Pasangan pengantin Erina dan Kaesang duduk di pelaminan. (Sumber gambar : Youtube Presiden Jokowi)

5 Fakta Unik Pernikahan Kaesang-Erina, dari Busana hingga Lokasi Tasyakuran

10 December 2022   |   16:08 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Putra Bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep akhirnya akan melepas masa lajang dan mengucapkan janji suci pernikahan setelah menjalin hubungan dengan finalis Putri Indonesia 2022 Erina Gudono. Prosesi akad nikah itu akan berlangsung hari ini, Sabtu (10/12), di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Yogyakarta.

Pada acara akad nikah yang mulai dilangsungkan pada pukul 13.00 WIB itu juga  diisi dengan berbagai prosesi adat Jawa untuk menyempurnakan upacara pernikahan. Beberapa di antaranya termasuk panggih pengantin yang mempertemukan kedua mempelai dalam keadaan suci.

Baca juga: Festival Budaya Jadi Tema Pernikahan Kaesang & Erina

Kemudian upacara adat juga diikuti dengan penyerahan pisang sanggan, balangan gantal atau lempar sirih, dan upacara injak telur. Lalu upacara dilanjutkan dengan ranupada atau prosesi membasuh kaki menggunakan air, hingga dhahar klimah berupa penyuapan nasi kuning pada Erina yang bermakna istri patuh pada suami.

Selain itu, para pengantin yang telah menjalani ijab kabul diharapkan juga  dapat memulai hidup baru dengan lancar, berada dalam keadaan yang bersih, dan suci. Nah, bagi yang penasaran ada fakta unik apa saja dalam pernikahan tersebut, yuk simak ulasan Hypeabis.id berikut.
 

1. Penggunaan Busana

 

Erina dan Kaesang duduk di pelaminan. (Sumber gambar : Youtube Presiden Jokowi)

Erina dan Kaesang duduk di pelaminan. (Sumber gambar : Youtube Presiden Jokowi)

Dalam prosesi ijab kabul yang berlangsung di pendopo Royal Ambarukmo Yogyakarta, Erina dan Kaesang terlihat mengenakan busana pengantin bernuansa putih. Sebelumnya wanita berusia 25 tahun itu juga datang menggunakan kereta kencana dengan memakai riasan paes ageng Yogyakarta dalam momen tersebut.

Adapun, dari keluarga Kaesang terlihat seragam mengenakan busana bernuansa sama, termasuk Presiden Jokowi dan ibu negara yang cenderung bernada emas. Lalu Selvi Ananda, istri Gibran Rakabuming dan Kahiyang Ayu mengenakan balutan kebaya bernuansa peach.

Baca juga: Sempat Tegang & Berkeringat, Intip Potret Kaesang yang Sah Nikahi Erina


2. Saksi Nikah

 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono danMenteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.   (Sumber gambar : Youtube Presiden Jokowi)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono danMenteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. (Sumber gambar : Youtube Presiden Jokowi)

Acara prosesi akad nikah Kaesang dan Erina dimulai pukul 13.00 WIB dengan penghulu Kepala Kantor Urusan Agama Depok, Sleman, Yogyakarta, Muhammad Wiyono. Adapun saksi nikah kedua mempelai adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bakal bertindak sebagai saksi mewakili pihak keluarga Kaesang. 

Sementara itu, dari pihak Erina Gudono diwakili oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Setelah acara akad nikah berlangsung Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga turut berpartisipasi sebagai khotib, atau orang yang menyampaikan khotbah nikah dalam acara tersebut.


3. Allen Gudono Jadi Wali Nikah Erina

Allen Adam Gudono yang merupakan kakak lelaki Erina juga menjadi wali nikah pernikahan tersebut lantaran sang ayah telah meninggal pada 2016. Dirangkum dari berbagai sumber, Allen merupakan anak sulung dan satu-satunya anak laki-laki dari pasangan Profesor Gudono dan Sofiatun Gudono.

Allen merupakan alumni lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dari sana dia lalu melanjutkan pendidikan ke HS Nordhausen dan Goethe University di Jerman. 

Baca juga: Sejarah Pura Mangkunegaran, Tempat Digelarnya Pesta Pernikahan Kaesang Pangarep & Erina Gudono
 

4. Jadi Festival Budaya

Rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina juga mengusung tema besar, yakni festival budaya yang nantinya akan mengajak keterlibatan warga Solo agar ikut hanyut dalam kebahagiaan yang dirasakan kedua pengantin.

Nantinya festival itu akan ditempatkan di beberapa lokasi yang kerap dikunjungi warga Solo di akhir pekan dengan 9 panggung hiburan berbasis kesenian tradisional, mulai dari gamelan hingga musik keroncong.
 

5. Tasyakuran di Tempat Bersejarah

Pesta pernikahan Kaesang dan Erina nantinya juga akan digelar di salah satu tempat bersejarah di Kota Solo, yakni Pura Mangkunegaran. Pada acara yang berlangsung pada 11 Desember 2022 itu para rombongan dijadwalkan juga bakal diarak menggunakan 10 kereta kencana.

Puro Mangkunegaran merupakan istana Mangkunegaran yang pertama kali dibangun oleh Raden Mas Said atau pangeran Sambernyawa. Dia merupakan  Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara I yang dilantik  pada 17 Maret 1757. 

Baca juga: Profil Erina Gudono, Finalis Putri Indonesia Calon Istri Kaesang Pangarep

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Festival Budaya Jadi Tema Pernikahan Kaesang & Erina

BERIKUTNYA

Kaesang & Erina Gelar Festival Kuliner Gratis, Ada Sang Pisang Hingga Mangkokku

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: