Ilustrasi bendera merah putih (sumber gambar Unsplash/prananta haroun)

Sejarah & Daftar Ucapan Hari Bela Negara yang Diperingati Tiap 19 Desember

19 December 2022   |   17:09 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Bangsa Indonesia tiap tahunnya pada 19 Desember selalu memperingati perayaan Hari Bela Negara. Tahun ini, Hari Bela Negara telah terlaksana hingga ke-74 kalinya sejak pertama kali dilakukan pada 1948, atau tiga tahun setelah proklamasi berkumandang di Jakarta.

Dalam sejarahnya, Hari Bela Negara tidak bisa dilepaskan dari peristiwa agresi militer II di Yogyakarta pada 1948. Selain itu juga merujuk kepada peristiwa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) setelah Belanda berhhasil menganeksasi Yogyakarta di tahun yang sama.

Baca juga: Tema Hari Guru Nasional 2022 & 10 Ucapan untuk Merayakannya

Peristiwa itu pun membuat rakyat di berbagai daerah melakukan long march dan melawan Belanda untuk mempertahankan kemerdekaan. Tak sedikit nyawa para pejuang yang gugur dalam pertempuran perang rakyat semesta itu. Adapun, Agresi militer II baru berakhir dengan ditandatanganinya Perjanjian Roem-Royen pada 7 Mei 1949.

Untuk Menghargai peristiwa dan perjuangan setiap tokoh yang gugur dalam Agresi Militer II lalu dibuat Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 28 Tahun 2006. Dalam perpres itu disebutkanbahwa setiap 19 Desember akan diperingati sebagai Hari Bela Negara.

Adapun, pada tahun ini, tema Hari bela negara adalah bangkit bela Negara Indonesiaku.

Nah, sebagai warga negara yang baik, kita juga bisa ikut menyemarakkan Hari Bela Negara dengan membagikan berbagai ucapan penuh makna inspiratif mengenai patriotisme lewat medsos. Berikut adalah daftar ucapan Hari Bela Negara yang biasa digunakan sebagai referensi.

Baca juga: Profil Hendra Gunawan, Seniman Bernyali Perang

1. Patriotisme adalah keyakinan mutlak untuk mencintai keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selamat Hari Bela Negara untuk seluruh masyarakat Indonesia.

2. Selamat memperingati Hari Bela Negara 2022 untuk seluruh masarakat Indonesia. Mari kita cintai negeri indah ini dengan merawatnya sesuai kemampuan kita masing-masing. Jaya Indonesiaku!

3. Selamat Hari Bela Negara yang ke-74 untuk Indonesiaku. Bangkit bela negara kita bersama untuk kejayaan selalu Indonesia!

4. Tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Mari kita jadikan momen Hari Bela Negara ini untuk lebih mencintai Indonesia ke depannya. Jayalah selalu negaraku!

5. Jangan pernah tanyakan apa yang bisa negara berikan untuk kita, tapi tanyakan apa yang dapat kita berikan untuk negeri Indonesia tercinta. Selamat Hari Bela Negara 2022!

6. Bersedia mengorbankan waktu dan pikiran untuk kemajuan Tanah Air adalah bentuk rasa cinta kita pada Indonesia. Selamat Hari Bela Negara 2022. Bangkit dan selalu jaya negeriku!

7. Selamat Hari Bela Negara 2022, semoga kita dapat selalu mencintai dan terus membela NKRI hingga titik darah penghabisan. Mari tumbuhkan semangat patriotisme dalam sanubari kita untuk Indonesia  tercinta.

8. Gantungkan cita-citamu setinggi langit! belalah negaramu sampai titik darah penghabisan. Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Selamat Hari Bela Negara untuk semuanya!

9. Tak perlu keluar darah untuk membela negara, sebab dengan pikiran yang baik terhadap keutuhan NKRI kita sudah menjaga negara dari paham-paham yang mengancam negeri kita tercinta. Selamat Hari Bela negara!

10. Maju tak gentar membela yang benar. Maju tak gentar membela Keutuhan bangsa Indonesia. Selamat Hari Bela Negara, mari terus kita jaga kekompakan untuk negara kita lebih baik ke depannya.

Baca juga: Didapuk Jadi Duta, Ini Arti Bela Negara bagi Agnez Mo

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Komik Panji Tengkorak Bakal Dibikin Film Animasi

BERIKUTNYA

Nadin Amizah Siapkan Pertunjukan yang Personal dalam Konser Selamat Ulang Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: