Ilustrasi pijat bayi (Sumber gambar: Unsplash/ Danijel Durkovic)

Jenis & Manfaat Perawatan Baby Spa yang Perlu Moms Ketahui

31 October 2022   |   14:00 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Memanjakan diri di spa memang menyenangkan. Tubuh akan lebih rileks, pikiran lebih jernih, dan mood menjadi baik. Tak hanya dinikmati orang dewasa, spa juga bisa dinikmati buah hati bunda. Istilah baby spa mungkin masih sedikit asing di telinga orang Indonesia. Namun, bukan berarti sepi permintaan, terutama di kota-kota besar.

Bukan tanpa alasan para orang tua menginginkan bayinya melakukan spa. Situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkap sejumlah manfaat dari pijatan lembut yang diberikan kepada bayi. Disebutkan bahwa baby spa dapat bermanfaat dalam menciptakan rasa senang dan meningkatkan ikatan bayi dan orangtua.

Tidak hanya itu, baby spa yang dilakukan dengan pemijatan pada bayi dapat berpengaruh positif terhadap pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan si buah hati. Ada berbagai macam perawatan yang ditawarkan untuk bayi baru lahir, misalnya baby massage, baby hydro, dan perawatan tambahan untuk tumbuh kembang bayi. 

Baca jugaMoms, Pijat Bayi Penting Lho Buat Bangun Bonding Attachment

Untuk informasi lebih lanjut, Hybeabis.id coba rangkum dua produk layanan yang paling sering ditemukan di berbagai tempat yang menyediakan baby spa.
 

Baby Massage

Baby massage pada prinsipnya tak berbeda di berbagai tempat spa. Namun, setiap tempat memiliki konsep dan teknik yang berbeda-beda, seperti teknik infant massage, premature massage, baby massage, pediatric massage bahkan pijat untuk anak berkebutuhan khusus.

Infant Massage adalah pijat yang diperuntukkan untuk bayi yang baru lahir yakni berumur 2 bulan ke bawah. Tekniknya pun berbeda dengan massage pada umumnya. Tujuannya adalah untuk mempercepat putusnya tali pusar bayi dan merangsang pertumbuhan bayi melalui sentuhan.

Premature Massage diperuntukkan bagi bayi yang lahir prematur. Pijatan ini berfungsi untuk menambah berat badan. Penelitian dilakukan terhadap 20 bayi yang lahir prematur. Mereka yang dipijat 3 kali 15 menit selama 10 hari akan mengalami kenaikan berat badan 20%-47% dibanding bayi yang tidak dipijat. Sehingga bayi dapat mencapai berat badan ideal dalam waktu yang ditetapkan oleh dokter. Untuk pijat ini, setelah bayi keluar dari rumah sakit, terapis bisa dipanggil ke rumah agar si bayi bisa tetap terjaga kesterilannya.

Pediatric Massage mungkin yang paling tidak populer di Indonesia. Pijat ini diperuntukkan bagi anak yang sedang sakit atau baru sembuh dari sakit. Seperti mereka yang baru keluar dari rumah sakit dan terserang batuk-pilek. Pijat ini bisa dilakukan untuk anak berkebutuhan khusus: autis dan down syndrome.
 

Manfaat Baby Massage

Pijatan-pijatan lembut pada tubuh bayi akan membuat mereka rileks sehingga mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini akan membuat bayi semakin nyaman sehingga tidurnya bisa labih pulas. Bayi juga akan lebih sehat, karena pijatan membuat sirkulasi darah semakin baik, melancarkan pencernaan, menambah nafsu makan dan merangsang hormon pertumbuhan. Pijatan-pijatan juga akan meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Walau pijatan memberikan kenyamanan, tak sedikit bayi-bayi menangis. Maka itu, pilihlah waktu yang tepat untuk memijat bayi. Waktu yang terbaik adalah saat si kecil tidak mengantuk, tidak lapar, dan sedang aktif-aktifnya. Perlu diperhatikan juga suhu temperatur ruangan. Pastikan suhu tersebut cukup hangat bagi bayi agar tak merasa gerah ataupun kedinginan. Alas yang lembut juga membuat bayi merasa nyaman. Dan terutama adalah keterampilan terapis.

Seperti yang diketahui, tubuh bayi lebih rapuh dibanding tubuh orang dewasa, penting untuk mendapat terapis yang berasal dari kalangan profesional dan mendapat sertifikasi untuk melakukan hal ini.ada beberapa leembaga yang memberikan pelatihan khusus Baby Massage, seperti di Singapura yang memiliki Massage In School Program yang memberikan pelatihan untuk pijat bayi dan anak.
 

Baby Hydro

Saat si kecil dimandikan, ia pun sudah terlihat senang bermain air. Nah, sekarang bayangkan si kecil berenang-renang riang di sebuah kolam mini tanpa takut tenggelam. Yup, baby hydro adalah kesempatan berenang bagi si kecil dengan menggunakan pelampung di sekitar lehernya.

Baby hydro diperuntukkan bagi bayi berumur sekitar 3 bulan ke atas. Di mana struktur tubuh, terutama tulang leher si bayi sudah cukup kuat untuk menopang pelampung. Sebelum berenang, si kecil juga melakukan pemanasan lho. Gerakan-gerakan ringan seperti melipat tangan dan kaki dilakukan agar bandannya tidak kaku saat berada di dalam air.

Kolam diisi dengan air yang baru, dan suhunya disesuaikan dengan suhu tubuh si kecil. Setelah dipasangkan pelampung di sekitar lehernya, bayi kemudian dimasukkan ke dalam air. Dilihat dulu bagaimana reaksinya, apabila si kecil menangis, ia akan diangkat untuk ditenangkan terlebih dahulu. Setelah tenang, si kecil akan dimasukkan ke dalam air.

Baca jugaKenali Ragam Mainan Bayi sampai Balita, Ada Bel hingga Puzzle

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Angka Kasus Kanker Payudara Tinggi, Edukasi dan Deteksi Dini Perlu Ditingkatkan

BERIKUTNYA

8 Film Psikologis yang Wajib Ditonton, Seru & Menegangkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: