ABDA (Sumber gambar: ABDA Music)

Solois ABDA Rangkum Drama Kehidupan Manusia dalam Mini Album Barunya

21 December 2022   |   11:47 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penyanyi sekaligus penulis lagu Ahmad Abdul kembali menyapa penggemarnya dengan merilis mini album anyar bertajuk Drama. Perilisan ini juga menjadi bagian dari perkenalan Ahmad Abdul yang kini mantap berkarier di industri musik Indonesia dengan nama panggung ABDA.

Nama ABDA merupakan singkatan dari Another Bright Dawn Arises atau yang berarti kekuatan. Nama baru ini menjadi identitas baru dari Ahmad Abdul sejak 2020 dan memutuskan untuk berkarier secara independen. 

Baca juga: 10 Video Musik Terpopuler di YouTube 2022, Mana Favorit Genhype?

Setelah terakhir merilis single Bring You Back pada November 2021, ABDA kini merilis mini album Drama yang terdiri atas empat lagu yakni Jangan Paksakan, Cenayang, Bilang Saja, dan Terlahir Kembali.

Dalam mini album anyarnya ini, ABDA berusaha untuk menceritakan tentang kehidupan sehari-hari umat manusia yang dituntut untuk memainkan peran dalam sebuah drama kehidupan yang tidak ada ujungnya.

Hal itulah yang menjadi latar belakang ABDA memasukkan sebanyak empat buah lagu dalam mini album ini yang masing-masing lagunya mewakili situasi drama, yang mungkin paling sering kita jumpai di sekitar kehidupan kita.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ABDA (@itsmeabda)



ABDA mengatakan Cenayang menjadi single utama dalam mini album Drama. Dia menjelaskan inspirasi cerita dalam lirik lagu tersebut mengambil perasaan dari sudut pandang seorang pria yang mungkin tidak bisa diungkapkan ketika melihat pasangannya yang hanya diam tanpa alasan.

“Itu pasti jadi salah satu drama yang selalu kita hadapi sebagai seorang pria kan?" kata penyanyi jebolan ajang pencarian bakat itu dalam keterangan resminya yang Hypeabis.id terima.

Dalam proses penggarapan mini album ini, ABDA mengaku terlibat secara penuh baik sebagai penulis lagu, produser, hingga music arranger. Meski begitu, dia juga turut dibantu oleh Andreas Dwi Cahyadi, Tomy Vernando Felani, Bayu Saputra, dan Austin Ong sebagai music arranger untuk tiap trek di mini album ini. Sementara proses mixing dan mastering digarap oleh Ivan Gojaya dari Roemah Iponk.
 

ABDA (Sumber gambar: ABDA Music)

ABDA (Sumber gambar: ABDA Music)

ABDA mengatakan dengan merilis mini album Drama, dia berharap bisa lebih memperkenalkan nama panggung ABDA yang menurutnya masih terdengar asing di kalangan penikmat musik Tanah Air. Dengan nama tersebut, ABDA berharap karya-karyanya senantiasa bisa didengarkan dan dinikmati oleh semua orang.

"Aku juga ingin mengajak orang-orang untuk bisa berbicara lewat lagu agar mereka yang tidak bisa mengekspresikan perasaan dan keluh kesahnya dapat terwakili,” kata penyanyi berusia 32 tahun itu.

ABDA pun berharap bahwa lagu-lagu dalam mini albumnya ini dapat didengarkan oleh banyak orang. Sebab, menurutnya, cerita-cerita yang ada dari lagu-lagu dalam mini albumnya ini sangat relate dengan kehidupan sehari-hari yang kerap dialami oleh banyak orang.

Terlebih, dia mengaku bahwa mini album kali ini menyajikan satu karya yang berbeda dan belum pernah didengarkan sebelumnya. Adapun, seluruh lagu dari mini album Drama dapat didengarkan di seluruh platform musik digital

SEBELUMNYA

Bunda, Yuk Kenali & Pahami Fase Perkembangan Emosi Anak

BERIKUTNYA

Foto Messi Pegang Trofi Piala Dunia Pecahkan Rekor Like Terbanyak Sepanjang Sejarah Instagram

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: