Logo Samsung (Sumber gambar : Jonathan Kemper)

Cek Arti di Balik Nama Brand Smartphone Dunia, mulai dari Samsung, Oppo hingga iPhone

16 October 2022   |   18:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, dan iPhone merupakan beberapa brand yang menghiasi pasar ponsel pintar alias smartphone di Indonesia. Memiliki ragam seri dan tipe dengan fitur-fitur andalan, harga dari tiap merek ini tentunya cukup bervariasi.

Ada yang dibuat khusus untuk kalangan kelas wahid, tetapi tidak sedikit yang menyesuaikan kantor masyarakat menengah ke bawah.

Baca juga: Mari Berkenalan dengan Konsol Gim Baru Razer Edge 5G 

Sejauh ini, Oppo menjadi penguasa pasar ponsel di Tanah Air dengan penjualan 2 juta unit pada periode kuartal II/2022 menurut laporan IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker. Diikuti Samsung 1,9 juta unit, Vivo 1,7 unit, Xiaomi 1,5 juta unit, dan Reaelme 1,2 juta unit.

Lepas dari penjualan tersebut, kamu penasaran enggak sih dengan nama-nama di balik vendor smartphone tersebut? Buat pengetahuan kamu sebagai pengguna, beriku arti nama vendor smartphone kesayangan kamu.
 

1. Samsung

Samsung adalah perusahaan yang membuat smartphone Android paling populer di dunia. Namun demikian, kamu tahu enggak arti nama Samsung?

Dalam bahasa Korea, kata Samsung artinya tiga bintang. Nama merek ini dipilih oleh pendiri Samsung Lee Byung-chull pada awal perusahaan dengan gagasan bahwa suatu hari perusahaan tersebut akan menjadi kuat dan abadi seperti bintang di langit. Sam atau tiga dalam bahasa Korea digunakan sebagai simbol, representasi untuk sesuatu yang besar dan kuat. 
 

2. Xiaomi

Sebelum muncul nama Xiaomi, pendirinya, Lei Jun mengaku ada beberapa calon nama untuk vendor pionir smartphone murah ini. Nama pertama adalah Red Star, namun bermasalah dengan hak cipta. 

Opsi kedua yakni Xuande yang mirip dengan lokasi meeting resmi pertama mereka pada 14 Januari 2010, tetapi bunyinya dianggap kurang pas. Opsi nama lain pun terus bergulir hingga para pendiri sepakat memilih nama Xiaomi. 

Xiaomi dalam bahasa China memiliki arti beras kecil. Ternyata nama ini pun memiliki makna yang cukup dalam. Lei Jun menghubungkan kata Xiao konsep Buddhis bahwa sebutir beras sama besarnya dengan gunung.  Sementara Mi mengacu pada akronim internet seluler. 
1
2


SEBELUMNYA

Mari Berkenalan dengan Konsol Gim Baru Razer Edge 5G 

BERIKUTNYA

Resep Kue Basah yang Manis dan Jadi Favorit Keluarga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: