Singapura, salah satu tujuan favorit wisatawan Indonesia (Sumber gambar: Unsplash/Hu Chen)

6 Cara Menyiapkan Liburan ke Luar Negeri, Biar Kantong Enggak Jebol

20 December 2022   |   17:05 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Like
Libur Natal dan Tahun Baru segera tiba. Traveling ke luar negeri sepertinya mengasyikkan nih. Apalagi, beberapa negara punya tradisi tersendiri dalam menyambut Nataru. Eit, jangan buru-buru dulu. Sebelum memutuskan untuk beli tiket pesawat, kalian sebaiknya membuat persiapan terlebih dahulu agar pelesiran ini berjalan baik. 

Persiapan ini salah satunya berkaitan dengan keuangan. Seperti kita tahu, liburan ke luar negeri cukup menguras kantong, sehingga jika tidak direncanakan, bukan enggak mungkin kantong kita jebol. Namun, tenang, Hypeabis.id sudah punya informasi penting untuk kalian yang mau pergi ke luar negeri. 

Mengutip Bisnis Indonesia Weekend, perencana keuangan Pandji Harsanto memberikan 6 cara menyiapkan liburan ke luar negeri. 

Baca juga: Menikmati Taman di Singapura dengan Ragam Konsep Unik, Kolonial hingga Futuristik


1. Buat Perencanaan Awal yang Matang 

Perencanaan ini antara lain menyangkut destinasi wisata, waktu keberangkatan, waktu dan lamanya bepergian, saat peak season atau low season. Perencanaan ini akan berpengaruh terhadap beberapa pengeluaran seperti tiket pesawat, biaya penginapan, dan sebagainya. 


2. Hitung Semua Kebutuhan Liburan 

Perincian kebutuhan liburan harus sudah dihitung di awal, antara lain menyangkut kebutuhan transportasi, akomodasi, kebutuhan makan, camilan, objek wisata, dokumen perjalanan, dan biaya oleh-oleh. 


3. Siapkan Dana Ekstra 20 Persen 

Ketika Anda sudah menghitung seluruh kebutuhan liburan, tambahkan dana tersebut sebanyak 20 persen. “Misalnya dana yang diperkirakan Rp20 juta, siapkan Rp24 juta,” ujar Pandji.

Menurut Pandji, dana ini dimaksudkan untuk mengakomodir keinginan mendadak yang berlebih pada saat liburan. Dana ekstra ini juga untuk menghindari penggunaan dana darurat. Seandainya dana ekstra tersebut tidak terpakai bisa digunakan lagi untuk investasi atau keperluan lainnya.

“Jadi liburan tidak merasa bersalah karena memakai dana lain,” tambahnya. 

Baca juga: 5 Destinasi Kota Wisata Perbukitan, Cocok untuk Glamping bareng Keluarga di Liburan Nataru


4. Buat Dana Liburan 

Jika sudah menghitung semua kebutuhan dana liburan, kalian bisa langsung membaginya apakah dalam waktu 2 tahun, 1 tahun atau 6 bulan dana liburan tersebut dapat terkumpul. Idealnya, jika waktunya kurang dari 2 tahun, sarana yang paling tepat adalah dengan menabung. 

Namun, perlu diingat dana yang disisihkan per bulan jangan sampai mengganggu pos-pos pengeluaran yang lain. Agar tidak memberatkan, upayakan untuk tabungan dana liburan tidak lebih dari 5 p ersen atau 10 persen penghasilan. Dengan demikian, kesehatan keuangan kalian tidak terganggu. 


5. Siapkan Mata Uang Lokal, Dolar AS, Kartu Debet, dan Kartu Kredit 

Pengalaman jika kalian berlibur hanya membawa kartu kredit dan kartu debet, kebutuhan uang selama di sana tercukupi, tetapi jangan kaget jika kalian melihat rekening tiba-tiba banyak terpotong biaya-biaya transaksi penarikan dana atau belanja. Jadi penting sekali untuk membawa mata uang negara destinasi. 

Sebaiknya, tukar uangnya ketika di Indonesia karena nilai tukar kursnya lebih bagus dan tukarkan dalam berbagai pecahan valuta. Untuk jaga-jaga, silahkan juga jika Anda ingin membawa uang dalam bentuk Dolar AS secukupnya.


6. Siapkan Biaya Oleh-Oleh 

Salah satu kebiasaan orang Indonesia ketika berpelesir ke luar negeri adalah membawa oleh-oleh. Selain itu orang Indonesia cenderung lebih konsumtif dibandingkan dengan negara lain. Dua barang yang terbilang ampuh sebagai buah tangan adalah kaos dan gantungan kunci. Dua barang tersebut bisa diperoleh dengan harga miring. 

Namun, riset dulu sebelum pergi di mana tempat untuk membeli kedua barang itu dengan harga bagus, sehingga pos untuk oleh-oleh bisa dihemat. 

“Jangan lupa juga buat daftar nama kerabat atau kolega yang penting untuk Anda berikan oleh-oleh,” tambahnya. Dengan perencanaan yang matang sebelum bepergian, Anda bisa meminimalkan kantong jebol akibat belanja yang tak terarah. 

Baca juga: Tips Persiapan Liburan Bareng Anak Saat Momen Nataru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Tempat Instagramable di Hong Kong, Cocok untuk Liburan Natal dan Akhir Tahun

BERIKUTNYA

3 Serial Original Genflix Siap Meluncur, Usung Genre Drama Romantis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: