Ilustrasi ibu dan anak yang bahagia. (sumber gambar: Ketut Subiyanto/Pexels)

Moms, Ini 4 Kunci Menjaga Mood Agar Bahagia

19 December 2022   |   20:20 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Peran seorang ibu sangat penting dalam proses pendidikan dan tumbuh kembang anak. Bahkan, perannya dimulai sejak bayi masih di dalam kandungan yang dapat merespons atau merekam stimulus, hingga fase tumbuh kembang anak.

Keberhasilan parenting dan pendidikan karakter seorang anak itu justru harus dimulai dari ibu yang bahagia. Apabila seorang ibu merasa bahagia, dia akan dapat menjalankan perannya dengan emosi yang stabil. Kebahagiaan yang dirasakan seorang ibu dapat memberikan energi positif untuk keluarganya dan lingkungan di sekitarnya.  

Baca juga:Ibu Hamil Boleh Menikmati Libur Nataru, Perhatikan Hal Ini

Menurut Alexa Priscilla, Chief Executive Officer (CEO) Stress Management Indonesia, ketika seorang Ibu bahagia, dia akan dapat mengoptimalkan potensinya. Untuk itu, Coach Pris menekankan pentingnya buat moms semua untuk menjaga mood tetap baik dan positif dalam keseharian. 

Adapun, untuk menciptakan suasana yang positif itu, berikut beberapa tip yang dapat membantu meningkatkan mood agar senantiasa terjaga baik.


1. Tidur Nyenyak 

Kekurangan tidur akan lebih sulit untuk mengendalikan emosi, bahkan cenderung bereaksi daripada menanggapi situasi dengan tepat. Apalagi jika insomnia kronis dapat memunculkan segala macam masalah kesehatan termasuk kesehatan otak. 

Mungkin moms tidak mendapatkan waktu tidur yang banyak, tapi dengan memanfaatkan waktu yang ada, bisa meningkatkan kualitas tidur meski hanya beberapa jam.
 

2. Meditasi untuk Menenangkan Pikiran

Meditasi adalah cara yang bagus untuk bersantai dan memulihkan tenaga. Mengambil waktu istirahat, bahkan hanya beberapa menit, untuk berkonsentrasi pada pernapasan sambil mengesampingkan kekhawatiran, dapat membantu bunda untuk fokus pada hal-hal penting dalam hidup terutama sang buah hati.

Baca juga: Moms! Begini Cara Alami Redakan Sakit Pada Anak dengan Pijatan

Lebih lanjut, bunda juga bisa mengikuti program Meditasi Menguasai Pikiran yang akan menenangkan emosi dan membantu menguasai pikiran.


3. Menuliskan Apa yang Penting

Dengan menentukan dan menuliskan apa yang penting bagi di atas kertas, seperti parenting goals atau cita-cita buah hati, dapat membuat moms lebih fokus pada tujuan. Hal tersebut bisa membantu bunda untuk lebih mudah mencapai parenting goals. Kegiatan menulis tersebut juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, mengurangi kecemasan, dan pastinya merasa lebih bahagia.


4. Kenali Jenis Otak

Tahukah moms kalau ternyata kondisi otak setiap orang itu berbeda loh! Ada lebih dari satu pola otak yang terkait dengan kepribadian dan kesehatan mental. 

Mengetahui tipe otak bunda serta anak dapat membantu untuk lebih mengenal diri sendiri dan Si Kecil sehingga bisa menjadi lebih percaya diri. Bunda bisa mencoba basic brain discovery untuk mengetahui tipe otak yang mencerminkan potensi diri dan menemukan kembali diri.

Itulah empat tip meningkatkan mood agar lebbih bahagia. Menjaga kestabilan emosi dan mood itu sangat penting karena akan berpengaruh terhadap suasana dan keharmonisan di rumah. Kebahagiaan yang dirasakan seorang ibu, bahkan dapat memberikan energi positif untuk keluarga dan lingkungan di sekitar. 

Baca juga: Fakta Unik tentang Otak Kanan dan Otak Kiri, Yuk Cek Sisi Kecerdasan Kalian!

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

10 Video Musik Terpopuler di YouTube 2022, Mana Favorit Genhype?

BERIKUTNYA

Mengenal Jubah Bisht yang Dipakai Lionel Messi di Piala Dunia 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: