Wanita Indonesia Lebih Percaya Influencer Lokal Dibanding Artis Korea
07 December 2022 |
15:45 WIB
1
Like
Like
Like
Dalam beberapa dekade terakhir, budaya pop Korea Selatan begitu masif menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Fenomena yang kerap disebut Korean Wave itu membuat berbagai hal berbau Korea kini jadi sangat laku di pasaran, dari musik, fesyen, hingga tren kecantikan.
Banyak brand kecantikan lokal sadar akan hal itu. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka seolah berlomba bekerja sama dengan para artis Korea untuk menjadi brand ambassador produknya. Harapannya, hal itu membuat masyarakat Indonesia tertarik dan pada akhirnya membeli produk miliknya.
Penggunaan artis atau influencer untuk memasarkan produk dari brand tertentu adalah hal wajah. Sebab, sering kali keputusan seseorang dalam membeli produk dipengaruhi dari saran dari idola mereka.
Baca juga: Intip 15 Produk Lokal Peraih Penghargaan Brand Founders of The Year
Namun, dalam produk kecantikan, pengaruh menggunakan artis Korea sebagai brand ambassador ternyata tidak terlalu besar. Sebab, wanita Indonesia tidak lantas percaya dan membeli produk yang menggunakan artis Korea.
Deputy CEO Markplus Indonesia Yosanova Savitry mengatakan dengan perkembangan media sosial saat ini, peran artis dalam mempromosikan produk tertentu sudah tidak terlalu relevan. Wanita Indonesia kini lebih memercayai influencer kecantikan sebelum mereka membeli produk tertentu.
Dalam hal ini, influencer yang dimaksud bukan seseorang dengan jumlah pengikut yang banyak di media sosial. Seorang teman yang me-review produk dan akhirnya membuat orang lain tertarik juga bisa disebut sebagai influencer. Pengaruh mereka sangat besar sekarang ini.
“Lebih dari 70 persen wanita Indonesia lebih percaya influencer lokal dibandingkan artis Korea. Walaupun Korea sedang menjamur, influencer lokal dipandang lebih relevan dan dipercaya oleh wanita Indonesia,” ujar Yosanova dalam peluncuran ZAP Beauty Index 2023, di Jakarta.
Dalam survei ZAP Beauty Index 2023, diketahui wanita Indonesia lebih terpengaruh influencer lokal sebelum mereka membeli produk kecantikan. Pengaruh influencer lokal tersebut mencapai 78 persen terhadap keputusan mereka.
Selain influencer, pengaruh kedua yang dipercaya wanita Indonesia ialah artis lokal, seperti pemain film, musisi, dan sebagainya. Pengaruh artis lokal ini mencapai 23,7 persen terhadap keputusan mereka.
Sementara itu, di tengah maraknya tren dunia hiburan asal Korea, kemunculan mereka di beberapa produk kecantikan ternyata tidak terlalu signifikan memengaruhi wanita Indonesia.
Faktanya, hanya 16,3 persen wanita Indonesia yang terpengaruh artis atau pemain film Korea. Sebanyak 8,5 persen wanita Indonesia mengaku terpengaruh musisi, girlband, dan boyband Korea.
Dibanding Korea, pengaruh artis Hollywood ternyata lebih sedikit lagi. Hanya sekitar 4,9 persen wanita Indonesia yang terpengaruh membeli produk kecantikan yang diiklankan oleh artis Hollywood.
Hanya ada 0,7 persen wanita Indonesia yang terpengaruh dengan pendapat ahli kecantikan terhadap keputusan pembelian. Jumlah pengaruh tersebut sama dengan pengaruh dari komedian lokal yang mempromosikan produk kecantikan.
Ahli kecantikan, seperti dokter kulit, dermatologist, dan lainnya sebagaiknya tidak terlalu signifikan membuat wanita Indonesia percaya untuk membeli produk tertentu. Wanita Indonesia lebih memilih public figure sebagai influencer mereka dalam memilih produk kecantikan.
Baca juga: Bukan Produk Korea, Skincare Lokal Justru Paling Banyak Dicari Selama Ini
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
Editor: Gita Carla
Banyak brand kecantikan lokal sadar akan hal itu. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka seolah berlomba bekerja sama dengan para artis Korea untuk menjadi brand ambassador produknya. Harapannya, hal itu membuat masyarakat Indonesia tertarik dan pada akhirnya membeli produk miliknya.
Penggunaan artis atau influencer untuk memasarkan produk dari brand tertentu adalah hal wajah. Sebab, sering kali keputusan seseorang dalam membeli produk dipengaruhi dari saran dari idola mereka.
Baca juga: Intip 15 Produk Lokal Peraih Penghargaan Brand Founders of The Year
Namun, dalam produk kecantikan, pengaruh menggunakan artis Korea sebagai brand ambassador ternyata tidak terlalu besar. Sebab, wanita Indonesia tidak lantas percaya dan membeli produk yang menggunakan artis Korea.
Deputy CEO Markplus Indonesia Yosanova Savitry mengatakan dengan perkembangan media sosial saat ini, peran artis dalam mempromosikan produk tertentu sudah tidak terlalu relevan. Wanita Indonesia kini lebih memercayai influencer kecantikan sebelum mereka membeli produk tertentu.
Dalam hal ini, influencer yang dimaksud bukan seseorang dengan jumlah pengikut yang banyak di media sosial. Seorang teman yang me-review produk dan akhirnya membuat orang lain tertarik juga bisa disebut sebagai influencer. Pengaruh mereka sangat besar sekarang ini.
“Lebih dari 70 persen wanita Indonesia lebih percaya influencer lokal dibandingkan artis Korea. Walaupun Korea sedang menjamur, influencer lokal dipandang lebih relevan dan dipercaya oleh wanita Indonesia,” ujar Yosanova dalam peluncuran ZAP Beauty Index 2023, di Jakarta.
Dalam survei ZAP Beauty Index 2023, diketahui wanita Indonesia lebih terpengaruh influencer lokal sebelum mereka membeli produk kecantikan. Pengaruh influencer lokal tersebut mencapai 78 persen terhadap keputusan mereka.
Selain influencer, pengaruh kedua yang dipercaya wanita Indonesia ialah artis lokal, seperti pemain film, musisi, dan sebagainya. Pengaruh artis lokal ini mencapai 23,7 persen terhadap keputusan mereka.
Sementara itu, di tengah maraknya tren dunia hiburan asal Korea, kemunculan mereka di beberapa produk kecantikan ternyata tidak terlalu signifikan memengaruhi wanita Indonesia.
Faktanya, hanya 16,3 persen wanita Indonesia yang terpengaruh artis atau pemain film Korea. Sebanyak 8,5 persen wanita Indonesia mengaku terpengaruh musisi, girlband, dan boyband Korea.
Dibanding Korea, pengaruh artis Hollywood ternyata lebih sedikit lagi. Hanya sekitar 4,9 persen wanita Indonesia yang terpengaruh membeli produk kecantikan yang diiklankan oleh artis Hollywood.
Pengaruh Ahli Kecantikan Justru Kecil
Ada data yang unik dalam ZAP Beauty Index 2023. Dalam survei tersebut, pengaruh ahli kecantikan dalam mengiklankan produk beauty justru sangat sedikit.Hanya ada 0,7 persen wanita Indonesia yang terpengaruh dengan pendapat ahli kecantikan terhadap keputusan pembelian. Jumlah pengaruh tersebut sama dengan pengaruh dari komedian lokal yang mempromosikan produk kecantikan.
Ahli kecantikan, seperti dokter kulit, dermatologist, dan lainnya sebagaiknya tidak terlalu signifikan membuat wanita Indonesia percaya untuk membeli produk tertentu. Wanita Indonesia lebih memilih public figure sebagai influencer mereka dalam memilih produk kecantikan.
Baca juga: Bukan Produk Korea, Skincare Lokal Justru Paling Banyak Dicari Selama Ini
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
Editor: Gita Carla
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.