Ilustrasi TikTok. (Sumber gambar: Collabstr)

Tren di Media Sosial, Ternyata Ini Makna Istilah Atapu

20 December 2022   |   17:15 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Istilah Atapu menjadi kata yang kini banyak digunakan oleh para pengguna media sosial, baik itu Twitter, Instagram, atau TikTok. Mereka menggunakan kata itu untuk mengungkapkan rasa sayang kepada orang yang disayangi atau berbagai hal.

Dikutip dari media sosial Twitter, sejumlah pengguna media sosial bergambar burung berwarna biru itu menggunakan kata atapu kepada anak, orang terkasih, dan juga hal lainnya seperti pemandangan alam yang indah.

Tidak ada yang tahu pasti siapa pertama kali pengguna kata atapu, dan menunjukkan bahwa kata itu merupakan kata untuk mengungkapkan rasa kasih sayang aku sayang kamu yang dalam bahasa inggris adalah I love you.

Meskipun begitu, banyak pengguna twitter yang menggungah video pendek dari media sosial TikTok tentang anak kecil yang berusaha mengikuti sang ayah yang mengucapkan I love you. Alih-alih mengucapkan kata I love you, sang anak malah mengucapkan kata atapu untuk meniru kata dalam bahasa Inggris tersebut.

Baca juga: TikTok Merekap Lagu Terpopuler Sepanjang 2022, Ada Lagu Favorit Kalian?

Video yang dianggap sebagai awal mula kata atapu merujuk pada kata I love you itu pun dipos oleh banyak pengguna akun media sosial twitter lainnya.

Mereka mengunggah video tersebut sebagai jawaban atas pertanyaan banyak pengguna media sosial twitter lainnya yang bertanya tentang arti atapu atau memberitahukan tentang arti kata itu.

Di media sosial TikTok, kata atapu adalah kata yang keluar pertama kali ketika pengguna mengetikan satu huruf, yakni di kolom pencarian. Ada banyak akun TikTok yang mengunggah ulang video pendek anak kecil yang mengucapkan kata atapu itu.

Jumlah pengguna yang memeberikan suka terhadap video yang dipos pun beragam, dari puluhan sampai dengan ratusan ribu likes. Beberapa di antaranya bahkan telah mendapatkan lebih dari 500.000 likes dari video pendek itu.

Tidak hanya itu, beberapa di antaranya juga menggunakan nama akun atapu sebagai strategi untuk meraih pengikut yang banyak di media sosial TikTok. Mereka berharap para pengguna media sosial yang tidak mengetahui kata atapu akan menjadi pengikut.

Untuk diketahui, atapu bukan merupakan kata pertama yang viral di media sosial. Sebelumnya, ada banyak kata yang juga pernah viral dan masih kerap digunakan untuk menunjuk pada kondisi atau istilah tertentu.

Salah satu dari banyak kata viral tersebut adalah ghosting. Kata ini menjadi viral dan digunakan untuk tindakan seseorang yang tiba-tiba menghilang tanpa kabar apa pun setelah sempat dekat dengan seseorang.

Kata lainnya yang sempat viral dan digunakan di media sosial adalah salty. Kata ini digunakan oleh para pengguna media sosial untuk merujuk pada perasaan yang kesal. Kemudian, ada juga kata bestie yang merujuk pada teman baik atau best friend.

Selain itu, kata gaul lainnya di media sosial yang kerap digunakan adalah spill. Kata spill merujuk pada kelakuan seseorang yang mengungkapkan rahasia atau aib seseorang.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Mengenal Tulkun, Hewan Pintar di Film Avatar 2 yang Jadi Incaran Bangsa Langit

BERIKUTNYA

5 Tempat Instagramable di Hong Kong, Cocok untuk Liburan Natal dan Akhir Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: