Ilustrasi penyimpanan di smartphone (dok. Freepik)

Simak 6 Tips Simpel untuk Memaksimalkan Memori Penyimpanan Smartphone

09 December 2021   |   22:02 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ponsel pintar atau smartphone saat ini umumnya telah memiliki memori penyimpanan (storage) yang besar. Standar saat ini yang beredar di pasar 64GB, yang sudah cukup untuk keperluan menyimpan fail dan aplikasi ringan.

Tentunya, memiliki penyimpanan yang lebih besar akan membantu kita untuk bisa menaruh fail dan menginstal aplikasi lebih banyak. Kendati begitu, masih banyak orang yang belum memanfaatkan penyimpanan secara lebih bijak.

Dilansir dari Gadgets Now, Kamis (9/12) berikut ini adalah beberapa langkah atau tips dasar untuk memaksimalkan penyimpanan di ponsel Android yang kalian miliki :

1.  Menyimpan foto dan video secara daring

Foto dan video adalah salah satu item yang menghabiskan banyak ruang di ponsel. Jadi cobalah untuk menyimpannya secara daring ke layanan penyimpanan cloud seperti Google Photo yang menyediakan penyimpanan gratis hingga 15GB.

2. Tautkan perangkat dengan layanan penyimpanan daring

Bagi kebanyakan orang, ponsel juga telah menjadi peranti komputer. Kita bisa mengakses banyak fail dan media melalui perangkat. Untuk memastikan tidak boros penyimpanan, tautkan kaun ke layanan awan seperti Google Cloud, Microsoft OneDrive, dan yang lainnya.

3. Menghapus film, musik, dan media lain yang diunduh teratur

Pastikan kalian menghapus fail media seperti musik, film, dan lainnya yang telah diunduh secara teratur. Hal ini seringkali terlupa dan penyedia layanan tidak selalu menawarkan fitur hapus otomatis.

4. Menghapus aplikasi yang tidak digunakan

Melakukan penghapusan atan mencopot aplikasi yang tidak banyak digunakan bisa mengurangi beban memori penyimpanan perangkat. Pasalnya, tak jarang kita mengunduh aplikasi yang diperlukan untuk kebutuhan spesifik dan tidak lagi menggunakannya.

5. Membersihkan chace dan data aplikasi

Kalian bisa menghapus chace dan data aplikasi melalui menu Pengaturan ponsel, bervariasi tergantung vendor tapi umumnya sama. Ini akan menghapus data sementara dan menambah ruang bagi penyimpanan.

6. Membersihkan foto/video dari WhatsApp

WhatsApp telah menjadi aplikasi yang banyak digunakan untuk berinteraksi, termasuk pengiriman berbagai media. Menyimpan fail dari aplikasi ke galeri bisa memakan penyimpanan yang besar, jadi pastikan kalian menonaktifkan pengaturan Simpan ke Galeri ( Save to Gallery)

Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

10 Film Terbaik pada 2021 Versi Rotten Tomatoes

BERIKUTNYA

Element Aransemen Ulang Lagu Cinta Sejati yang Sempat Ngehits

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: