Garam laut bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. (Sumber gambar : Freepik/Cookie-studio)

Cek 5 Manfaat Mandi Pakai Garam Laut

18 December 2022   |   18:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Garam laut telah lama digunakan untuk perawatan tubuh sejak zaman Yunani Kuno. Garam yang mengandung mineral dengan tekstur yang variatif ini dipercaya bukan hanya mempercantik tampilan kulit, namun juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan hingga bersifat terapeutik. 

Garam laut diperoleh secara alami dari penguapan air laut. Garam laut mengandung mineral seperti magnesium, kalsium, seng, besi, dan kalium. Menambahkan sedikit garam laut ke bak mandi disebut-sebut dapat merangsang sirkulasi darah, meringankan kram otot, membantu meringankan kekakuan pada sendi, dan banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan. 

Baca juga4 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit, Begini Cara Menggunakannya

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mandi atau berendam dengan garam laut:


1. Relaksasi tubuh dan atasi cedera otot

Mandi menggunakan garam laut terbukti efektif meleamaskan otot yang tegang. Tubuh pun menjadi lebih rileks dan segar, semua karena kandungan mineral yang ada di dalamnya. Relaksasi ini dikenal dengan istilah balnoterapi. 

Garam laut yang kaya magnesium juga membantu meredakan kejang otot dan kram. Jadi, setelah berolahraga, berendam dengan garam laut bisa menjadi pilihan.


2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jika teratur mandi dengan garam laut, mineral yang terkandung di dalamnya akan menyerap ke dalam tubuh. Dengan demikian, hal tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita dari penyakit.

Beberapa produk garam laut pun dirancang untuk sifat antibakteri. Dengan demikian, berendam menggunakan garam tersebut, terutama ditambah dengan air hangat, mamu menghilangkan patogen sambil mencegah mikroba berbahaya.

Ilustrasi mandi menggunakan garam laut. (Sumber gambar : Freepik)

Ilustrasi mandi menggunakan garam laut. (Sumber gambar : Freepik)


3. Tingkatkan kualitas tidur

Saat mandi menggunakan garam laut dan air hangat, dianggap mampu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena efek relaksasi yang diciptakan, terutama saat kamu cemas atau tegang. 

Selain itu, rasio paparan air garam yang tepat dapat membantu kamu meminimalisir buang air kecil pada malam hari. Dengan demikian, kamu tidak lagi terbangun saat malam yang dapat mengganggu kualitas tidur. 


4. Melembutkan kulit

Mengutip Woman and Woman Spa, kandungan mineral yang ada pada garam laut sudah terbukti meremajakan kulit mati. Efeknya, kulit jadi terasa lembap dan lebih lembut. 

Garam laut yang memiliki tekstur kasar juga bisa dijadikan scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati. Cukup campurkan gara laut dengan minyak esensial atau zaitun di dalam wadah. Aduk rata dan balurkan campuran tersebut ke tubuh, lalu gosong perlahan. 


5. Menghilangkan bau badan

Penyebab bau badan bukan karena badan kotor atau jarang mandi saja. Menurut Dokter Robert Segal, bau badan bisa juga timbul karena kekurangan magnesium. Nah, magnesium sendiri memiliki fungsi untuk menghilangkan bau badan secara internal. 

Baca juga: 5 Manfaat Buah Menteng untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Anemia

Kekurangan magnesium bisa dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi gula, kafein, serta makanan olahan pabrik. Untuk mengatasi problem tersebut, bisa dengan sering makan sayuran hijau, kemudian rajin mandi dengan garam laut agar proses penyerapan bau badan bisa lebih efektif.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Wisata di Argentina, Ada Air Terjun Iguazu dan Teatro Colon

BERIKUTNYA

Kaleidoskop Seni Rupa Indonesia 2022: Optimisme Bergeliat di Ruang Pamer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: