Foto Nusantara Sakti (sumber gambar: Himawan L Nugraha/Hypeabis.id/Bisnis Indonesia)

Ribuan Foto Masuk Meja Panas Juri Lomba Foto Nusantara Sakti

08 December 2022   |   12:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Sebanyak 2.716 foto telah masuk ke meja panas juri lomba foto Nusantara Sakti. Lomba yang diadakan oleh Hypeabis.id berkolaborasi dengan Bisnis Indonesia ini diikuti oleh 775 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Hingga pukul 11.30 WIB, penjurian lomba foto Nusantara Sakti masih berlangsung dengan ketat. Para dewan juri, yakni Adek Berry (Photo journalist Agence France-Presse/AFP), Firman Wibowo (Content Manager Foto Bisnis Indonesia), dan Iwan Esjepe (Creative Director/Founder Indonesia Bertindak), sesekali terlihat berdiskusi hangat untuk menentukan karya-karya yang terbaik.

 

Lomba Foto Nusantara Sakti (Sumber gambar: Himawan L Nugraha/Hypeabis.id/Bisnis Indonesia)

Lomba Foto Nusantara Sakti (Sumber gambar: Hypeabis/Himawan L Nugraha)


Lomba foto Nusantara Sakti diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-37 Bisnis Indonesia. Tema ini sengaja diambil untuk merepresentasikan sudut pandang peserta dalam memandang kuatnya Bangsa Indonesia dalam melalui berbagai tantangan beberapa tahun terakhir ini.

Pada lomba foto Nusantara Sakti ini, diharapkan para peserta bisa memberikan karya-karya visual yang ciamik sesuai dengan tema tersebut. Ini adalah ajang para fotografer, baik individu maupun komunitas, untuk menunjukkan karya-karya terbaiknya.

Salah satu dewan juri, Adek Berry, Photo journalist Agence France-Presse/AFP, mengatakan foto-foto yang telah masuk ke meja dewan juri memiliki keberagaman estetika yang indah. Dirinya melihat para peserta memiliki angle foto dan cerita yang berbeda dalam setiap karyanya.

“Saya agak kaget, ya, karena foto-foto yang dikirimkan bagus-bagus banget. Dalam lomba kali ini, tema yang diangkat kan pariwisata, budaya, dan ekonomi, itu memang tema banyak disukai orang,” ujar Berry kepada Hypeabis, saat ditemui di sela-sela penjurian, di Gedung Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta.

Secara umum, karya-karya yang masuk di perlombaan foto Nusantara Sakti dieksekusi dengan profesional. Hal itu dapat dilihat dari exposure, komposisi, maupun cerita yang akan dihadirkan dalam setiap foto.

Berry menjelaskan foto-foto yang dikirimkan juga berasal dari berbagai daerah. Oleh karena itu, lomba foto ini benar-benar menceritakan Nusantara dari berbagai sudut.

Dengan jumlah peserta yang mencapai 2.716 foto, dirinya optimistis lomba foto Nusantara Sakti sangat representatif memotret kondisi Indonesia kekinian.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

Dalam perlombaan kali ini, ada beberapa aspek yang dinilai. Hal pertama tentu ialah kesesuaian foto dengan tema perlombaan. Kedua, foto tersebut harus eye catching, meliputi warna, komposisi, maupun exposure.

Aspek ketiga yang tak kalah penting ialah keunikan atau kelangkaan. Foto yang angle-nya jarang diambil dan langka bisa membuat juri terpikat.

“Tema ini jadi hal penting. Kalau fotonya bagus banget, tetapi keluar dari tema, biasanya enggak terpilih. Akan tetapi, kalau temanya sudah masuk, nah barulah para dewan juri akan head to head,” imbuhnya.

Lomba foto Nusantara Sakti berlangsung dari 7 November-5 Desember 2022  dan terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 14 Desember 2022.

Juara 1 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp10 juta, juara 2 Rp7 juta, dan juara 3 Rp5 juta. Selain itu, 10 foto yang terpilih masuk nominasi akan mendapatkan Rp1 juta, 5 foto favorit juri mendapatkan Rp1 juta, dan 5 foto dengan like terbanyak mendapatkan Rp1 juta.

SEBELUMNYA

Sambut HUT Bisnis Indonesia, Penjurian Lomba Foto Nusantara Sakti Digelar Hari Ini

BERIKUTNYA

Makin Keren, Cek Spesifikasi dan Harga Mobil Sport Toyota GR Supra Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: