Ilustrasi dekorasi hiasan pintu saat Natal. (Sumber gambar: Unsplash)

3 Ide Dekorasi Pintu Menyambut Natal, Simpel tapi Meriah

20 December 2022   |   20:00 WIB

Ada beragam hiasan yang biasanya dihadirkan pada periode hari raya Natal, tak terkecuali dekorasi pada bagian pintu rumah yang dikenal dengan wreath. Hiasan itu merupakan rangkaian tanaman yang terdiri dari bunga, daun, dan ranting yang digabungkan dalam sebuah ornamen berbentuk lingkaran.  

Meski wreath biasa digunakan dalam beberapa acara tradisi di seluruh dunia, ornamen ini justru banyak digunakan di negara-negara Barat saat masa Adven (masa-masa awal dalam kalender gereja Kristen dengan perayaan empat hari Minggu dan berlanjut pada perayaan Natal) serta Hari Raya Natal.

Dalam rangka menyambut Natal yang sudah tidak lama lagi, yuk intip beberapa ide wreath atau dekorasi pintu yang mudah dibuat tapi tetep meriah, dalam ulasan berikut ini. 

Baca jugaRekomendasi 5 Kado Natal Simpel untuk Orang Terdekat, Dijamin Berkesan
 

1. Ranting & Ornamen Natal

Ilustrasi hiasan wreath untuk Natal. (Sumber gambar: Unsplash)

Ilustrasi hiasan wreath untuk Natal. (Sumber gambar: Unsplash)

Untuk dekorasi pintu yang modern dan natural dengan cara yang mudah, salah satu bentuk yang mudah dibuat adalah persegi. Wreath satu ini bisa dibuat dengan mengandalkan bahan-bahan ranting, buah pinus palsu, dan ornamen bola natal kecil bertali panjang. Hiasan ini bisa diletakkan di depan pintu rumah, dinding ruangan utama, maupun pintu kamar.

Bahan yang digunakan adalah ranting, buah pinus palsu, ornamen bola, lem tembak, dan kawat. Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan dua buah ranting berukuran sedang dan membagi satu ranting menjadi empat bagian. Kemudian, pasangkan setiap ranting dan gabungkan setiap ujungnya menjadi dua bagian dengan bantuan kawat dan lem tembak.

Pada bagian atas ranting, gantung beberapa ornamen bola dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Setelahnya, pasangkan alat bantu gantung (opsional) dan ornamen bisa digantung sesuai dengan kebutuhan.
 

2. Rangka Besi & Dedaunan

Ilustrasi hiasan wreath untuk Natal. (Sumber gambar: Unsplash)

Ilustrasi hiasan wreath untuk Natal. (Sumber gambar: Unsplash)

Hiasan ini merupakan jenis wreath paling simpel dengan beberapa bahan, yaitu rangka besi berbentuk bulat, daun-daunan, lem tembak, dan beberapa hiasan pendukung seperti bunga-bunga dan buah-buah palsu berukuran kecil. Cara pembuatannya adalah cukup menyiapkan lem tembak dan beberapa hiasan yang siap ditempel pada beberapa sudut di rangka besi.

Penempelannya bisa dimulai dari dedaunan pada seluruh bagian rangka, lalu dilanjutkan dengan buah dan bunga yang ditempel secara menyebar. Pilihan bunga dan buahnya sendiri bisa disesuaikan dengan preferensi pribadi.
 

3. Rangkaian Tanaman & Bunga Satu Warna

Ilustrasi hiasan wreath untuk Natal. (Sumber gambar: Unsplash)

Ilustrasi hiasan wreath untuk Natal. (Sumber gambar: Unsplash)

Wreath satu ini bisa dibuat dengan menggunakan rangka kayu polos, dan dilakukan modifikasi melalui penambahan warna serta dekorasi dengan lem tembak. Sebelum mendekorasi, tentukan warna dominan yang akan diaplikasikan pada cat dan pemilihan ornamen. Lalu, pilih ornamen yang akan digunakan dengan warna senada atau warna yang berada dalam satu gradasi.

Untuk memulainya, cat terlebih dahulu rangka kayu pada semua bagian dan biarkan mengering. Setelahnya, tempelkan hiasan di berbagai sudut sesuai dengan preferensi pribadi. Kombinasi ini bisa memuat dedaunan, bunga-bunga, buah-buahan, hingga hiasan lainnya. Setelahnya, biarkan semua menempel dan gantung saat proses dekorasi selesai.

Selain beberapa ide wreath klasik, ada juga ide lainnya yang menggunakan bahan-bahan yang unik seperti tutup toples kaca dengan anyaman makram, hiasan wreath dengan buah kering dan daun-daunan, anyaman pita, hingga gantungan yang terbuat dari ornamen berbentuk bintang dan snowflakes.

Baca jugaUnik, Cek Kue Khas Natal di 5 Negara Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Ide Desain Tangga Industrial Kekinian, Cocok untuk Rumah Minimalis

BERIKUTNYA

GP Farmasi Indonesia Meminta Uji Obat Sirop Dipercepat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: