Ilustrasi penggunan bahasa gaul di media sosial (Sumber gambar: Carol Magalhaes/Unsplash)

Mengenal Arti Kata Atapu dan Bahasa Gaul Terviral Lainnya Sepanjang 2022

21 December 2022   |   11:19 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Kata atapu mendadak viral di media sosial TikTok beberapa waktu belakangan. Setelah muncul di konten TikTok, kata itu pun sering muncul di Twitter dan Instagram. Kata ini juga sering digunakan untuk status di media sosial dan membalas chat singkat. Apa sebenarnya arti kata atapu?

Ternyata, kata atapu pertama kali muncul dari sebuah video pembicaraan ayah dan balita. Dalam video tersebut, sang ayah mengucapkan I love you kepada anaknya tersebut. Ucapan itu diikuti oleh sang balita dengan menyebutkan kata itu.

Namun, karena balita belum mampu berbicara dengan pengucapan yang jelas, maka kata I love you yang hendak ditirukannya itu disebut dengan atapu. Kata atapu memiliki makna I love you atau aku cinta kamu, tetapi diucapkan dengan cara yang lebih imut atau menggemaskan.

Baca juga: Tampil Gaya & Gaul dengan Padu Padan Gelang Kepang dari Kulit

Atapu dapat dikategorikan  sebagai salah satu bahasa gaul yang viral di penghujung tahun 2022. Namun sepanjang 2022, sebenarnya ada banyak Bahasa gaul yang memiliki makna nyeleneh dan banyak digunakan di media sosial. Biasanya, Bahasa gaul juga dibuat lebih singkat dari makna yang sebenarnya.
 

Ilustrasi penggunaan bahasa gaul di media sosial (Sumber gambar: Robin Worral/Unspalsh)

Ilustrasi penggunaan bahasa gaul di media sosial (Sumber gambar: Robin Worral/Unspalsh)

Selain lebih singkat, bahasa gaul juga memancing kreativitas jagat maya untuk membuat ragam singkatan bahasa yang sedang tren. Mereka menggunakan istilah-istilah ini untuk berkomunikasi dengan mengikuti tren sehingga tidak terlihat ketinggalan zaman. Seiring tahun, kosa kata bahasa gaul pun semakin berganti dan silih berganti dengan kata lainnya.

Salah satu bahasa gaul populer lainnya di tahun ini adalah YGY. YGY  merupakan singkatan dari ya guys ya. Kata ini disematkan di bagian akhir setiap kalimat sebagai penegasan untuk menekankan suatu pernyataan.

Kata populer lainnya yang masih digunakan banyak netizen di tahun ini adalah bestie. Kata ini sudah cukup lama hadir di media sosial. Namun kata bestie masih belum surut di media sosial. Bahkan Google mencatat kata bestie dalam pencarian kata kategori definisi yang paling banyak dicari sepanjang 2022. Bestie diartikan sebagai best friend atau sahabat.

Love bombing juga masuk dalam daftar kata yang banyak dicari di Indonesia sepanjang tahun ini. Rupayanya, istilah ini digunakan untuk mendorong manipulasi secara emosional yang bertujuan mendapat kontrol atas orang lain, utamanya pasangan. Love bombing bisa membawa seseorang dalam situasi hubungan yang rumit atau disebut toxic. Pelaku love bombing akan memberikan rasa cinta dan perhatian secara berlebihan yang merupakan sebuah strategi manipulasi mereka.

Cringe juga masih sering muncul meski sudah bertahun-tahun digunakan di media sosial. Cringe memiliki arti bergidik yang kerap diucapkan untuk mengejek orang lain. Biasanya kata ini dikeluarkan ketika seorang merasa jijik atau memalukan ketika melihat suatu hal..

Baca juga: Arti Kata Cringe, Istilah Gaul yang Belakangan Populer

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Parade Juara Piala Dunia Argentina Sempat Ricuh, Messi Dkk Diangkut Helikopter

BERIKUTNYA

KA Wisata Mak Itam Kembali Beroperasi, Cek Sejarah Singkatnya Kereta Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: