Segelas air putih yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. (Sumber gambar : Freepik)

5 Waktu yang Tepat Minum Air Putih, Bisa Cegah Depresi & Turunkan Hipertensi

05 December 2022   |   20:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Air sangat penting bagi kehidupan manusia. Bagiamana tidak, lebih dari 50 persen tubuh kita terdiri dari air dan jika kekurangan, risiko dehidrasi pun bisa muncul. Para ahli kesehatan menganjurkan untuk mengonsumsi air setidaknya 8 sampai 9 gelas atau 2 liter setiap hari. 

Dari sekian banyak jenis air, air putih atau air mineral lah yang memberi manfaat besar untuk kesehatan tubuh. Selain mencegah dehidrasi, air putih juga melancarkan pencernaan, mencegah peningkatan berat badan, mempercepat metabolisme, membantu menghilangkan racun dalam tubuh, hingga meningkatkan konsentrasi.  

Namun demikian, untuk mendapatkan manfaatnya, pilih air putih yang jernih, tidak berbau, tidak memiliki rasa, dan tidak mengandung bakteri sampai zat beracun ya, Genhype. Sebisa mungkin kalian harus konsumsi air mineral yang berasal dari mata air alami. 

Agar mendapat manfaat lebih maksimal, minumlah air putih pada waktu yang tepat. Nah, berikut ini ada beberapa waktu terbaik untuk minum air putih. 

Baca jugaSimak 4 Manfaat dari Minum Air Putih setelah Bangun Tidur


1. Bangun tidur

Waktu pertama dan salah satu yang terbaik untuk minum air putih adalah saat bangun tidur. Soalnya selama kamu tidur, tubuh tidak mendapat asupan air selama 7-8 jam. Alhasil kamu menjadi dehidrasi dan otomatis minum air saat bangun tidur bukan Menurut bebarapa penelitian yang terbit di National Library of Medicine, minum air putih pada pagi hari bukan hanya membantu kamu meningkatkan kadar hidrasi, tapi juga bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati, fungsi otak, dan energi.

Para ahli menyebut dehidrasi ringan bahkan dapat berdampak negatif pada memori, konsentrasi, tingkat kecemasan, dan kelelahan lho, Genhype. Setidaknya minum 1-2 gelas air putih saat bangun tidur ya. Ini juga membantu mempercepat metabolisme dan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. 


2. Sebelum Makan

Minum air putih 20 menit sebelum makan merupakan strategi terbaik untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa merasa lebih kenyang dan pada akhirnya mengurangi asupan selama makan. Menurut studi yang disampaikan Healthline, minum 500 ml air putih 30 menit sebelum sarapan dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi sebesar 13 persen.

Begitu pula saat makan siang ataupun malam. Kendati begitu, jangan berlebihan minumnya ya, Genhype. Jika terlalu banyak mengkonsumsi air putih, justru hal itu bisa menganggu proses pelarutan makanan dan enzim yang dibutuhkan lambung untuk mencerna makanan. 


3. Sebelum & Sesudah Berolahraga

Saat kamu berolahraga, tubuh akan kehilangan air dan elektrolit melalui keringat. Oleh karena itu, minum banyak air sebelum dan sesudah berolahraga penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu mengisi cairan yang hilang. Kekurangan cairan secara berlebihan dapat membahayakan kinerja fisik dan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit tubuh. Kekurangan air juga  menyebabkan hilangnya konsentrasi, sakit kepala, kabut otak, depresi, hingga tekanan darah tinggi.


4. Sebelum mandi

Minum air putih sebelum mandi dipercaya dapat mengencerkan kandungan natrium dalam tubuh sehingga menurunkan tekanan darah. Pembuluh darah pun melebar dan membantu pencernaan bekerja lebih baik. Namun sebaiknya kamu mandi menggunakan air hangat ya.


5. Sebelum tidur

Selain periode yang telah disebutkan di atas, waktu lain yang dinilai baik untuk air putih adalah saat sebelum tidur. Konsumsi air mineral sebelum tidur dapat mengembalikan cairan yang hilang setelah beraktivitas seharian. Degan demikian tubuh kamu terhidrasi sehingga membantu proses regenerasi sel selama tidur. 

Baca jugaBisa Fatal, Intip 5 Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Peran Perempuan Belum Masif, Kultur Kerja Perfilman Masih Dinilai Maskulin

BERIKUTNYA

Ini Wisata Alam Manado yang Wajib Dikunjungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: