit Sensitif Menurut Ahli Dermatologi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Dirayakan Tiap 22 Desember, Cek Sejarah Peringatan Hari Ibu di Indonesia

BERIKUTNYA

Duh, Sebagian Gen Z Mengaku Mulai Mengalami Kerutan Wajah & Beruban

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: