Buah menteng banyak memiliki kandungan zat gizi termasuk, kalsium, karbohidrat, vitamin A, B1, C, protein, dan zat besi. Ilustrasi buah menteng (Pexels/iStock)

5 Manfaat Buah Menteng untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Anemia

26 November 2022   |   18:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki keanekaragaman  buah dengan segudang manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah buah menteng. Dikenal dengan rasannya yang masam tapi menyegarkan ternyata buah ini memiliki banyak kandungan gizi  yang baik untuk tubuh loh Genhype.

Memiliki daging  putih dan kadang kala merah segar, buah menteng juga banyak memiliki kandungan zat gizi termasuk, kalsium, karbohidrat, vitamin A, B1, C, protein, zat besi, lemak, fosfor, dan masih banyak lagi yang pastinya sangat berguna untuk kesehatan tubuh seseorang.

Baca juga: 5 Buah Terbaik Untuk Membantu Kesehatan Mata, Mana Pilihanmu?

Secara umum, menteng atau baccaurea racemosa merupakan salah satu tanaman dari Melanesia bagian barat. Pohon jenis ini banyak ditemui di kawasan Asia Tenggara, termasuk Sri Lanka, Filipina, Malaysia, Indonesia, dan Thailand.

Di Indonesia, buah ini juga memiliki nama-nama berbeda di setiap daerah, yakni kepundung di Jawa, Rambai di Minang, dan Rambe daerah Sumatera Selatan. Nah, biar enggak penasaran mengenai manfaat buah menteng, yuk simak rangkuman Hypebais.id dari berbagai sumber dalam ulasan berikut.
 

1. Sumber Antioksidan 

Dengan rasanya yang segar, buah menteng banyak mengandung komponen seperti fenolat, flavonoid, dan fenol. Ketiganya termasuk dalam senyawa antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan atau radikal bebas. 

Maka dari itu dengan mengonsumsi buah menteng secara rutin dapat meminimalkan risiko beberapa penyakit kronis termasuk jantung, dan kanker. Uniknya, kandungan antioksidan itu tidak hanya ada dalam buahnya saja, tapi termasuk kulitnya yang dapat dijadikan sebagai obat.
 

2. Melancarkan Sistem Pencernaan 

Manfaat lain dari buah menteng adalah dapat membantu melancarkan sistem pencernaan serta menyembuhkan diare. Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan asam galat yang berfungsi sebagai anti bakteri. Selain itu buah menteng juga disebut memiliki potensi untuk melancarkan haid pada wanita.


3. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah menteng juga dapat mengatasi anemia bila  dikonsumsi secara rutin. Sebab zat besi dapat membantu meningkatkan jumlah hemoglobin. Dalam hal ini melalui protein pada sel darah merah yang nantinya akan membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.


4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kaya akan vitamin C buah menteng juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang agar terhindar dari serangan virus atau bakteri penyebab penyakit. Selain iu, vitamin C juga dapat membantu memperkuat pertahana kulit agar tetap sehat dan kencang. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kalian cukup mengonsumsi 4-6 buah menteng setiap harinya.


5. Menyehatkan Gigi dan Tulang

Di dalam buah menteng juga terdapat kandungan kalsium yang dapat membantu menyehatkan gigi dan tulang. Bagi anak-anak dan remaja, kalsium juga sangat dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembang seseorang. terlebih bagi orang tua yang dapat mencegah pengapuran pada tulang.

Tak hanya itu, kandungan kalsium dalam buah menteng juga bagus untuk perkembangan bayi bagi ibu yang sedang hamil. Sebab, dengan mengonsumsi buah menteng secara teratur dan tidak berlebihan akan semakin menguatan tulang bayi selama masa kehamilan.

Baca juga: Minum Jus Buah Ternyata Bisa Bikin Gemuk, Begini Penjelasan Medisnya
 

SEBELUMNYA

Profil Jisoo, Member BLACKPINK yang Jadi Incaran Brand Fashion Mewah

BERIKUTNYA

Mau Traveling ke Wakatobi? Jangan Lupa Kunjungi 5 Destinasi Wisata Ini 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: