Indonesia memiliki gunung tertinggi yang tersebar di beberapa pulau termasuk Jawa, Sumatera, dan Papua. Ilusrasi puncak gunung (sumber gambar Unsplash/ Marek Piwnicki)

Daftar 7 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada Semeru & Carstensz Pyramid

05 December 2022   |   15:28 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

5. Gunung Rinjani, Lombok

 

Ilustrasi Gunug Rinjani (sumber gambar Unsplash/Eugene Chow)

Ilustrasi Gunung Rinjani (sumber gambar Unsplash/Eugene Chow)

Terletak di gugusan Kepulauan Sunda kecil atau Nusa Tenggara Barat tepatnya di Lombok, Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Rinjani merupakan gunung berapi aktif  yang saat ini bisa dilhat dari kepundan anak gunung barunya di Danau Segara Anak.

Secara administrasi Gunung Rinjani berada di bawah naungan Taman Nasional Gunung Rinjani. Rute pendakian normal gunung ini adalah dari Desa Senaru dan Sembalun. Tapi beberapa tahun belakangan yang populer adalah jalur Torean dengan pemandanganya yang menawan. 
 

6. Gunung Kerinci, Sumatra

 

Ilustrasi Gunung Kerinci (sumber gambar Unsplash/Ikhwanul Furqon)

Ilustrasi Gunung Kerinci (sumber gambar Unsplash/Ikhwanul Furqon)

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatra dengan titik puncak Indrapura yang mencapai 3.805 mdpl. Lokasi gunung ini berada di perbatasan antara Sumatra Barat dan Jambi. Gunung yang masih aktif ini merupakan salah satu gunung berapi tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Secara administratif Gunung Kerinci berada dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Adapun jalur pendakian gunung ini hanya satu, yakni dari desa Kersik Tuo yang berada dekat dengan Kota Sungai Penuh di wilayah Provinsi Jambi.
 

7. Gunung Semeru, Jawa 

 

Ilustrasi Gunung Semeru (sumber gambar Unsplash/Fajruddin Mudzakkir)

Ilustrasi Gunung Semeru (sumber gambar Unsplash/Fajruddin Mudzakkir)

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Secara geografis gunung ini berada pada posisi -8.112 LU dan 112.924 BT dengan tinggi puncaknya mencapai 3676 mdpl. Semeru adalah salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia yang terletak di Provinsi Jawa Timur.

Secara administratif Gunung semeru berada di bawah naungan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Adapun jalur pendakian normal gunung ini dimulai dari Desa Ranupane. Kendati demikian saat ini jalur tersebut telah ditutup akibat erupsi yang statusnya juga dinaikkan hingga level awas. 

Baca juga: Pendaki Pemula Wajib Tahu 4 Hal Ini sebelum Mendaki Gunung

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Cek Profil Lautaro Martinez Pemain Argentina yang Belum Mencetak Gol di Piala Dunia Qatar

BERIKUTNYA

16 Besar Piala Dunia 2022, Cek 4 Fakta Pertemuan Brasil vs Korea Selatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: