(kanan ke kiri) Photo Journalist Agence France-Presse/AFP Adek Berry, Presiden Direktur PT Jurnalindo Aksara Grafika Lulu Terianto, Creative Director/Founder Indonesia Bertindak Iwan Esjepe, Content Manager Photo Bisnis Indonesia Firman Wibowo, dan Wakil Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Fahmi Achmad berbincang saat pembukaan penjurian Lomba Foto Nusantara Sakti yang digelar Bisnis Indonesia dan Hypeabis.id (Sumber gambar: Hypeabis.id/Bisnis Indonesia/Himawan L Nugraha)

Sambut HUT Bisnis Indonesia, Penjurian Lomba Foto Nusantara Sakti Digelar Hari Ini

08 December 2022   |   10:47 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Lomba foto Nusantara Sakti Bisnis Indonesia berkolaborasi dengan Hypeabis.id, memasuki tahap penjurian pada Kamis (8/12/2022). Setelah melalui seleksi karya berdasarkan persyaratan yang ditentukan, para dewan juri akan memilih karya foto terbaik yang akan menjadi pemenang pada lomba foto tahunan ini. 

Para dewan juri terdiri atas Adek Berry sebagai Photo journalist Agence France-Presse/AFP, Firman Wibowo sebagai Content Manager Foto Bisnis Indonesia, dan Iwan Esjepe selaku Creative Director/Founder Indonesia Bertindak akan menilai foto-foto peserta dari berbagai perspektif.

Baca juga: Ini Kata Juri Soal Penilaian Karya Lomba Foto

Lomba foto yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-37 Bisnis Indonesia ini, digelar dengan mengangkat tema Nusantara Sakti.  Dengan tema ini, diharapkan para peserta dapat memberikan berbagai macam sudut pandang tentang kuatnya Bangsa Indonesia dalam melalui berbagai tantangan melalui karya-karya visual yang disajikan.

Lomba foto yang diselenggarakan Hypeabis.id berkolaborasi dengan Bisnis Indonesia adalah agenda rutin yang ditunggu dan diikuti oleh pegiat fotografi, baik individu maupun komunitas. Hal itu terbukti dalam setiap gelarannya, jumlah foto dan pesertanya terus meningkat.

Dalam lomba foto Nusantara Sakti kali ini, jumlah  karya yang diterima panitia menembus 2.716 foto dari 775 peserta yang mengikuti. Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Jurnalindo Aksara Grafika Hery Trianto mengaku bersyukur jumlah karya yang masuk kini telah menembus 2.700-an foto.

“Tentu ini bukan hal yang mudah untuk mengurasinya. Para dewan juri akan bekerja keras karena begitu banyak pilihan. Harapannya akan ditemukan foto dengan nilai seni dan nilai cerita yang sangat kuat,” ujar Hery dalam pembukaan Lomba Foto Nusantara Sakti secara virtual, Kamis (8/12).

Hery mengatakan tema Nusantara Sakti dipilih karena sangat relevan dengan kondisi Indonesia kekinian. Tema ini diharapkan bisa menggambarkan apa yang sedang terjadi di Indonesia yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami berbagai goncangan, baik sosial, ekonomi, maupun kesehatan.
 

Presdir PT Jurnalindo Aksara Grafika Lulu Terianto memberikan sambutan saat pembukaan penjurian Lomba Foto Nusantara Sakti. (Himawan L. Nugraha/Hypeabis.id)

Presdir PT Jurnalindo Aksara Grafika Lulu Terianto memberikan sambutan saat pembukaan penjurian Lomba Foto Nusantara Sakti. (Himawan L. Nugraha/Hypeabis.id)


Presiden Direktur PT Jurnalindo Aksara Grafika Lulu Terianto mengatakan gelaran lomba foto ini adalah yang kedua yang diselenggarakan tahun ini. Namun, ini juga tahun ketiga sepanjang gelaran lomba foto Bisnis Indonesia.

Lulu mengaku bersyukur antusiasme peserta dalam setiap gelaran lomba terus meningkat. Hal ini membuktikan lomba foto Bisnis Indonesia dan Hypeabis.id sudah dikenal khalayak luas.

“Jika ini dilakukan konsisten, besok-besok jumlah karyanya bisa 5.000 foto. Kalau bisa kita targetkan tahun depan karya yang masuk 5.000 foto, setuju?” katanya saat memberi sambutan dalam pembukaan Lomba Foto Nusantara Sakti, di Gedung Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta.

Lulu optimistis target tersebut bisa terealisasi tahun depan. Sebab, saat ini anak muda memiliki ketertarikan yang lebih terhadap dunia fotografi. Dunia fotografi juga kini makin mudah dilakukan karena tidak hanya mengandalkan kamera.

Kehadiran smartphone dengan kamera yang sudah canggih makin memudahkan banyak orang belajar fotografi. “Foto-foto kita enggak kalah kok sama orang luar negeri,” tegasnya.

 

Lomba foto Nusantara Sakti berlangsung dari 7 November-5 Desember 2022, dan terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 14 Desember 2022.

Baca juga: Begini Tantangan Penjurian dalam Lomba Foto

Juara 1 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp10 juta, juara 2 Rp7 juta, dan juara 3 Rp5 juta. Selain itu, 10 foto yang terpilih masuk nominasi akan mendapatkan Rp1 juta, 5 foto favorit juri mendapatkan Rp1 juta, dan 5 foto dengan like terbanyak mendapatkan Rp1 juta.

(Ikuti laporan Hypeabis lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Cara Bikin Twitter Wrapped 2022 dengan Aplikasi Floom

BERIKUTNYA

Ribuan Foto Masuk Meja Panas Juri Lomba Foto Nusantara Sakti

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: