Aneka gelang kepang dari kulit. (sumber gambar: jibi)

Tampil Gaya & Gaul dengan Padu Padan Gelang Kepang dari Kulit

09 August 2022   |   17:00 WIB

Bahan kulit untuk aksesori tak pernah lekang digerus zaman. Kulit dapat dikreasikan, dikombinasikan, dan divariasikan ke dalam berbagai model dan karya yang mampu membuat penampilan tampak elegan. Hingga kini, tren gelang dari kulit masih banyak diminati.

Namun, variasi bentuknya semakin kreatif dan menyesuaikan selera segmen pasar generasi muda. Salah satu yang sedang digandrungi adalah braided leather charm bracelets. Gelang kepang dari kulit ini, kini tampil dengan berbagai varian warna, dekorasi, dan motif.

Biasanya gelang ini terbuat dari helaian kulit tipis yang dipintal bersama pernak-pernik manis yang dapat disesuaikan dengan tema yang diinginkan. Pada awalnya, gelang pintal/pilin ini dibuat dengan model sederhana dengan satu pilinan.

Baca juga: Dari Handbag hingga Footwear, Koleksi Aksesori Fesyen Lokal Ini Keren & Unik

Akhir-akhir ini, variasi gaya gelang kulit kepang yang sedang in-fashion adalah yang bertumpuk-tumpuk dengan aneka hiasan dengan satu tema, seperti navy, owl, atau bohemian.

Braided charm bracelets memang [pernah] booming beberapa tahun belakangan. Gayanya yang trendi membuat gelang jenis ini banyak dicari, khususnya oleh kalangan remaja,” jelas tim kreatif dari label aksesori Nona Pandora, dikutip dari Bisnis Weekend edisi 16 Agustus 2015.

Dalam jejaring sosial seperti Instagram atau Facebook, pesanan gelang kepang terus membanjir, meskipun akhir-akhir ini permintaan sedikit menurun. Menurut mereka, remaja Indonesia lebih menyukai model dengan banyak warna dipadu aksesori logam.

Apalagi, satu buah gelang kepang saja dapat memberi kesan memakai banyak gelang sekaligus. Untuk dapat mengan tongi gelang ini cukup dengan merogoh kocek antara Rp29.000— Rp100.000 per item (pada 2015), tergantung bahan pernak-pernik dan tingkat kerumitan pengerjaan.

Bagi penyuka model simple, lanjut mereka, gelang kepang dengan pilinan tunggal banyak diburu. Biasanya, penggemar simple braided bracelets membeli lebih dari satu item untuk dikombinasikan dalam penggunaannya.

Meskipun terkesan ramai, gelang pilin ini dinilai cocok untuk segala acara. “Tinggal  menyesuaikan pilihan warna dan bahan aksesorinya saja. Biasanya untuk acara yang lebih formal, pilihan warna gelap lebih sesuai dengan hiasan tambahan yang tidak terlalu banyak.”

Sementara itu, Maegan Crandall dari Overstock, Inc. menjabarkan gelang kepang yang sedang populer saat ini didominasi oleh warna-warna netral seperti cokelat dan hitam. Namun, para remaja putri biasanya memilih warna cerah seperti cyan atau mint green.

Pilihan warna putih cocok bagi mereka yang berselera modern dan berani tampil mencolok. Biasanya, gelang kepang warna putih dikombinasikan dengan tumpukan bangles plastik dan jelly warna-warni yang membuat pemakainya tampil funky.

Bahkan, ada juga gelang kulit kepang yang mengombinasikan lebih dari dua warna berani sekaligus. Model campuran seperti ini ideal bagi mereka yang gemar tampil beda dan berani, dan suka menonjolkan aksen dalam gaya mereka.

Dari segi pernak-pernik pelengkap, gelang kepang dengan gantungan logam menjadi pilihan gaya klasik yang selalu trendi sepanjang zaman. Penggunaan hiasan logam dapat menyulap penampilan pemakainya menjadi lebih modern dan edgy.

Bagi pecinta gaya boho, pilihan pernak-pernik dari bahan manik-manik kayu adalah yang paling cocok. Butiran manik-manik yang dipilin dengan helaian kulit membuat siapa pun tampak lebih artsy dan independen.

Ada juga gelang kepang yang dipadu padan dengan rantai yang disematkan secara tidak beraturan di sela-sela pilinan kulit. Menurut Maegan, model charm bracelet seperti ini memberi kesan controlled chaos yang cocok bagi mereka yang gemar bepetualang.

Bagi yang suka bergaya bak rock star, ada koleksi gelang kepang dengan aksen paku kerucut (studs). Penggunaan studs menambah  tekstur terhadap desain gelang yang dikenakan, sehingga membuat pemakainya tampil lebih berani.

Baca juga: Han So-hee Ternyata Gunakan Aksesori Keren Ini saat Ultah

Tren lainnya adalah gelang kepang yang disematkan aksesori berupa logam atau plastik berbentuk perkakas, seperti klip, kursi, sepatu, dan sebagainya. Model ini sempat tren dan dapat menyulap siapapun menjadi fashionable.

Terdapat berbagai ragam bahan yang dapat dipilih, mulai dari logam, perunggu, dan perak dengan warna-warna netral. Karena modelnya yang modern dan girlie, gelang ini sudah pasti ampuh mencuri perhatian siapapun. Tertarik?

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Burgushi, Menabrakkan Sushi dan Burger

BERIKUTNYA

Kebijakan Baru Taman Nasional Komodo, Pemerintah Berikan Dispensasi Selama 6 Bulan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: