Ilustrasi penggunaan Google Chrome (Sumber gambar: Firmbee/Unsplash)

Cek 3 Cara Mengurangi Penggunaan RAM di Google Chrome

12 December 2022   |   15:36 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Google Chrome merupakan salah satu web browser yang banyak dipilih oleh pengguna gawai elektronik. Untuk pengguna komputer, Chrome acap kali disandingkan dengan layanan Mozilla. Namun, popularitas mesin pencari Google semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. 

Laporan Google mengestimasikan sekitar 2,65 miliar pengguna internet di dunia menggunakan layanan Chrome sebagai browser utamanya. Hal didorong oleh kemudahan pemakaian oleh para pengguna, dengan adanya fitur integrasi dengan akun Google yang dimiliki. 

Namun demikian, di balik kemudahan itu, Chrome seringkali menjadi penyebab habisnya memori perangkat kita. Pasalnya, Google Chrome cukup memakan banyak RAM. Hal ini dikeluhkan oleh para pengguna dengan kapasitas RAM yang tidak terlalu besar. 

Untuk itu, pengguna Google Chrome harus pintar mencari cara guna menghemat dan mengurangi kapasitas RAM yang dipakai. Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Simak yuk!

Baca jugaSimak 6 Tips Simpel untuk Memaksimalkan Memori Penyimpanan Smartphone
 

Ilustrasi penggunaan Google Chrome (Sumber gambar: Deepanker Verma/Pexels)

Ilustrasi penggunaan Google Chrome (Sumber gambar: Deepanker Verma/Pexels)


1. Hindari Terlalu Banyak Membuka Tab

Genhype, apakah kalian sering membiarkan banyak tab aktif yang terbuka di Google Chrome? Biasanya tab aktif banyak dibuka untuk keperluan pencarian referensi mulai dari membuka email, YouTube, Google, dan yang lainnya. Secara tidak langsung, penggunaan tab aktif tersebut bisa menyebabkan RAM mudah penuh.  

Oleh sebab itu, cobalah untuk meminimalkan pembukaan tab aktif supaya RAM tidak mudah penuh. Kamu juga bisa memanfaatkan extension TooManyTabs di Chrome untuk memilih tab yang akan ditutup sementara sebelum digunakan kembali. Hal tersebut akan membantu proses browsing jadi lebih cepat.
 

2. Bersihkan Extension Chrome

Selain tab aktif, membersihkan extension pada Google Chrome juga merupakan hal penting untuk membuat memori lebih irit. Cek extension dan hapus secara berkala apabila sudah tidak dibutuhkan. Jika tidak memungkinkan untuk dihapus, kalian bisa menonaktifkan extension sementara hingga digunakan kembali.

Caranya, buka laman Chrome kemudian klik more tools dan pilih Extensions. Klik tulisan Delete kemudian Confirm untuk menghapus extension yang ingin dihilangkan. Pengurangan extension akan menyebabkan memori RAM lebih berkurang. Terlalu banyak extension juga akan menyebabkan kinerja komputer menjadi lebih lambat.


3. Manfaatkan Fitur Task Manager

Task Manager merupakan salah satu fitur operasi yang cukup jarang digunakan. Ternyata, task manager memiliki fungsi untuk memantau proses dan aplikasi yang berjalan di perangkat komputer. Task Manager ini merupakan aplikasi bawaan dari sistem operasi Windows sehingga kamu bisa langsung menggunakan fiturnya tanpa install terlebih dahulu.

Caranya, klik more tools dan pilih task manager pada halaman browser Google Chrome. Akan ditampilkan deretan aplikasi yang sedang berjalan di browser. Kamu dapat melihat proses browsing yang paling banyak memakan memori pada bagian tab Memory Footprint. Pilihlah tab atau extension yang perlu dinonaktifkan kemudian klik End Process agar tidak terlalu banyak memakan RAM pada komputer.

Baca jugaMau Beli Memori? Simak Dulu Perbedaan Antara HDD & SSD

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tim Mobile Legend Bang Bang Indonesia Raih Juara IESF WEC 2022

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Museum Estetik di Jakarta, Cocok Buat Ide Kencan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: