Ilustrasi wanita memakai skincare (Sumber gambar: Freepik)

Berbagai Manfaat Skincare, Gen Z Lebih Menyukai Produk dengan Efek Mencerahkan

19 December 2022   |   20:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Bagi wanita, skincare adalah produk yang wajib ada di kamar mereka. Setiap harinya, wanita menggunakan beragam rangkaian produk skincare agar bisa tampil lebih cantik dan menjaga kesehatan kulitnya sehingga terlindungi dengan baik.

Skincare merupakan rangkaian perawatan kulit, baik di wajah maupun tubuh. Rangkaian produknya tidak hanya muka maupun serum, tetapi juga ada toner, body lotion, pelembab, dan masih banyak lagi.

Dalam menggunakan produk skincare, wanita biasanya menaruh ekspektasi terhadap manfaat yang dimiliki produk yang dipilihnya. Dengan keberagaman kebutuhan, kini telah hadir banyak sekali produk skincare yang menawarkan banyak manfaat.

Baca juga: Dibanding Review Influencer, Skincare Aman Lebih dicari Konsumen

Namun, bagi wanita generasi Z, skincare yang memiliki manfaat mencerahkan adalah yang utama. Hal itu tergambar dalam survei ZAP Beauty Index 2023. 

Survei yang dilakukan ZAP Clinic dan Markplus itu dilakukan pada Oktober hingga November 2022. Survei ini melibatkan 9.010 lebih wanita yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Dalam survei tersebut, diketahui sebanyak 77,4 persen wanita gen Z mencari manfaat mencerahkan dari produk skincare yang mereka pakai. Kebutuhan gen Z terhadap kulit cerah naik cukup banyak dibanding tahun lalu. Setahun sebelumnya, hanya ada 70,8 persen gen Z yang mencari manfaat mencerahkan.
 

Tangkapan layar ZAP Beauty Index 2023

Tangkapan layar ZAP Beauty Index 2023


Manfaat kedua yang dicari gen Z ialah produk skincare yang dapat melindungi sinar UV. Sebanyak 66,5 persen gen Z menyukai produk yang bisa melindungi mereka dari bahaya sinar matahari. Kebutuhan terhadap manfaat ini naik 9 persen dari tahun lalu.

Kemudian, manfaat menyamarkan jerawat berada di urutan ketiga yang paling dicari Gen Z. Sebanyak 60,7 persen wanita gen Z ingin menghilangkan jerawat mereka dengan produk skincare yang dibelinya.

Di urutan keempat, wanita gen Z ternyata lebih menyukai manfaat skincare yang melembabkan. Sebanyak 58,6 persen wanita gen Z membutuhkan manfaat tersebut.

Selanjutnya, di urutan kelima, wanita gen Z membutuhkan skincare yang bisa memberikan manfaat membersihkan kulit. Ada lebih dari separuh wanita gen Z atau 57,8 persen yang menginginkan manfaat tersebut.

Manfaat keenam hingga ke sepuluh ialah menghilangkan komedo 56,3 persen, antijerawat (55,5 persen), menyamarkan pori-pori wajah (49,7 persen), meratakan warna kulit wajah (47,5 persen), dan mengurangi minyak berlebih (42,7 persen).

Hasil survei tersebut cukup unik. Sebab, wanita lebih menyukai skincare yang bisa memberikan manfaat mencerahkan dibanding meratakan warna kulit wajah mereka. Perbedaannya pun cukup kentara, yakni 77,4 persen dan 47,5 persen.

Hasil unik lainnya ialah soal manfaat anti-aging. Manfaat tersebut rupanya tidak hanya dicari oleh wanita berumur yang ingin terlihat lebih muda. Namun, manfaat anti-aging kini juga sudah dicari oleh wanita gen Z.

Sudah ada sekitar 34,2 persen wanita gen Z yang mencari manfaat anti-aging pada produk skincare yang mereka pilih. Kebutuhan anti-aging bahkan lebih besar dibanding manfaat memutihkan yang hanya 27,0 persen.

Jumlah kebutuhan manfaat anti-aging pada wanita gen Z bahkan lebih tinggi pada tahun lalu dengan nilai 41,7 persen. Meski kini terjadi penurunan, manfaat anti-aging masih jadi 10 besar favorit manfaat yang paling dicari wanita gen Z.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Dibanding Review Influencer, Skincare Aman Lebih dicari Konsumen

BERIKUTNYA

Salip SKY Castle, Reborn Rich Jadi Drakor Ke-2 Terbaik Sepanjang Masa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: