Pembukaan rute Korea Selatan - Bali diharapkan dapat menggaet wisatawan Korea Selatan (Sumber gambar: Pexels/ Pixabay)

Garuda Kembali Buka Rute Penerbangan Seoul - Bali, Cek Jadwalnya

05 December 2022   |   22:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Wah, Garuda Indonesia membuka kembali rute penerbangan Seoul – Bali pulang pergi (PP) nih. Diaktifkannya rute ini sebagai upaya maskapai memaksimalkan trafik kunjungan wisatawan mancanegara dari kawasan Asia Timur,  khususnya para pelancong dari Korea Selatan.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan bahwa Korea Selatan adalah salah satu negara dengan potensi kunjungan wisatawan yang menjanjikan untuk Indonesia. Dengan penerbangan ini, wisatawan dari negeri grup musik Blackpink itu dapat mengakses destinasi wisata di Indonesia.

Baca juga: 10 Maskapai Penerbangan Paling Tepat Waktu

“Di wilayah Tengah dan Timur Indonesia dengan pilihan ragam jadwal penerbangan yang lebih seamless dari salah satu hub penerbangan terdapat yang dilayani Garuda Indonesia,” katanya.

Dia menuturkan bahwa penerbangan rute Soul – Bali (PP) akan ada sebanyak dua kali setiap minggu, yakni pada Minggu dan Senin. Penerbangan dari Bandara Internasoinal Incheon, Seoul, akan menggunakan penerbangan dengan nomor GA 871.

Penerbangan itu akan berangkat dari Bandara Internasional Incheon pada pukul 11.35 waktu setempat dan akan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada pukul 17.50 WITA.

Sementara itu, penerbangan dari Bandara Internasonal I Gusti Ngurah Rai menunju Bandara Internasoinal Incheon akan menggunakan penerbangan dengan nomor GA 870 yang akan berangkat pada pukul 01.25 WITA dan tiba di Incheon pada pukul 09.15 watu setempat.

Penerbangan rute Seoul – Bali juga akan menggunakan pesawat A330 – 300 dengan kapasitas sebanyak 251 penumpang dengan komposisi 36 kursi bisnis dan 215 kursi ekonomi. Pada penerbangan perdananya, Garuda Indonesia tercatat mengangkut sedikitnya 141 penumpang menuju Bali.

“Beroperasinya layanan penerbangan internasional dari Seoul menuju Bali ini juga turut menjadi momentum penting dari upaya berkelanjutan perusahaan untuk mengoptimalkan pasar penerbangan internasional dalam mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke berbagai destinasi wisata unggulan Indonesia” katanya.


Penerbangan Domestik

Sementara itu, maskapai penerbangan Citilink mengoperasikan tiga rute baru dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan menuju Mamuju, Berau dan Banjarmasin di penerbagan domestik mulai hari ini, Senin, 5 Desember 2022.

Direktur Utama Citilink, Dewa Kadek Rai, mengatakan bahwa pembukaan rute baru ini merupakan bentuk komitmen perusahaan meningkatkan konektivitas, khususnya di Kalimantan dan Sulawesi. “Untuk turut serta berperan dalam berkontribusi mendukung percepatan pemulihan ekonomi dan pariwisata nasional serta untuk mempermudah mobilitas masyarakat,” katanya.

Dewa menambahkan bahwa pembukaan rute baru dari dan menuju Balikpapan ini juga diharapkan dapat mendukung kelancaran pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mengingat letak geografisnya yang strategis sebagai daerah penyangga IKN.

Dia menambahkan untuk rute Balikpapan-Berau pp dan Balikpapan-Banjarmasin pp akan beroperasi setiap hari, sedangkan untuk rute Balikpapan-Mamuju pp akan beroperasi tiga kali seminggu. Penerbangan rute Balikpapan menuju Mamuju, Berau dan Banjarmasin ini beroperasi menggunakan pesawat ATR 72-600.

Baca juga: Mengenal Flightradar 24, Layanan Lacak Penerbangan Pesawat Secara Online

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Reborn Rich Pecahkan Rekor Extraordinary Attorney Woo, Jadi Drakor dengan Rating Tertinggi 2022

BERIKUTNYA

Rekap Tayangan Video Populer Youtube Korea: Penyanyi Lim Young-woong Paling Digemari Sepanjang 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: