Ilustrasi minum air (Sumber gambar: Andrienn/Pexels.com)

Bisa Fatal, Intip 5 Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih

30 August 2022   |   18:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Sebanyak 70 persen dari berat tubuh manusia adalah kandungan air. Air berguna untuk menjaga keberlangsungan kerja organ-organ tubuh dengan baik. Selain itu, air membantu peningkatan metabolisme dan menguras racun di dalam tubuh.

Mengonsumsi air juga menjaga kadar cairan tubuh serta membuat suhu tubuh tetap normal, yang berguna untuk aktivitas sehari-hari manusia. Untuk menjaga kerja organ tetap normal, manusia disarankan meminum 2 liter air per hari.

Selain berpengaruh kuat menjaga organ, air putih juga diperlukan untuk menjaga konsentrasi  manusai dalam beraktivitas. Kekurangan air putih dapat menyebabkan otak mengalami penurunan fungsi kerja yang akan menyebabkan sakit kepala dan kesulitan untuk fokus.

Baca jugaIngin Mulai Pola Hidup Sehat? Kenali 5 Komposisi Tubuh Ini

Namun, apa jadinya jika manusia terlalu banyak mengkonsumsi air putih? Hypeabis.id merangkum beberapa bahaya jika manusia terllau banyak minum air putih. Yuk simak!
 

1. Elektrolit tubuh berkurang

Elektrolit berperan penting dalam mendukung aktivasi sel jaringan tubuh seperti otot dan saraf. Namun terlalu banyak minum air putih justru akan membuat keseimbangan elektrolit menurun. Karena elektrolit yang menurun, maka orang yang terlalu banyak minum air putih akan merasakan nyeri otot hingga kram.
 

2. Organ ginjal bekerja keras

Kelebihan asupan air akan membuat organ ginjal kelelahan dalam memproses air yang terlalu banyak. Akibatnya, ginjal mengirimkan sinyal ke otak yang menyebabkan reaksi hormon stres dan membuat kamu merasa mudah lelah.

Sebagaimana diketahui, ginjal memiliki peran penting untuk menyaring racun dan zat berbahaya lainnya dalam tubuh. Jangan sampai merusak ginjalmu ya Genhype!
 

3. Memicu hiponatremia

Hiponatremia adalah sebuah gejala yang menyebabkan kadar natrium turun dibawah kebutuhan harian tubuh. Seringkali hiponatremia terjadi karena overhidrasi atau kelebihan minum air putih. Sementara natrium berguna untuk membantu perkembangan sel di dalam tubuh. Natrium yang kurang akan menyebabkan kamu mudah merasa lelah, mual, hingga sakit kepala.
 

4. Pembengkakan sel

Saat kadar natrium menurun drastis sementara kamu terlalu banyak konsumsi air putih, maka air akan masuk melalui membran sel semipermeable melalui proses osmosis. Proses ini akan membuang sel pada tubuh membengkak dan berakibat fatal seperti kerusakan jaringan otot hingga otak.

Baca jugaSimak Ragam Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh
 

5. Keracunan

Siapa sangka jika air putih bisa berubah menjadi racun saat dikonsumsi berlebihan? Saat mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang berlebihan, bukan tidak mungkin Genhype mengalami mual, muntah, dan sakit kepala. Ini jadi tanda khusus jika air putih yang diminum sudah melebihi batas konsumsi harian.

Beberapa kasus keracunan air bisa membawa kondisi koma hingga kematian, yang diawali dari kerusakan otak dan organ visceral. Agar tidak keracunan, disarankan untuk mengkonsumsi air putih sedikit demi sedikit sampai asupan air harian dikatakan cukup.

Genhype, itulah beberapa bahaya terlalu banyak minum air putih. Yuk takar kebutuhan minum harianmu!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Tradisi Unik Negara-negara di Dunia

BERIKUTNYA

Ini Cara Rencanakan Liburan Hemat Tanpa Ribet

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: