Ilustrasi generasi Z (Sumber gambar: Pexels/Polina Tankilevitch)

Genhype, Ini 3 Konten Favorit Generasi Z Sepanjang 2022 Menurut Meta

06 December 2022   |   15:44 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Generasi Z tidak pernah berhenti membawa tren-tren menarik terutama di media sosial. Mereka bisa disebut sebagai generasi awal yang melek akan teknologi sejak lahir hingga masa ini. Berdasarkan data dari Kementerian Dlaam Negeri, Indonesia tercatat memiliki 68 juta jiwa  dari 3,2 miliar generasi z di seluruh dunia.

Dengan angka lebih dari 3 miliar orang tersebut, generasi z menyumbang hingga 41 persen dari seluruh penduduk dunia loh Genhype. Tentu hal itu merupakan angka yang besar untuk menciptakan ragam gerakan dan tren yang mendorong perubahan di dunia.

Generasi yang berusi 18-24 tahun ini pun kerap kali membuat tren positif yang dapat membentuk kesadaran dalm aspek sosial, lingkungan, hingga ekonomi. Melalui survei yang dilakukan Meta bersama Populix, terdapat ragam tren yang tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga menciptakan perubahan di dunia yang dilakukan oleh generasi z.

Baca juga: Gen Z Beralih ke TikTok dan Instagram, Facebook Ditinggalkan?

Kira-kira apa saja ya? Yuk simak!


1. Koneksi dan Hiburan

Ilustrasi generasi Z (Sumber gambar: Polina Tankilevich/Pexels)

Ilustrasi generasi Z (Sumber gambar: Polina Tankilevich/Pexels)
 

Generasi Z disebut sebagai generasi yang males ribet. Makanya, mereka senang sekali menyatukan koneksi dan hiburan dalam satu tempat. Generasi Z menyukai konten dimana dia ikut terlibat di dalamnya. Misalnya, saat generasi z menonton konten hiburan sembari terus terhubung dengan penonton lainnya melalui kolom live chat, kolom komentar, atau direct message.

Mereka juga membuka media sosial dalam waktu singkat tetapi tetap dengan frekuensi yang sering. Ini juga menjawab mengapa generasi ini lebih menyukai konten video pendek seperti yang tersaji dalam Reels. Mereka juga sangat suka terlibat dalam konten sticker add yours. Yang terlaris adalah konten dump bulanan dimana setiap orang akan memposting rangkaian foto peristiwa yang dilalui dalam satu bulan. Biasanya konten ini diunggah setiap akhir bulan.


2. Aksi Sosial

Ilustrasi generasi Z (Sumber gambar: Anna Shvets/Pexels)

Ilustrasi generasi Z (Sumber gambar: Anna Shvets/Pexels)


Generasi Z juga menepis anggapan soal generasinya yang disebut apatis. Buktinya, aksi sosial masih menjadi konten favorit yang menonjol di tahun ini. Meta percaya, kepedulian generasi z terhadap isu sosial tidak lepas dari masa hidup mereka yang pernah melewati dua kali masa resesi global dan kekisruhan sosial politik.

Mereka mendorong semangat kepedulian untuk mengatasi ragam kesenjangan sosial dan menciptakan dunia yang berkelanjutan. Survei Meta juga berhasil mencatat bahwa 46 persen generasi z di Asia Pasifik lebih senang membeli produk dari brand yang men junjung tinggi tanggung jawab sosial, seperti sustainable product.
 

3. Personalisasi Identitas Digital

Ilustrasi generasi Z (Sumber gambar: Domigo Alvarez/Unsplash)

Ilustrasi generasi Z (Sumber gambar: Domigo Alvarez/Unsplash)


Jika generasi sebelumnya sudah cukup senang dengan fitur emoticon, generasi z merasa hal itu tidaklah cukup. Mereka membutuhkan sesuatu yang lebih spesifik dan sesuai dengan identitas mereka. Dari sinilah avatar lahir. Mereka mampu menciptakan identitas digitalnya sendiri melalui avatar tersebut. Media sosial Instagram juga membuat fitur avatar yang dapat dipersonalisasi sesuai keinginan setiap pengguna.

Ternyata, avatar yang paling difavoritkan generasi z sepanjang 2022 ialah avatar thumbs up, blowing kiss, dan wink. Kedepannya, bukan tak mungkin media sosial bergerak ke arah yang lebih masif. Hal ini menyysul dengan animo yang tinggi dimana 65 persen dari generasi z ingin melihat lebih banyak fitur realitas virtual lainnya di Instagram.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Diadaptasi dari Serial Prancis, Hubungi Agent Gue! Garapan Miles Film Siap Hibur Penonton Indonesia

BERIKUTNYA

Mengulik Cerita Wanderer dan Faruzan, Karakter Baru Genshin Impact Versi 3.3 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: